Otot Makin Besar, Penggunaan Steroid Ternyata Buruk untuk Tubuh Menggunakan steroid sangat berbahaya (Foto: JackedFactory)

PUNYA badan berotot dan kekar memang impian kebanyakan pria. Banyak cara yang dilakukan untuk membentuk otot tubuh. Salah satunya adalah pergi ke tempat gym. Yang menjadi masalah, sebagian pria menempuh jalan pintas dengan menggunakan steroid untuk membentuk otot secara instan. Sebenarnya, baik enggak sih steroid untuk kesehatan tubuh?

Steroid merupakan bahan yang diproduksi secara alami dari dalam tubuh. Adapun steroid buatan yang terdiri dari steroid sintetis dan steroid anabolik. Steroid dipilih sebagai obat untuk pembentuk massa otot agar tubuh semakin kekar.

Baca juga:

Daftar Makanan Murah yang Ternyata Bisa Membesarkan Otot

Melansir Alodokter, di dunia olahraga profesional, menggunakan steroid dianggap sebagai tindakan melanggar hukum. Beberapa ahli mengatakan bahwa, pria umumnya mendapatkan steroid dari toko belanja daring atau rekan sesama gym. Mereka menggunakan zat ini untuk mempercepat mendapatkan tubuh impiannya.

Jenis steroid yang biasa digunakan adalah steroid anabolik. Steroid ini merupakan bahan sintetis yang mirip dengan hormon seks pria, sehingga membuat ciri dan karakteristik pria muncul, seperti tumbuh janggut hingga perkembangan otot.

Bentuk otot secara alami (Foto: Unsplash/Valery Sysoev)

Steroid juga sering digunakan dalam dunia kedokteran. Oleh sebab itu, mereka menanggap bahwa steroid relatif aman. Kenyataannya, dosis yang digunakan dalam terapi pengobatan lebih tinggi daripada steroid untuk memperbesar massa otot.

Steroid yang didapatkan dari resep dokter realtif aman. Tetapi, steroid untuk memperbesar massa otot sangat berbahaya. Demikian menurut Ian Hamilton, peneliti dari University of York, seperti dilansir dari laman Huffington Post.

Baca juga:

3 Langkah Mudah Kencangkan Otot dengan Botol, Lakukan Saat Berangkat Kerja

Ketika steroid anabolik masuk ke dalam tubuh, maka zat yang terkandung di dalamnya akan meniru sifat-sifat alami dari hormon testosteron. Kehadiran steroid membua otot tetap mengalami pertumbuhan meski hormon testosteron alami dalam tubuh tidak menghendakinya. Steroid juga mampu merangsang reseptor pertumbuhan dalam otot sehingga tubuh bereaksi untuk meningkatkan produksi jaringan otot.

Steroid anabolik paling sering digunakan (Foto: Unsplash/Damir Spanic)

Penggunaan steroid anabolik memiliki efek samping yang lebih besar dibandingkan dengan obat-obatan lainnya. Dalam jangka panjangnya adalah pria akan mengalami beberapa kesehatan mental yang berbahaya, seperti testis mengecil, kebotakan, jerawat, nyeri perut, jumlah sperma menurun, hingga mandul.

Hamilton menambahkan bahwa laki-laki muda seperti di usia 18 tahun akan lebih tinggi risikonya dibandingkan laki-laki berusia 38 tahun. Jika kamu ingin memiliki tubuh berotot, sebaiknya lakukan cara-cara alami.

Membentuk otot tentu membutuhkan waktu yang lama. Nikmati proses, rajin berlatih, dan jaga pola makan agar ototmu berkembang. (and)

Baca juga:

Ingin Tubuh Atletis? Perbanyak Latihan Otot Tricep


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH