Selebritas Dunia

'Nepo Baby', Privilege ala Hollywood

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 22 Februari 2023
'Nepo Baby', Privilege ala Hollywood
(Foto: YouTube/The Take

NEPOTISME tak selamanya bertautan dengan dunia politik dan birokrasi. Menurut KBBI, nepotisme berarti kecenderungan untuk mengutamakan atau menguntungkan sanak saudara sendiri dalam hal jabatan dan pangkat di lingkungan pemerintahan.

Namun sesungguhnya, nepotisme dapat tersua di beragam bidang, termasuk pula industri hiburan. Warganet di Twitter dan TikTok memunculkan istilah 'nepo baby' atau nepotism baby untuk menggambarkan nepotisme dan hak-hak istimewa di dunia Hollywood.

'Nepo baby’ berawal dari serial televisi HBO, Euphoria. Salah satu karakternya bernama Lexi Howard (diperankan oleh Maude Apatow). Dia mengguncang warganet setelah rahasianya tersebar. Dia anak dari Leslie Mann dan Judd Apatow.

Leslie Mann adalah aktris senior yang telah tampil di puluhan film Hollywood. Sementara itu, Judd Apatow adalah komedian, direktur, penulis naskah, dan produser yang telah menggarap puluhan film tak kalah banyak dari istrinya.

Dengan latar belakang keluarga seperti itu, Maude punya kans lebih besar tampil di dunia Hollywood ketimbang orang lain. Dia tahu ada sebutan ‘nepo baby’, tapi menolak menjadi bagian dari sebutan itu.

Baca juga:

'A Hollywood High', Film Dokumenter tentang Konser Duran Duran di Rooftop LA

View this post on Instagram

A post shared by Maude Apatow (@maudeapatow)

Baru-baru ini Lily-Rose Depp, anak Johnny Depp dan Vanessa Paradis, berbicara dengan vice.com mengenai serial drama HBO, The Idol, pada (20/02). Lily membahas sedikit mengenai statusnya sebagai ‘nepo baby’.

“Aku sangat berhati-hati tentang percakapan ini (nepo baby-Red.) sekarang. Aku merasa orangtuaku melakukan yang terbaik untuk bisa memberikanku 'masa kecil normal' sebisa mereka. Dan jelas, itu masih saja bukan masa kecil yang normal. Aku sangat sadar akan fakta bahwa masa kecilku tidak terlihat seperti semua orang,” ungkap Lily.

Lily lalu menceritakan perjuangannya untuk menemukan kenyamanan di rummah. "Aku harus menemukan kenyamanan di dalamnya. Aku benar-benar beruntung telah dikelilingi oleh orang-orang yang menghargai kenormalan dan yang menghargai kehidupan nyata. Aku pikir itu satu-satunya cara untuk ada di dunia ini dan tidak menjadi gila.”

Lily sadar punya privilege atau hak istimewa. Ia sangat berhati-hati membicarakan tentang fakta bahwa dirinya lahir di antara 'sendok emas'. Lantaran diskursus mengenai ‘nepo baby’ kerap kali justru mendapat backlash dari warganet.

Banyak selebriti tak mengakui mereka beroleh hak istimewa atau besar karena nepotisme. Mereka meyakini diri mereka besar bukan karena faktor keturunan atau hak istimewa, melainkan tersebab perjuangan sendiri. Contohnya O’Shea Jackson Jr., Lottie Moss, Lily Allen, Eve Houson, Lily Collins, Maude Apatow, dan Lily-Rose Depp.

Warga net melabeli selebriti di atas sebagai tone deaf karena tidak berhasil untuk menyadari hak-hak istimewa yang mereka punya. Hingga akhirnya mereka mendapatkan backlash.

Baca juga:

Kisah Guru TK Emerentiana Nogo Koban Menjadi Alarm Pembelajaran Daring Cuma Privilese Kota Besar

Untungnya masih ada selebriti yang menyadari hak-hak istimewa mereka sebagai ‘nepo baby’. Salah satunya adalah Ireland Baldwin.

Ireland Baldwin adalah anak dari Alec Baldwin dan Kim Basinger. Alec seorang aktor, komedian, sekaligus produser, sedangkan Kim sohor sebagai model dan aktris senior.

Mengutip laman forbes.com, Ireland mengatakan, “Aku tidak akan berada di tempat aku berada dan bisa melakukan apa yang bisa aku lakukan jika bukan karena orangtuaku. Aku pikir kamu benar-benar salah jika menyangkal hal itu.”

Ireland Baldwin sadar tak semua orang terlahir dengan hak-hak istimewa di sekitarnya.

Tak masalah jika seorang pesohor sukses memanfaatkan hak-hak istimewnya tersebut. Menjadi ‘nepo baby’ tak lantas jadi aib. Tak ada orang mampu memilih terlahir dari siapa dan berada di tempat seperti apa.

Masalah muncul ketika seseorang menyangkal hak istimewanya dan menganggap usaha yang ditempuhnya setara dengan usaha orang lain yang berasal dari garis keturunan jelata. (kmp)

Baca juga:

Oprah Produseri Film 'Sidney', Bintang Kulit Hitam Legendaris Hollywood

#Hollywood #Istilah Gaul
Bagikan
Bagikan