Mesci Pandemi, MBC Mengkonfirmasi ISAC 2020 Edisi Spesial Chuseok Tetap Diadakan MBC mengkonfirmasi ISAC akan tetap dilaksanakan tanpa penonton. (Foto: soompi.com)

SALAH satu acara yang paling ditunggu-tunggu para penggemar kpop adalah Idol Star Athletics Championships (ISAC). Beruntungnya, pandemi virus corona tak menghalangi ISAD 2020 edisi Chuseok dilaksanakan meski tanpa penonton.

ISAC merupakan acara tahunan yang diadakan oleh MBC. Acara ini merupakan tempat para idola berkompetisi dalam olahraga seperti lari, sepak bola, gymnastic, dan panahan (archery). Biasanya diadakan setahun sekali atau paling banyak dua kali.

Baca juga:

Teori Mencengangkan di Balik Single Terbaru BTS, Dynamite

ISAC memang biasanya dilaksanakan pada peringatan hari-hari tertentu di Korea Selatan, seperi Imlek dan Chuesok. Orang Korea merayakan chuseok sebagai salah satu hari berterima kasih atas masa panen yang baik. Mereka biasanya berkumpul bersama dengan keluarga untuk merayakan hari tersebut. Hal ini hampir sama dengan thanksgiving di negara Barat.

ISAC biasanya dihadiri begitu banyak penonton yang merupakan penggemar dari para grup idola. (Foto: allkpop.com)
ISAC biasanya dihadiri begitu banyak penonton yang merupakan penggemar dari para grup idola. (Foto: allkpop.com)

Idola yang hadir bisa mencapai 200-300 orang. Mereka berkompetisi di bidang yang berbeda-beda. Terkadang satu orang bisa bermain di dua cabang olahraga yang berbeda karena kurangnya anggota.

ISAC 2020 edisi spesial chuseok tadinya sempat didiskusikan. Akhirnya MBC mengkonfirmasi untuk tetap mengadakan ajang olahraga ini. Namun, tidak ada menonton secara langsung di tempat.

Baca juga:

Masker LED yang Digunakan Lee Min Ho Punya Banyak Manfaat

Biasanya para penonton adalah penggemar dari para grup idola. Di sini lah mereka dapat melihat idola mereka berinteraksi dengan idola dari grup lain. Para penggemar juga dapat melihat kelucuan dan kedekatan para anggota grup idola.

ISAC yang tanpa penonton langsung kali ini dikarenakan adanya pandemi COVID-19. MBC tidak ingin adanya penyebaran COVID-19 di antara penonton. Bahkan MBC akan membuat para idola untuk tetap menjaga jarak atau physical distancing.

ISAC menjadi tempat idola berinteraksi satu sama lain tanpa memandang grup. (Foto: soompi.com)
ISAC menjadi tempat idola berinteraksi satu sama lain tanpa memandang grup. (Foto: soompi.com)

Kompetisinya pun akan ada yang diubah untuk meminimalisir kontak fisik satu sama lain. Namun, kompetisi seperti panahan dan eSport tetap akan dilaksanakan. Hal ini dikarenakan kedua pertandingan tersebut tidak banyak melakukan kontak fisik.

ISAC 2020 edisi spesial chuseok ini menuai pro dan kontra dari para penggemar. Dikutip dari allkpop.com, ada dari mereka yang menganggap acara ini membuat para idola pria dan perempuan dapat berinteraksi dengan bebas tanpa dipantau oleh penggemar. Ada pula yang khawatir karena menurut mereka idola tetap bisa tertular COVID-19. (May)

Baca juga:

'Folklore' Milik Taylor Swift Capai Penjualan Dua Juta Keping


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH