6 Makanan Ini Ternyata Penyebab Kamu Bermimpi Buruk Ilustrasi mimpi buruk (Sumber: Pixabay/KELLEPICS)

SEMUA orang pasti tidak suka dengan mimpi buruk, selain memberikan rasa kurang nyaman saat bangun, mimpi buruk juga bisa mempengaruhi kualitas tidur. Karena hal tersebut timbul pertanyaan, apa yang bisa memicu mimpi buruk?

Sebuah penelitian menemukan kecemasan dan stress bukanlah satu-satunya faktor penyebab kamu mengalami mimpi buruk. Makanan yang dikonsumsi sebelum tidur juga berperan penting apakah kamu akan mengalami gangguan tidur atau tidak.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini berbagai jenis makanan yang harus kamu hindari sebelum tidur. Dengan begitu kamu bisa terhindar dari mimpi buruk.

1. Keju

Keju (Sumber: moritz320)
Keju (Sumber: moritz320)

Kaya kalori dan lemak, makan produk susu ini sebelum tidur dapat menyebabkan orang tersebut mengalami mimpi buruk. Ini karena tubuh masih bekerja dengan kecepatan penuh untuk mencerna keju. Alahasil otak mencoba menghalangi jam tidurmu dengan pikiran yang tidak menyenangkan.

2. Es Krim

Es Krim (Sumber: Pixabay/Couleur)
Es Krim (Sumber: Pixabay/Couleur)

Makan es krim sebelum tidur dapat menyebabkan metabolisme tubuh bergeser. Pada gilirannya dapat meningkatkan aktivitas otak. Namun otak tak mengetahui aktivitas apa yang harus dilakukan dengan energi berlebih, memicu untuk menciptakan mimpi buruk.

3. Makanan Pedas

Makanan Pedas (Sumber: Pixabay/RitaE)
Makanan Pedas (Sumber: Pixabay/RitaE)

Penelitian telah mengungkapkan bahwa, makan makanan pedas sebelum tidur dapat mengganggu tidur nyenyak. Hal itu karena bumbu dalam makanan pedas meningkatkan suhu tubuh, yang pada gilirannya mengubah formasi mimpi selama siklus REM. Makanan pedas yang sulit dicerna juga menjadi penyebab lain mengapa terjadi mimpi buruk.

4. Alkohol

Alkohol (Sumber: Pixabay/jarmoluk)
Alkohol (Sumber: Pixabay/jarmoluk)

Minum anggur, bir, dan minuman beralkohol lain sebelum tidur dapat membuatmu sulit tidur nyenyak. Menurut sebuah penelitian meskipun alkohol adalah obat penenang, efeknya akan hilang jika diminum pada malam hari. Alkohol juga menyebabkan mimpi buruk yang lebih intens dan realistis.

5. Cokelat

Cokelat (Sumber: Pixabay/AlexanderStein)
Cokelat (Sumber: Pixabay/AlexanderStein)

Coklat adalah salah satu penyebab paling sering dari mimpi buruk. Tingginya kafeiin dan gula pada cokelat akan mengurangi kemampuan kamu untuk tertidur lelap dan menyebabkan mimpi buruk. Hal yang sama juga dapat terjadi saat kamu minum cokelat panas.

6. Keripik

Keripik (Sumber: Pixabay/Didgeman)
Keripik (Sumber: Pixabay/Didgeman)

Konsumsi makanan cepat saji berlemak dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Sebuah penelitian mengungkapkan kalau sekitar 12,5% dari semua mimpi yang mengganggu disebabkan oleh konsumsi junk food seperti keripik.

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH