Ketahui Perbedaan Pembersih Wajah. Kamu Cocok Yang Mana? Pemakaian pembersih wajah berdasarkan jenis kulit (foto well good)

PEMBERSIH wajah tidak penah dilewatkan oleh perempuan. Pembersih atau cleanser bertujuan menghilangkan kotoran atau bekas makeup di wajah. Meskipun tujuannya untuk menghilangkan kotoran, namun bukan berarti

kamu bisa menggunakan sembarangan pembersih, harus sesuai dengan kulimt wajah kamu.

Pembersih wajah memiliki banyak ragamnya. Berdasarkan fungsi dan efek sampingnya. Dari harga yang terjangkau hingga ratusan ribu rupiah. Menurut laman quora ada 7 jenis pembersih wajah yang disesuaikan dengan kulit wajah perempuan.

Baca Juga:

Tips Agar Kulit Tetap Sehat Meski Terpapar Polusi

1. Micellar water

pembersih
Micellar water mampu mengangkat kotoran dan minyak berlebih (foto edgeprop.my)


Populer di Prancis, micellar water mampu mengangkat kotoran dan minyak berlebih tanpa membuat kulit wajah kering seperti yang diungkapkan laman huffpost. Memiliki konsistensi air, produk ini ampuh menghapus riasan wajah hingga riasan mata yang tahan air tanpa perlu membilas dengan air. Pembersih ini melembabkan wajah, karena tak ada kandungan alkohol dan pewangi tambahan. Produk pembersih wajah berkonsistensi air, direkomendasikan untuk kulit wajah kering dan sensitif.


2. Clay cleanser

pembersih
Clay cleanser diformulasikan untuk kulit wajah berminyak dan kombinasi. (foto womanandhome)


Berbahan dasar tanah liat, olahan ini tak hanya dikemas sebagai masker. Melainkan, dijadikan sebagai pembersih wajah. Pembersih ini efektif mengurangi minyak berlebih. Selain itu, juga membersihkan permukaan kulit wajah dari kotoran dan residu polusi yang menyumbat pori-pori. Pemakaiannya dengan mengusapkan ke seluruh wajah dan dibilas air. Hasilnya, bisa menampakkan kulit wajah yang lebih cerah.

Clay cleanser diformulasikan untuk kulit wajah berminyak dan kombinasi. Kulit wajah yang memproduksi minyak berlebih hanya pada bagian tertentu seperti dahi, hidung dan dagu.

3. Sabun batangan

pembersih
Kandungan gliserin dan minyak esensial pada sabun batangan efektif membersihkan wajah (Foto beautynesia)


Beragam pengemasan produk pembersih wajah. Salah satunya dikemas menjadi sabun wajah batangan. Mulai dari berbahan organik hingga racikan perusahaan komersil. Direkomendasikan untuk kulit wajah berminyak dan kombinasi karena kebanyakan mengandung gliserin dan minyak esensial. Produk sabun wajah batangan dinilai lebih ekonomis dan ramah lingkungan. Efektif untuk menyeimbangkan tingkat pH dengan kandungan nutrisinya dan memberikan kelembaban. Dikemas dengan memanfaatkan kertas atau kardus, cara ini mampu mengurangi pemakaian plastik.


Baca Juga:

Bukan Hanya Perempuan, Pria Pun Perlu Lakukan Perawatan Kulit


4. Foam cleanser

pembersih
Foam cleanser efektif bagi kulit yang cenderung berjerawat (foto gotgreensoap)


Produk pembersih wajah ini bertekstur krim atau gel dan mengeluarkan busa. Biasanya, pemakaian produk wajah berbusa untuk menghilangkan minyak berlebih. Pembersih ini diutamakan untuk kulit wajah berminyak, kombinasi dan normal. Bisa pula untuk menghidrasi, menenangkan, menyeimbangkan dan menyegarkan kulit. Pembersih wajah bertekstur busa atau foam ini efektif bagi kulit yang cenderung berjerawat. Beberapa di antaranya ampuh mengurangi bekas jerawatnya.


5. Oil cleanser

pembersih
Pembersih wajah berbahan minyak cocok untuk kulit cenderung kering (foto delicious.com)


Produk pembersih wajah yang berbahan utama minyak memiliki ragam manfaat. Meski terasa membingungkan, mengurangi minyak dengan minyak. Oil cleanser efektif untuk mengurangi minyak berlebih. Oil cleanser diperuntukkan segala jenis kulit, terutama kulit cenderung kering. Pemakaian produk pembersih wajah berbahan minyak ini tidak mengeringkan kulit, justru melembabkan. Hasilnya, kulit wajah terasa lebih bersih dan lembut.

6. Cream cleanser

pembersih
Cream cleanser cocok untuk kulit wajah kering dan sensitif (foto fresh)


Pembersih ini memiliki tekstur seperti lotion. Cream cleanser umumnya mengandung minyak nabati. Efektif membersihkan kulit dan mengurangi minyak berlebih. Cocok untuk kulit wajah kering dan sensitif. Selain itu, krim pembersih wajah ini mampu melembutkan permukaan kulit.

7. Gel cleanser

pembersih
Gel cleanser mampu membersihkan pori-pori tersumbat (foto stylecraze)

Memiliki konsistensi seperti gel, pembersih wajah ini mampu membersihkan pori-pori yang tersumbat. Diformulasikan untuk membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengurangi minyak berlebih. Kebanyakan produk gel pembersih wajah mengandung antiseptik sehingga membantu proses pengelupasan bekas jerawat. Produk ini ideal untuk kulit berminyak dan kombinasi. (dys)


Baca Juga:

Kecilkan Pori-Pori Kulit Wajah dengan Bahan Alami



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH