Keren, 5 Planet Ini Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang dari Bumi Beberapa planet bisa terlihat tanpa perlu teleskop. (Foto: Unsplash/Greg Rakozy)

TATA SURYA terdiri dari gugusan planet dan kumpulan benda langit lain yang terikat oleh gaya gravitasi matahari. Letaknya yang sangat jauh dari bumi membuat banyak orang beranggapan bahwa mustahil untuk melihat keberadaan planet-planet tersebut.

Baca juga:

Mirip Film Science Fiction, NASA Prediksi Bumi akan Porak Poranda Karena Sebuah Asteroid

Beberapa di antaranya hanya dapat dinikmati melalui fasilitas observatorium. Tak diduga, ternyata tidak semua planet memerlukan teleskop besar untuk dapat terlihat. Melansir laman farmersalmanac, berikut beberapa planet yang dapat dilihat dari langit bumi dengan mata telanjang.

Mars

Keren, 5 Planet Ini Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang dari Bumi
Diidentifikasi sebagai bintang berwarna merah. (Foto: slashgear)

Merupakan planet yang paling gampang diidentifikasi. Namun, Mars tidak jarang menghampiri langit bumi. Butuh usaha lebih untuk mencari informasi tentang waktu kemunculannya.

Mars dapat diidentifikasi sebagai bintang dengan warna merah di langit malam. Pada tahun 2003, Mars pernah berada sangat dekat dengan bumi dengan jarak 55,7 juta km.

Saturnus

Keren, 5 Planet Ini Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang dari Bumi
Biasanya terdapat di langit bagian selatan. (Foto: businessinsider)

Saturnus biasanya terdapat di langit bagian selatan bersama dengan Jupiter. Keadaan Saturnus lengkap dengan cincin tidak mungkin terlihat karena letaknya yang jauh. Saturnus hanya terlihat seperti bintang di langit.

Baca juga:

5 Jenis Hujan Teraneh di Planet-Planet, dari Besi hingga Berlian

Merkurius

Keren, 5 Planet Ini Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang dari Bumi
Merupakan planet terkecil yang berdekatan dengan matahari. (Foto: weather)

Merupakan planet paling kecil yang berdekatan dengan matahari. Letaknya ini membuatnya hanya bisa dilihat di pagi dan sore hari. Dapat dilihat sejam sebelum matahari terbit dan akan terlihat mirip bintang berwarna keemasan.

Selain di pagi hari, kamu dapat menikmatinya saat sore hari. Di langit bagian barat, Merkurius akan terlihat satu jam setelah matahari tenggelam.

Jupiter

Keren, 5 Planet Ini Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang dari Bumi
Keberadaannya akan terlihat pada bulan Juli nanti. (Foto: businessinsider)

Jaraknya yang cukup berjauhan dengan bumi namun sering terlihat jelas karena memiliki ukuran yang besar. Dapat dilihat saat malam hari, Jupiter dikenal sebagai objek urutan ketiga paling terang setelah bulan dan Venus.

Venus dikenal sebagai planet yang sulit dilihat keberadaannya. Jupiter terlihat pada bulan Juli 2019 dan tahun ini akan terlihat pada bulan Juli nanti. Planet ini akan muncul sebagai bintang berwarna putih.

Venus

Keren, 5 Planet Ini Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang dari Bumi
Paling rutin menyapa langit bumi. (Foto: astronomy)

Dianggap sebagai planet paling akrab dengan bumi. Venus secara rutin menghampiri langit bumi dan berkedok sebagai bintang yang paling terang setelah bulan. Sering terlihat juga di pagi hari saat menjelang matahari terbit dan terlihat kembali di ufuk barat saat setelah matahari tenggelam.

Di saat tertentu, Venus nongol di malam hari dalam sebuah formasi bersama bulan dan planet lainnya. Sore hari adalah waktu yang paling pas menikmatinya karena akan terlihat sangat terang dan indah dengan nuansa langit berwarna jingga. (lgi)

Baca juga:

'Ad Astra', Gagasan Manusia untuk Tinggal di Planet Lain

Kredit : leonard


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH