Minta Maaf Kepada Sahabat Lewat Deep Talk, Kenapa Enggak!

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Sabtu, 08 Mei 2021
Minta Maaf Kepada Sahabat Lewat Deep Talk, Kenapa Enggak!
Biar masalah jadi lega. (Foto: Unsplash/Priscilla Du Preez)

"DAN semuanya akan lebih indah kalau lo tetap jadi diri sendiri, bukan orang lain.” Begitu kira-kira kutipan dialog Riani (Raline Shah), dalam film 5cm ketika berkumpul bersama keempat sahabatnya. Adegan deep talk tersebut menjadi momen tepat untuk mengungkapkan keterbukaan sekaligus meminta maaf dengan para sahabat.

Enggak cuma ke orang tua, meminta maaf ke sahabat ternyata sulit dilakukan lho. Entah karena gengsi, canggung, atau merasa tidak perlu karena merasa sahabat kental. Nah, buat kamu punya salah dengan sahabat dan bingung gimana meminta maafnya, coba deh ajak temanmu deep talk. Duduk di kafe hits kekinian, sambil ditemani secangkir kopi, terus ngobrol dari hati ke hati, unek-unek dijamin keluar semua.

Deep talk atau perbincangan mendalam biasanya dilakukan dua orang atau lebih mengenai suatu hal melibatkan perasaan terdalam. Tujuan dari deep talk ini nantinya bisa memahami pribadi masing-masing karena bicara dari hati ke hati. Lewat deep talk, kedua pihak bisa mengerti tentang kesalahpahaman dan menemukan perspektif baru dari kekeliruan tersebut.

Baca juga:

Profesi Paling Sering 'Minta Maaf', dari Kasir Minimarket sampai Polantas

Minta Maaf dengan Sahabat Lewat Deep Talk
Coba ajak deep talk di tempat yang comfy. (Foto: Unsplash/Priscilla Du Preez)

Namun, ternyata bukan hal mudah bagi sebagian orang untuk melakukan deep talk dengan sahabat atau pasangannya. Timbul perasaan ragu untuk memulai karena takut pertanyaan bersifat personal akan mengganggu lawan bicaranya. Malah takut menimbulkan kekeliruan baru. Kalau sugesti ini selalu muncul di pikiran, maka kamu tidak akan pernah melakukannya.

Mungkin buat sahabatmu enggan diajak deep talk, coba pancing dengan nongkrong di kafe untuk menikmati live music. Sesampainya di kafe, bersikap biasa saja dulu seperti layaknya teman ingin enjoy malam minggu. Setelah suasana mulai cair, coba pancing dengan masalah mengganjal di hubungan.

“Eh bray mumpung lagi ketemu, sorry kalo akhirnya lo tau kalo gue deketin gebetan lu juga. Gue bener-bener gatau kalo dia juga lagi sama lu, habis lu enggak pernah cerita sih.”

“Gue bilang kaya gini karena udah nge-ganjel aja di hati, jadi gak enak. Apalagi sama sahabat sendiri.”

Baca juga:

Ih Serem Banget! Begini Minta Maaf Paling Misterius

Minta Maaf dengan Sahabat Lewat Deep Talk
Menjaga hubungan dengan sahabat. (Foto: Unsplash/Omar Lopez)

Nah responnya pun tergantung sahabatmu tipe seperti apa. Bisa jadi cuek tapi sebenarnya memaafkan, ada juga menjawab dengan rendah hati. Kamu paling tahu seperti apa sahabatmmu dan jawaban akan keluar dari mulutnya.

Deep talks dilakukan dengan sungguh-sungguh nyatanya mampu membangun kedekatan emosional antarpribadi. Tanpa disadari, membicarakan hal-hal yang sifatnya emosional berpengaruh dengan tingkat kebahagiaan karena meringankan diri dari beban pikiran.

Mengutip laman Pscychology Today, psikolog Matthias Mehl dalam studinya yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science mengatakan, manusia didorong untuk menciptakan makna dalam hidup mereka. Dan percakapan mendalam membantu mereka melakukan itu. Percakapan mendalam membantu manusia untuk saling menghubungkan satu sama lain, dibandingkan hanya percakapan ringan.

Salah dan benar tidaklah mutlak. Kalau kamu merasa ada di pihak benar dalam masalah, cobalah untuk menenangkan hati dan berkaca apakah dirimu memang benar. Mereka nan mau diajak deep talks pasti akan membuatmu bisa introspeksi diri ke depannya. (and)

Baca juga:

Kepergok Beli Barang Mahal? Dijamin Ampuh Minta Maaf Pakai Cara Ini!

#Mei Negeri Aing Maaf-maafan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan