Mukbang Membawa Kebiasaan Pola Makan yang Buruk Tren Mukbang populer di Youtube dan media sosial lainnya. (Foto: Youtube/G-NI)

TIDAK sedikit orang berlomba-lomba melakukan mukbang di media sosial, entah itu Youtube atau Instagram. Tren mukbang ini sudah ada sejak lama dan bermula dari Korea Selatan pada 2010. Namun, apa sih sebenarnya ukbang itu?

Berbeda dengan vlog, mukbang berisi keseruan seseorang ketika makan dengan porsi yang besar. Apalagi banyak reaksi-reaksi yang memperlihatkan kenikmatan menyantap makanan mereka membuat penonton rela bertahan satu jam untuk menyaksikannya. Kebanyakan mereka mengonsumsi makanan cepat saji seperti pizza, ramen, dan beragam makanan lainnya.

Baca juga:

Mau ikut Diet Sirtfood ala Adele, Pertimbangkan Risikonya

Dilansir dari Mashed, kata mukbang sendiri diambil dari dua kata yaitu Muk-ja yang artinya makan dan Bang-song artinya disiarkan. Menariknya dari mukbang ini, orang-orang menyiarkan porsi makan besar-besaran di internet.

Mukbang berpengaruh pada kesehatan tubuh. (Foto: Youtube/Gongsam Table)
Mukbang berpengaruh pada kesehatan tubuh. (Foto: Youtube/Gongsam Table)

Banyak orang bahkan dari beragam negara melakukan siaran mukbang di Youtube mereka dan tidak sedikit peminat acara mukbang ini. Namun, makan berlebihan dan berjam-jam ini mendatangkan risiko untuk kita.

Baca juga:

Pekan Menyusui Sedunia, UNICEF Beri Tips Menyusui di Tengah Pandemi COVID-19

Dikutip dari Medical Daily, ada beberapa bahaya dari mukbang. Memperlihatkan orang-orang makan dengan porsi besar membuat orang lain merasa terhibur hanya dengan menontonnya. Namun sayangnya, hal ini justru mempengaruhi orang untuk makan berlebihan dan tak terkontrol.

Apalagi makanan yang dikonsumsi cenderung tidak memiliki kandungan gizi baik. Sehingga akan memicu kebiasaan makan buruk karena porsi makan berlebihan itu tidak sehat.

Tidak hanya itu, gaya hidup mukbang ini juga berpengaruh pada obesitas. Dilansir dari Korea Biomedical Review, penyakit yang menjadi dampak dari mukbang sendiri seperti diabetes, kolesterol naik, dan tekanan darah tinggi yang terus meningkat.

Seorang Youtuber bernama Bannz juga menyampaikan pesan yang ia dapatkan dari para pengikutnya. Di mana banyak pasien yang harus berpuasa untuk waktu yang lama karena sudah kehilangan fungsi pencernaan mereka. Banyak orang yang terlalu menikmati siaran mukbang ini.

Jadi bagi kamu penonton setia mukbang, harus lebih berhati-hati untuk menjaga pola makan. Apalagi jika kamu terbius untuk menyantap makanan dengan porsi yang berlebihan. Karena mukbang akan membawa kebiasaan pola makan yang buruk dan tidak sehat. (Ren)

Baca juga:

Gampang Banget, Yuk Bikin Cloud Bread yang Lagi Viral di TikTok


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH