Pantai Sandal Jodoh, Ketika Tumpukan Sampah Menjadi Indah Pantai Sandal Jodoh (Foto: Instagram/adidian)

GEMPOK cinta memang populer, terutama bagi kawula muda yang sedang menjalin kasih. Di Indonesia, ada banyak tempat gembok cinta misalnya Jembatan Repo Repo di Kutai Kartanegara, Bridges Restaurant di Ubud atau Dermaga Hati Ancol di Jakarta.

Nah, berbeda dengan yang lain, Pantai Tapak Paderi di Bengkulu punya caranya sendiri untuk menarik perhatian para pasangan muda. Di sana ada spot khusus yang diberi nama Pondok Sandal Jodoh. Keberadaan spot unik ini membuat pantai tersebut juga dikenal sebagai Pantai Sandal Jodoh.

Baca juga:

Liburan ke Makassar, Jangan Lupa Mampir ke Lima Wisata Kekinian Ini

Sebagai sindiran untuk wisatawan

Awalnya untuk menyindir wisatawan (Foto: Instagram/orangefickle)
Awalnya untuk menyindir wisatawan (Foto: Instagram/orangefickle)

Pembuatan spot dengan deretan sandal kusam ini awalnya karena para nelayan kesal kepada wisatawan. Dulu ada banyak sampah yang terbawa ombak ke bibir pantai, terutama sandal bekas. Sampah-sampah ini membuat Pantai Tapak Paderi tak elok dilihat.

Seakan ingin menyindir wisatawan, para nelayan kemudian mengumpulkan sandal-sandal tersebut dan menyusunnya di sebuah dinding. Sandal yang dipasang rata-rata sudah kusam dan hanya sebelah. Sementara untuk sampah-sampah yang lain seperti botol bekas disusun menjadi berbagai bentuk.

Dari tumpukan sampah menjadi hit

Dari tumpukan sampah menjadi hit (Foto: Instagram/woelanzfadil)
Dari tumpukan sampah menjadi hit (Foto: Instagram/woelanzfadil)

Cerita berkembang menjadi Sandal Jodoh setelah seorang suami yang berlibur ke Pantai Jakat mencari sandal milik istrinya yang hilang. Pantai Jakat sendiri berlokasi di sebelah Pantai Tapak Paderi.

Baca juga:

Di Balik Kerusuhan, Ini Dia Surga Tersembunyi di Manokwari

Pria tersebut akhirnya menemukan sandal istrinya di tumpukan sandal yang dikumpulkan para nelayan. Sejak saat itu, pantai Tapak Paderi dijuluki Pantai Sandal Jodoh. Meski belum terbukti kebenarannya, ada folosofi yang bisa diambil dari cerita tersebut. Di tempat ini, seseorang bisa menggantungkan harapan agar cinta yang dijalin tetap terjaga.

3. Dekat dengan pusat kota

Tak jauh dari pusat kota (Foto: Instagram/rein.go)
Tak jauh dari pusat kota (Foto: Instagram/rein.go)

Pantai Sandal Jodoh bisa menjadi rekomendasi tempat wisata jika sedang berkunjung ke Kota Bengkulu. Apalagi salah satu wisata unggulan di kota berjuluk Bumi Rafflesia ini sangat dekat dengan pusat kota, yakni hanya berjarak sekitar 10 menit.

Letak pantai ini ada di antara dua pantai lainnya yakni Pantai Panjang dan Pantai Jakat. Tak jauh dari bibir pantai, kamu bisa mengunjungi sebuah benteng peninggalan Inggris bernama Benteng Marlborough. Terdapat pula China Town atau Kampung Cina yang menggambarkan kehidupan saat itu.

Baca juga:

Tanjung Lesung Berangsur Pulih Pasca Tsunami


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani