Daftar Makanan Murah yang Ternyata Bisa Membesarkan Otot Membesarkan otot tak perlu makanan yang mahal. (Foto: Pixabay/5132824)

KATA siapa membesarkan otot memerlukan biaya yang besar? Asupan nutrisi memang perlu diperhatikan. Olahraga juga tidak boleh ketinggalan. Para body builder terkenal seringkali menyarankan untuk mengonsumsi suplemen penambah massa otot. Tetapi, kamu bisa mengonsumsi makanan dengan harga murah yang ternyata mengandung tinggi protein.

Melansir dari healthline.com, ada sederet makanan murah dan cocok untuk kamu yang ingin membentuk otot. Tak perlu tambahan suplemen atau minuman berprotein tinggi. Selain murah, sederet makanan ini sangat sehat dan tidak mengandung kalori berlebih.

Baca Juga:

Gerakan Push Up 5 Menit yang Harus Anda Kuasai Agar Otot Kencang

Penasaran apa saja? Yuk intip ulasan berikut ini.


1. Tempe

Trivia 1 _ Kandungan protein pada tempe lebih tinggi dibanding daging ayam (Foto_ Pinterest_cookpad.com)
Kandungan protein pada tempe lebih tinggi dibanding daging ayam. (Foto: Pinterest/cookpad.com)

Makan tempe dengan tambahan sambal terasi. Hmmm... Orang Indonesia pasti tahu betapa nikmatnya kombinasi tersebut. Tetapi, tahu kah kamu ternyata tempe mengandung protein yang lebih tinggi dibanding ayam? Tempe juga tidak memiliki kandungan lemak berlebih seperti yang ada pada ayam. Sehingga, kamu pun tidak perlu takut terjadi penumpukan lemak. Makan tetap nikmat, olahraga lancar!


2. Tahu

Tahu memiliki kandungan protein tinggi. (Foto: Pixabay/allybally4b)
Tahu memiliki kandungan protein tinggi. (Foto: Pixabay/allybally4b)

Tahu ibarat kembarannya tempe. Sama-sama terbuat dari kacang kedelai, kandungan protein keduanya sama tinggi. Pembedanya hanya tekstur saja. Tempe lebih keras sedangkan tahu sangat lembut. Kamu bisa juga mengkonsumsi tempe dan tahu sebagai camilan sehat.

Baca Juga:

Sembari Mandi Pagi, Kencangkan Otot Bahu dengan Handuk


3. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak baik. (Foto: Pixabay/stevepb)
Alpukat memiliki kandungan lemak baik. (Foto: Pixabay/stevepb)

Alpukat sudah terbukti sebagai buah yang memiliki kandungan lemak baik. Meskipun kamu sedang meningkatkan massa otot dan mengurangi makanan berkalori tinggi. Kamu tetap membutuhkan asupan lemak sebagai cadangan tenaga bagi tubuh. Alpukat bisa dijadikan pilihan karena lemaknya mudah dihancurkan tubuh sehingga tidak terjadi penumpukan.


4. Pisang

Trivia 4 _ Pisang bisa melancarkan pencernaanmu (Foto_ Pixabay_Alexas_Fotos)
Pisang bisa melancarkan pencernaanmu. (Foto: Pixabay/Alexas_Fotos)

Tidak hanya alpukat, pisang juga bisa menambah energimu seringa proses pembentukan otot berjalan dengan sempurna. Selain itu, mengkonsumsi pisang sebelum makan berat ternyata melancarkan pencernaan. Kamu bisa mendapatkan energi lebih dari pisang sekaligus membantu pembuangan kalori jahat. (Mar)

Baca Juga:

3 Langkah Mudah Kencangkan Otot dengan Botol, Lakukan Saat Berangkat Kerja


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH