Minyak di Wajah Jadi Masalah? Tuntaskan dengan 4 Cara Simpel Ini Ada banyak cara untuk menghilangkan wajah berminyak. (Foto: Pinterest/self.com)

MEMASUKI usia remaja sudah pasti akan melewati masa pubertas. Proses transisi menuju kedewasaan diri ini akan membuatmu mengalami banyak hal terutama perubahan fisik. Seperti membesarnya pinggul pada perempuan, dan tumbuhnya jakun pada laki-laki. Perubahan kecil pun tidak akan terlewatkan. Jumlah produksi keringat tubuh dan minyak pada kulit muka juga akan berubah seiring berjalannya waktu.

Kebanyakan orang tidak bisa mengatasi minyak berlebih. Kulit berminyak bahkan bisa bertahan hingga usia dewasa. Menggunakan sabun cuci muka saja tidak cukup untuk menuntaskan masalah ini. Dibutuhkan asupan gizi yang tepat serta perawatan yang cocok dengan kondisi kulitmu.

Baca juga:

Mau Cantik Alami? Nih Caranya Menangani Minyak Berlebih pada Wajah

Jika dibutuhkan, konsultasi ke dokter kulit merupakan tindakan yang tepat. Tetapi sebenarnya ada banyak cara simpel untuk mengurangi produksi minyak berlebih. Kira-kira apa saja ya? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Menggunakan Bahan Alami

Minyak di Wajah Jadi Masalah? Tuntaskan dengan 4 Cara Simpel Ini
Gunakan masker putih telur untuk mengecilkan pori-pori. (Foto: Pixabay/Couleur)

Tak perlu beli masker mahal yang belum tentu kandungannya cocok untuk kulit kita. Mulailah mencoba bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk perawatan sehari-hari.

Masker putih telur sangat bagus untuk kesehatan kulit karena bisa mengecilkan pori-pori. Kotoran yang terbawa melalui udara tidak akan mudah masuk ke dalam lapisan epidermis sehingga kulit tidak akan mengeluarkan minyak berlebih sebagai proteksi.

Selain putih telur, tomat juga bisa digunakan untuk mengurangi minyak berlebih. Kandungan acid pada tomat mampu menyerap kelebihan minyak dan mengunci pori-pori.

2. Vitamin C

Minyak di Wajah Jadi Masalah? Tuntaskan dengan 4 Cara Simpel Ini
Rutin konsumsi buah untuk asupan vitamin C. (Foto: Pixabay/silviarita)

Mulailah rutin mengkonsumsi vitamin C. Kamu bisa mendapatkannya pada buah-buahan atau suplemen. Vitamin C berperan aktif dalam produksi kolagen pada lapisan kulit. Sehingga kulitmu akan senantiasa terlihat muda.

Selain itu, pola kerja enzim dan kelenjar di bawah permukaan kulit akan semakin optimal dan seimbang berkat manfaat dari vitamin C. Selamat tinggal minyak berlebih!

Baca juga:

Teh Hijau untuk Kulit Wajah yang Sehat

3. Perhatikan Gizi

Minyak di Wajah Jadi Masalah? Tuntaskan dengan 4 Cara Simpel Ini
Hindari konsumsi makanan berminyak. (Foto: Pixabay/rawpixel)

Untuk membasmi minyak berlebih pada muka, caranya tidak hanya merawat permukaan luar. Kamu juga harus memperhatikan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhmu. Pastikan makanan yang kamu konsumsi bersih dan rendah lemak.

4. Wajib Cuci Muka

Minyak di Wajah Jadi Masalah? Tuntaskan dengan 4 Cara Simpel Ini
Rutin mencuci muka. (Foto: Pinterest/allure.com)

Kalau yang ini tidak boleh terlewatkan sama sekali. Kamu wajib mencuci muka secara rutin dan di saat-saat tertentu. Malam ketika hendak tidur pastikan wajahmu sudah bersih dari noda dan makeup.

Ketika kegiatanmu sedang sibuk dan terpapar kotoran lebih banyak dari biasanya, usahakan untuk menyempatkan diri untuk mencuci muka. (mar)

Baca juga:

Ketahui Perbedaan Pembersih Wajah. Kamu Cocok Yang Mana?



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH