Miliki Kecepatan di Luar Batas Wajar, Mobil-Mobil Ini Legal di Jalanan Beberapa mobil hyper legal di jalan raya. (Foto: Express and Star)

MOBIL hyper saat ini sengat melejit. Masing-masing produsen ingin mencatatkan namanya di urutan mobil tercepat. Dalam beberapa dekade terakhir, setidaknya ada tiga nama produsen mobil cepat paling menonjol. Mereka yaitu Hennessey, Koenigsegg, dan Bugatti. Mungkin ke depannya akan ada kejutan dari produsen lain.

Mereka menjanjikan akan membuat mobil dengan kecepatan lebih dari 483 km/jam. Memang kecepatan ini sangat tidak lazim di jalanan. Maka dari itu, daftar di bawah akan menunjukkan mobil dengan kecepatan liar yang legal di jalanan.

Baca Juga:

Jejeran Mobil Terbaik Besutan Ferrari

Mobil tercepat di dunia saat ini masih dipegang Koenigsegg Agera RS. Dikutip Kabar Oto, Koenigsegg Agera RS mematahkan rekor Bugatti Chiron pada putaran kedua dengan kecepatan 284,3 mph (457,5 kph), pada 2017. Mobil ini masuk dalam daftar.

Belakangan, Bugatti Chiron mengklaim mengalahkan rekor Koenigsegg Agera RS, tapi Guinness World Record menolaknya. Dilansir dari laman Hot Cars, berikut mobil-mobil hyper yang legal di jalanan.

Sebagai informasi, di Indonesia, kecepatan kendaraan di jalanan sudah berstandar menurut aturan undang-undang. Kecepatan kendaraan dalam kondisi arus bebas misalnya, paling rendah 60kpj (kilometer/jam) dan 100kpj di jalan bebas hambatan. Selain itu, 80 kpj untuk jalan antarkota, 50 kpj untuk kawasan perkotaan, dan 30 untuk kawasan permukiman.

1. Hennessey Venom GT

Trivia 1 Mobil Ini Yang Tercepat Pada Tahun 2014 (foto Wallpaper Cave)
Mobil ini yang tercepat pada tahun 2014. (Foto: Wallpaper Cave)

Hennessey merupakan perusahaan yang berbasis di Texas. Mereka menggunakan basis dari Lotus Elise yang mungil nan aerodinamis. Meski begitu, mereka menyulapnya menjadi sebuah monster. Proyeknya menghasilkan Venom GT. Mereka mengklaim dapat menghasilkan mobil tercepat yang legal di jalanan. Memang pada Februari 2014 mereka mencatatkan 435 km/jam. Mereka mencapai angka itu di atas aspal sepanjang 4,5 kilometer. Brian Smith selaku pengendara Venom GT pada saat itu mengatakan, "jika lebih panjang angka akan lebih tinggi".

2. Koenigsegg Agera RS

Trivia 2 Agera RS Belum Di Uji Kemampuan Maksimal Sebenarnya (foto Wallpaper Cave)
Agera RS belum diuji kemampuan maksimal sebenarnya. (Foto: Wallpaper Cave)

Koenigsegg mengatakan ini ada versi yang paling kompeten. Mereka mempelajari kesalahan dari Agera R dan S. Kemudian mereka menggabungkan aerodinamika yang mengesankan dan mesin hybrid luar biasa. Agera RS mampu mengeluarkan 1.341 tenaga kuda. Dengan berat hanya 1,2 ton. Pada tahun 2017 lalu. Mobil ini mampu melesat hingga 447 km/jam. Namun itu bukan seluruh kemampuan Agera RS. Mereka mengklaim mobil ini mampu hingga 468 km/jam. Jelas itu cepat jika berada di jalan raya. Hebatnya mobil ini legal untuk digunakan ke mana pun.

Baca Juga:

5 Tips Aman Mengemudi di Jalan Tol

3. SSC Tuatara

Trivia 3 Tidak Banyak Yang Mengetahui Mobil Ini (foto WSuperCars)
Tidak banyak yang mengetahui mobil ini. (Foto: WSuperCars)

Tahun 2007 lalu, SSC memecahkan rekor dengan lini Ultimate Aero-nya. Banyak penggemar otomotif yang menunggu penggantinya. Tuatra adalah penerus dari Ultimate Aero. Mereka mengklaim Tuatra mampu melaju hingga 483 km/jam. Mereka menggunakan mesin V8 5.9L. Tuatra mampu mengeluarkan 1.750 tenaga kuda. Benar saja saat mencoba kecepatan maksimal. Tuatra mampu menyentuh angka 483 km/jam. Meskipun begitu, mobil ini bisa di gunakan untuk bepergian. Tidak perlu takut melanggar aturan.

4. Hennessey Venom F5

Trivia 4 Mobil Ini Memiliki Desain Yang Ciamik (foto WSuperCars)
Mobil ini memiliki desain yang ciamik. (Foto: WSuperCars)

HENNESSEY memang menjadi nama terkenal di dunia. Venom F5 memiliki kecepatan yang tinggi. Mereka menggunakan mesin V8 twin-turbo atau V8 7.4L. Venom F5 mampu berakselerasi dai 0-100 km/jam dalam waktu dua detik. Bahkan bobot mobilnya tidak mencapai tiga ton. Saat uji coba kecepatan maksimal, Hennessey Venom F5 mencatatkan 484 km/jam. Saat ini memang semua produsen mobil hyper sedang memanas untuk menjadi yang tercepat. Mungkin mobil ini sangat cocok untuk pecinta kecepatan di jalan raya.

5. Bugatti Chiron Super Sport

Trivia 5 Chiron Menjadi Mobil Tercepat Yang Legal Di Jalan Raya (foto En24)
Chiron menjadi mobil tercepat yang legal di jalan raya. (Foto: En24)

Agustus 2019 lalu, Chiron menjadi perbincangan semua pecinta otomotif. Chiron menjadi mobil pertama yang mampu meraih 490 km/jam. Mereka jelas menjadi mobil tercepat yang bisa beredar di jalanan. Chiron memiliki mesin W16 quad-turbo. Mesin itu mampu menghasilkan 1578 tenaga kuda yang luar biasa. Mungkin ke depannya Bugatti mampu membuat mobil dengan kecepatan lebih dari 500 km/jam. Tentu saja itu akan memakan waktu lebih lama. Para penggema otomotif harus senang karena Bugatti telah memproduksi 30 unit Chiron Super Sport. (Ape)

Baca Juga:

Deretan Mobil Legendaris dari Tahun 80-an, Keren-Keren Banget

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Meta Segera Selesaikan VR, Rilis Tahun 2024
Fun
Meta Segera Selesaikan VR, Rilis Tahun 2024

Cambria menjadi headset VR pertama yang berfokus pada tugas Meta.

Kevin Feige Ingin Serial 'She-Hulk' Tampil Lebih Berani
ShowBiz
Kevin Feige Ingin Serial 'She-Hulk' Tampil Lebih Berani

Serial 'She-Hulk' bisa kamu saksikan di Disney Plus.

Berlebaran Sambil Staycation, Kenapa Enggak?
Hiburan & Gaya Hidup
Berlebaran Sambil Staycation, Kenapa Enggak?

Halal Bihalal sambil Staycation, merupakan sala satu pilihan menarik di masa Pandemi

Dorna Sports Raih Sertifikasi ISO 20121
ShowBiz
Dorna Sports Raih Sertifikasi ISO 20121

Penyelenggara olahraga motor pertama nan menerima sertifikasi ISO 20121.

Street Food Korea, Lezat dan Digemari
Fun
Street Food Korea, Lezat dan Digemari

Street Food Korea ini harus kamu coba.

Script 'Gladiator 2' Sudah Selesai Ditulis, Maximus Kembali?
Fun
Script 'Gladiator 2' Sudah Selesai Ditulis, Maximus Kembali?

'Gladiator 2' digarap oleh sutradara Ridley Scott.

Berimajinasi Bisa Tangkal Pikun
Fun
Berimajinasi Bisa Tangkal Pikun

Setiap orang pasti pernah berimajinasi.

Dekrit Presiden, Bubarkan Badan Konstituante
Fun
Dekrit Presiden, Bubarkan Badan Konstituante

Pukul 17.00 ditanggal 5 Juli 1959 Presiden Soekarno mengeluarkan dekrit.

Alasan Vaksin Meningitis Penting bagi Jemaah Haji dan Umroh
Fun
Alasan Vaksin Meningitis Penting bagi Jemaah Haji dan Umroh

Vaksin meningitis bertujuan untuk mencegah munculnya penyakit meningitis, sebuah peradangan pada selaput otak dan saraf tulang belakang yang disebabkan oleh bakteri atau virus.

 ITZY Jadi Brand Ambassador Charles & Keith
Fashion
ITZY Jadi Brand Ambassador Charles & Keith

ITZY akan berpartisipasi dan mempromosikan “Lula patent bags and shoes”.