Sampai Mei 2020, Planet Venus Akan Terlihat Bercahaya Akan menghilang dari langit malam di akhir Mei (Foto: sci-news)

TAHUN ini Planet Venus akan menghampiri langit bumi dalam waktu dekat. Setiap malam saat matahari terbenam di barat, Planet bercahaya itu menjadi terlihat jelas tepat di atas langit senja.

Mau menikmati keindahan planet tersebut? Tidak bisa dengan mata telanjang. Kamu harus menggunakan teropong besar untuk melihat keindahan fenomena planet itu. Kabarnya fenomena ini akan menghilang dari langit malam di akhir Mei 2020.

Baca juga:

Keren, 5 Planet Ini Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang dari Bumi

Venus sangat mudah ditemukan setelah matahari terbenam. Lihat ke arah barat saja, Venus akan terlihat sekitar 40º di atas cakrawala. Venus terus bersinar terang selama berjam-jam dan akhirnya akan terbenam setelah tengah malam. Pada tanggal 28 April 2020, Venus akan mencapai puncak kecerahannya.

1
Hanya dapat dilihat untuk waktu yang singkat (Foto: eso)

Melansir laman Popular Mechanics, Venus selalu menjadi objek paling bersinar terang ketiga di langit yang letaknya berada di belakang matahari dan bulan. Planet ini selalu lebih terang daripada planet lainnya.

Namun, karena mengorbit relatif dekat dengan matahari, ia hanya dapat dilihat untuk waktu yang singkat setelah matahari terbenam atau sebelum matahari terbit. Sebenarnya sudah nampak sejak November lalu di saat setelah matahari terbenam, dan akan tenggelam di belakang matahari pada bulan Juni.

Pada akhir Maret, Venus tampak berada sangat jauh dari matahari. Pada titik itu, ia selalu setengah menyala seperti bulan muda. Karena paling dekat dengan bumi tepat setelah titik itu, Venus mencapai kecerahan puncaknya.

Baca juga:

5 Jenis Hujan Teraneh di Planet-Planet, dari Besi hingga Berlian

2
Tidak mungkin untuk melihat fenomena ini dengan mata telanjang (Foto: cnn)

Mirip dengan fase bulan, permukaan Venus akan terlihat "penuh" hanya ketika berada di sisi lain matahari ke Bumi, dan ia tidak menyala sama sekali ketika berada di depan matahari.

Dalam beberapa bulan terakhir di tahun 2020, Venus mendekati cakrawala setelah gelap. Hal ini akan terjadi lagi pada Mei dan Juni.

Karena berada dekat dengan cakrawala, Venus akan terlihat di garis mata orang-orang yang berada di luar rumah setelah langit gelap. Bahkan akan terlihat saat kamu mengemudi kendaraan. Momen ini sering membuat orang menganggapnya sebagai sebuah penampakan UFO. (lgi)

Baca juga:

Ternyata Planet Mars Tak Semerah yang Terlihat

Kredit : leonard


Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH