Pasokan Distributor Berkurang, Minyakita Langka di Solo

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 02 Februari 2023
Pasokan Distributor Berkurang, Minyakita Langka di Solo
Pedagang Pasar Legi Solo menjual minyak premium karena Minyakita langka di pasaran. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Minyak goreng merek Minyakita yang diluncurkan Kementerian Pedagangan (Kemendag) langka di sejumlah pasar di Kota Solo.

Pantauan MerahPutih.com di Pasar Harjodaksino atau Pasar Gemblegan dan Pasar Legi Solo, Minyakita mulai langka sejak Desember 2022.

Baca Juga

Mendag Tambah Suplai Minyakita Atasi Kelangkaan di Pasar

Ketiadaan Minyakita pun dikeluhkan konsumen yang membutuhkan minyak goreng murah, kalaupun ada barangnya, harganya di atas HET.

"Minyakita hanya bertahan beberapa bulan saja di pasar. Setelah itu, mulai akhir tahun lalu mulai menghilang dan harga melonjak di atas HET jika ada barangnya," kata Sumardi saat ditemui di Pasar Harjodaksino.

Senada diungkapkan pedagang minyak di Pasar Legi, Sumiyatun (50). Ia mengaku sudah dua bulan ini tidak menjual Minyakita karena dari distributor juga tidak lagi mengirim barang.

Baca Juga

Jelang Ramadan, Minyakita Langka dan Harganya Naik

Dia pun kembali berjualan minyak premium dengan harga Rp 20.000 per liter sampai Rp 23.000 per liter.

"Konsumen banyak yang mencari Minyakita karena harganya murah. Karena sekarang barangnya sudah langka konsumen banyak membeli minyak curah," kata dia.

Ia menyebutkan harga Minyakita saat ini mencapai 190.000 per karton. Sedangkan, untuk harga satu botol ukuran satu liter itu mencapai Rp 17.000 per liter.

"Padahal sebelumnya harga Minyakita di pasaran dibanderol sesuai HET dengan patokan harga Rp 14.000 per liter," tandasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

Penjelasan Mendag Zulhas Terkait Kelangkaan Minyakita di Pasaran

#Minyak Goreng #Kota Solo
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan