Tips Ampuh Membeli Mobil Bekas agar Kamu Untung Besar Kenali beberapa tips ini sebelum membeli mobil bekas (Foto: pixabay/pexels)

MEMBELI sebuah mobil bekas merupakan sebuah proses yang cukup menegangkan. Karena ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kamu tak merugi atau kehilangan banyan uang.

Biasanya hal pertama yang perlu di perhatikan salah satunya ialah melakukan tawar-menawar dalam membeli barang.

Tapi dalam hal membeli mobil bekas, ada beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan. Guna mencegah kamu mengalami kerugian besar karena salah pilih mobil.

Seperti yang dilansir dari express.co.uk, berikut ini adalah 5 hal yang perlu kamu perhatikan agar lebih percaya diri untuk membeli mobil bekas.

1. Cek Riwayat Service

Mobil dirancang untuk dirawat secara berkala. Jika itu dilakukan dengan baik, maka sebuah mobil bisa bertahan selama beberapa tahun tanpa kerusakan yang berarti.

Karena itu, mobil yang belum memiliki riwayat servis, kemungkinan akan mengalami kerusakan tambaha. Saat ini mungkin kamu beruntung, tapi beberapa waktu kemudian belum tentu. Karena bisa saja terjadi kerusakan yang parah, yang bisa menguras kantong kamu.

Jadi sebaiknya pastikan mobil dalam kondisi yang baik, hal itu untuk mencegah kamu menghabiskan biaya besar untuk perbaikan.

2. Periksa Iklan Mobil Bekas

Sebelum kamu berangkat untuk membeli mobil bekas. Sebaiknya kamu cari tahu terlebih dahulu tentang harga pasaran mobil bekas. Hal itu agar kamu memungkinkan tahu harga wajar mobil bekas yang kamu cari.

Setelah itu, pastikan juga kondisi mobil sesuai dengan kondisi foto yang diiklankan. Kamu berhak meminta diskon apabila kondisi tak sesuai dengan dekskripsi/gambar pada iklan.

Hal tersebut juga berlaku untuk surat-surat kendaraan seperti STNK maupun BPKB. Periksalah apakah surat-surat seperti yang telah dijanjikan. Hal itu agar kamu tak mengalami kerugian setelah membelinya.

3. Test Drive Mobil

Perhatikan kondisi mobil saat test drive (Foto: pixabay/skitterphoto)

Satu hal yang sangat penting, kamu harus menguji coba kendaraan. Selama test drive, periksalah beberapa bagian penting pada mobil.

Antara lain, yaitu mesin, gearbox, kondisi interior, handling rem, kemampuan mobil saat menikung dan uji coba dibeberapa kondisi jalan. Pada saat test drive setidaknya memakan waktu setidaknya satu jam.

Pada saat pengetesan jalan atau test drive, ada beberapa tanda-tanda jika mobil dalam kondisi tak baik. Seperti asap yang tak wajar dari knalpot, bunyi-bunyi pada kaki-kaki atau mesin, terlihat oli yang bocor pada mesin, dan kondisi kelistrikan yang tidak normal.

4. Kondisi Interior

Periksa interior mobil dengan detail, jangan tertipu oleh jarak tempuh mobil (foto: pixabay/lqiuz)

Salah satu faktor penting dari mobil yaitu kondisi interior. Cara terbaik mengetahuinya ialah dengan mengecek seberapa jauh jarak yang telah ditempuh oleh mobil.

Penghitungan tersebut bisa saja diubah, karena itu, pengecekan secara detail tentang interior mobil sangat penting.

Caranya ialah naiklah ke tempat duduk untuk melihat keausan yang berlebih. Selain itu periksa juga kualitas tombol dan kenop yang kerap ditekan pada mobil. Khususnya memberikan perhatian khusus pada setir.

Baca juga: Mengenal Supercar Terbaru Ferrari SF90 Stradale

Jika terdapat warna berbeda dimana tempat biasanya tangan memegang stir, itu dapat menjadi pertanda jika mobil itu telah menghabiskan waktu lama dengan seseorang di dalamnya. Selain itu perhatikan pula kerapihan kulit-kulit di interior. Jarak tempuh mobil bisa saja dimanipulasi, tapi mata kamu tentu tak dapat dimanipulasi untuk memeriksa detail interior.

Nah itu dia beberapa tips untuk membeli mobil bekas. Semoga kamu semakin percaya diri untuk membeli mobil bekas dengan pengetahuan ekstra tersebut yah guys. (Ryn)

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH