5 Tips Aman Mengemudi di Jalan Tol Semua mobil yang melaju di tol harus dengan kecepatan di atas rata-rata jalan biasa. (Foto: Pixabay/hpgruesen)

PERASAAN was-was ketika pertama kali masuk jalan tol pasti ada, terutama bagi pengemudi yang masih pemula. Ditambah belakangan ini banyak kejadian tragis di jalan tol. Berita yang masih hangat datang dari Km 91 Tol Cipularang yang menewaskan 8 orang.

Jalan tol merupakan jalan bebas hambatan sehingga semua mobil yang melaju di sana harus dengan kecepatan di atas rata-rata jalan biasa. Berikut cara mengemudi aman bagi kamu yang masih ragu mengemudi di jalan tol.

Baca Juga:

Hati-Hati Menyetir Mobil Saat Cuaca Panas

1. Jaga jarak

Menjaga jarak dengan kendaraan lain. (Foto: Pixabay/Gellinger)
Selalu menjaga jarak dengan kendaraan lain. (Foto: Pixabay/Gellinger)

Menjaga jarak memang sudah seharusnya dipatuhi oleh para pengendara untuk keselamatan diri. Karena sewaktu waktu kendaraan di depan, kamu bisa saja menginjak rem mendadak. Perlu diketahui, jarak ideal antara kendaraan sekitar 10-20 meter. Agar kamu terbebas dari kecelakan beruntun.


2. Hindari rasa kantuk dan melamun

Trivia2_ jangan mengantuk saat mengemudi _ foto by pixabay (Stocksnaps)
Jangan mengantuk saat mengemudi. (Foto: Pixabay/Stocksnaps)

Bentuk jalan tol yang lurus dan didukung dengan kecepatan konstan bisa menimbulkan kebosanan, kantuk, atau melamun. Itu sangat berbahaya bagi kamu dan pengendara lain.

Banyak ditemukan kecelakaan yang terjadi di dalam tol akibat mengantuk dan melamun sehingga mobil keluar jalur atau menabrak kendaraan lain yang ada di depannya.

3. Gunakan jalur lambat

Trivia3_ Gunakan jalur lambat jika kamu masih ragu-ragu _ foto by pixabay (Hpgruessen)
Gunakan jalur lambat jika kamu masih ragu-ragu. (Foto: Pixabay/Hpgruessen)

Jika kamu masih ragu, takut menyetir dengan kecepatan tinggi, dan ingin berjalan dengan kecepatan lambat, sebaiknya kamu menggunakan jalur lambat untuk kenyamanan diri kamu sendiri dan juga pengendara lain. Kecepatan ideal ketika berada di jalur paling kiri atau jalur lambat berkisar antara 60-80 km/jam.

Baca Juga:

Tips untuk Tetap Aman Ketika Berkendara saat Hujan, Nomor 3 Paling Penting!

4. Jangan panik

Trivia4_ jangan panik saat kendaraaan anda bermasalah_ foto by pixabay (Xusenru)
Jangan panik saat kendaraaan kamu bermasalah. (Foto: Pixabay/Xusenru)

Ketika kamu mengalami gangguan di jalan tol, usahakan untuk tidak merasa panik. Nyalakan lampu sein ke pinggir jalan dan tidak secara drastis menurunkan kecepatan mobil. Jika pada awalnya kecepatan mobil kamu pada angka 60 km/jam, kamu sebaiknya menurunkan kecepatan perlahan hingga 30 km sebelum benar-benar berhenti. Pastikan selalu untuk melihat spion sebelum memotong jalan dan gunakan selalu sabuk pengaman demi keselamatan.


5. Cek rem kendaraan

Selalu cek rem kendaraan kamu sebelum memulai perjalanan. (Foto: Pixabay/alinemorais20120)
Selalu cek rem kendaraan kamu sebelum memulai perjalanan. (Foto: Pixabay/alinemorais20120)

Kecelakaan bisa diakibtakan kondisi mesin, atau kendaraan kamu kurang diperhatikan terutama pada bagian rem. Rem blong sering terjadi pada truk atau kendaraan yang sudah terbilang tua, sehingga membuat kendaraan hilang kendali dan secara otomatis kendaaraan membanting stir ke pinggir jalan untuk menahan kendaaran supaya bisa berhenti. Hal ini sudah dipastikan mencelakaakan kendaraan yang lain. (iel)

Baca Juga:

Tips Berkendara di Alas Roban, Nomor 5 Sudah Tahu Belum?



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH