Mikael Jasin Raih Gelar Juara Indonesia Barista Championship 2020 Mikael Jasin mempertahankan gelar juara IBC (Foto: side.id/Andhika)

HARI ini, Sabtu (15/2) telah bertarung dengan begitu sengit enam orang barista pada babak final Indonesia Barista Championship (IBC) 2020, yang digelar di Gedung SMESCO, Jakarta.

Keenam finalis tersebut merupakan para barista andal dari berbagai coffee shop di seluruh Indonesia. Mereka berhasil menjadi yang terbaik usai melewati dua babak yang persaingannya begitu ketat.

Baca juga:

Selamat! Santoso Ardiansyah Siap Wakili Indonesia di WBrC 2020

Usai keenam peserta tersebut bertarung sengit dengan presentasi yang maksimal, tibalah saatnya momen paling ditunggu ,pengumuman para pemenang IBC pada pukul 19.20 WIB.

Sebelum pengumuman pemenang dimulai, panggung dibuka dengan sesi foto bersama seluruh tim juri IBrC 2020 yang dilanjutkan dengan foto bersama tim juri IBC 2020.

Setelah itu, dilanjutkan dengan sambutan Syafrudin dari SCAI. Dalam sambutannya, Syafrudin mengucapkan terimakasih kepada pihak penyelengara, sponsor, media partner, peserta dan seluruh orang yang terlibat dalam acara ICE 2020.

Mikael Jasin akan berangkat ke Melbourne, Australia pada April mendatang untuk mengikuti WBC (Foto: side.id/Andhika)

Berdasarkan perolehan poin tertinggi, Mikael Jasin, pemenang IBC 2019 berhasil mempertahankan gelar juara. Mikael berhasil keluar menjadi pemenang pada IBC 2020 dengan perolehan 565 poin.

Kesuksesan Mikael Jasin meraih gelar juara tentu bukan tanpa strategi dan persiapan yang matang. Hal itu diutarakan langsung oleh Mikael Jasin usai pengumuman pemenang selesai.

"Strateginya sih latihan terus presentasi tentang kopi, intinya sih latihannya mesti bagus, tekniknya mesti bener dan kopinya mesti enak," tutur Mikael kepada merahputih.com usai diumumkan meraih gelar juara.

Dalam kompetisi IBC 2020, Mikael Jasin juga tak menampik dirinya menemui kesulitan, seperti halnya pada soal kalibrasi kopi. Namun, pria yang akrab disapa Miki itu mengaku dapat mengatasinya dengan baik.

Kemenangan Mikael Jasin tak terlepas dari support orang-orang terdekatnya seperti Common Grounds Roastery, keluarga, teman dekat , hingga sang kekasih tercinta.

Rencana Mikael selanjutnya usai menyabet gelar juara di IBC 2020 ialah membawa nama indonesia ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Mikael bakal membawa nama Indonesia di ajang World Barista Championship (WBC) 2020 di Melbourne, Australia.

"Kerja lebih keras lagi, world championship karena jauh lebih susah, tantangannya jauh lebih gede, jadi harus lebih bagus lagi performancenya. Target ke depannya di WBC sih lebih bagus dari tahun lalu dan pengen banget bawa nama indonesia lebih tinggi lagi," tutup Jasin.

Berikut perolehan nilai para barista di babak final IBC:

1. Mikael Jasin (565 poin)
2. Arief Rachman (483,5 poin)
3. Josaphat Jakabramasta (480,5 Poin)
4. Raymond ali (478 Poin)
5. Kelvin Situmorang (466,5)
6. Cindy Marta (466 poin)

(ryn)

Baca juga:

'Fashion' dan Kopi, Dua Hal yang Tak Bisa Dipisahkan

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH