Selamat! Santoso Ardiansyah Siap Wakili Indonesia di WBrC 2020 Santoso Ardiansyah berhasil mengalahkan puluhan 'brewers' lainnya (Foto: side.id/Andhika)

KOMPETISI kopi Indonesia Coffee Events (ICE) 2020 telah usai diselenggarakan. Ajang mencari barista dan brewers terbaik ini dihelat sejak Rabu, 12 Februari 2020 di gedung Smesco, Jakarta. Mengangkat tema 'Kopilaborasi', ICE 2020 yang dihelat di Jakarta terdiri dari dua kompetisi, Indonesia Barista Championship (IBC) dan Indonesia Brewers Cup Champiopnship (IBrC).

Memiliki ciri khas dan keahlian masing-masing tentunya tidak mudah bagi juri untuk menentukan pemenang dari kompetisi ini. Selain mendapatkan hadiah utama, pemenang IBC dan IBrC akan mewakili Indonesia dalam kejuaraan kopi dunia, World Barista Championship (WBC) dan World Brewers Cup Championship (WBrC) yang diselenggarakan oleh World Coffee Events (WCE) pada Mei mendatang di Melbourne, Australia.

Baca juga:

'Fashion' dan Kopi, Dua Hal yang Tak Bisa Dipisahkan

Pengumuman juara IBrC pada Sabtu (15/2) malam dibuka dengan lagu I Follow Rivers (Lykke li) dan disambut tepuk tangan meriah para penonton. Tahun ini, IBrC dimenangkan oleh Santoso Ardiansyah dari Two Coffee Beans. Kemenangan yang disambut dengan sorak-sorak gembira oleh pendukung setianya seperti kerabat serta rekan kerjanya membuat brewers yang kerap disapa Ardi ini tak dapat menahan air matanya.

Santoso Ardiansyah akan mewakili Indonesia di WBrC (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Hanya bisa bergeming layaknya patung, Ardi masih tidak menyangka dengan apa yang telah dicapainya. "Gak nyangka bakal menang di acara ini, malah gua ngira Harison (salah satu peserta IBrC) yang akan menang," ujar Ardi kepada merahputih.com.

Terpilih mewakili Indonesia dalam di WBrC , pria yang memiliki hobi bermain bola ini mengatakan akan lebih meningkatkan kinerjanya. "Persiapan untuk bulan Mei nanti pasti akan lebih mematangkan work flow sama belajar bahasa lagi sih," kata Ardi sembari tertawa kecil. Memiliki tim yang sangat supportive membuat Ardi mampu mengalahkan tantangan terbesarnya, yaitu menghilangkan rasa grogi dan bagaimana cara menyajikan kopi yang berbeda dari brewer lainnya.

Santoso tak pernah menyangka bisa menang IBrC (Foto: side.id/Andhika)

Kemenangan yang diraih oleh Santoso Ardiansyah juga disambut bahagia oleh Harison Chandra yang pernah mewakili Indonesia dalam kerjuaraan WBrC. Harison tak henti meloncat kesenangan dan memberikan Ardi pelukan hangat untuk memberikan selamat atas kemenangannya.

Posisi kedua IBrC terbaik ini diperoleh Harison Chandra yang pernah memenangkan IBrC dan mewakili Indonesia di kejuaraan dunia pada 2017 silam. Sedangkan posisi ketiga ditempatkan oleh Monika Zendrato. Selamat ya Santoso Ardiansyah! (bel)

Baca juga:

Bedanya Gaya Ngopi Orang Jakarta dan London



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH