Merawat Rambut Bisa dengan Minyak yang Ada di Rumah

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 10 Maret 2021
Merawat Rambut Bisa dengan Minyak yang Ada di Rumah
Rambut sehat dan indah, dambaan semua orang. (Foto: Pexels/cottonbro)

PUNYA rambut sehat, berkilau, dan indah pasti menjadi dambaan setiap wanita. Ini juga berlaku bagi kaum pria juga menginginkan rambut yang sehat dan tebal.

Biasanya orang ingin merawat rambutnya memilih menggunakan produk perawatan rambut populer yang banyak dipakai oleh orang. Sayangnya banyak produk ini yang tidak cocok antara satu orang dengan yang lainnya. Kecenderungan saat ini adalah orang-orang beramai-ramai kembali memakai produk alam.

Baca Juga:

Merespons Pandemi, Sheima Kosmetik Hadirkan Lini dengan Kandungan Antibakteri

Seperti produk dari tumbuhan yang sudah diolah menjadi minyak, sehingga memudahkan kamu melakukan perawatan rambut sendiri di rumah. Minyak alami dari tumbuhan memiliki kesamaan dan tidak berbeda jauh manfaatnya antar yang satu dan yang lain. Hanya takaran penggunaannya saja yang berbeda antara pria dan wanita termasuk volume rambut yang dimiliki. Coba pakai tiga minyak alami ini untuk merawat rambut kepala, pastinya tidak ada efek samping.


1. Minyak kelapa

minyak
Perawatan rambut menggunakan minyak kelapa membuat rambut lebih kuat dan subur (Foto: Unsplash/Tijana Drndarski)


Minyak kelapa merupakan produk alami yang bisa digunakan untuk apa saja. Mulai dari memasak, menghilangkan make up, hingga melembapkan kulit. Tak hanya itu, manfaat minyak kelapa untuk rambut juga banyak. Minyak kelapa cocok digunakan hampir semua kondisi jenis rambut. Minyak alami ini dapat membantu mengembalikan kesehatan dan kilau rambut, memperbaiki tekstur rambut, dan mengatasi kerusakan rambut sehari-hari.

Untuk menggunakannya cukup mudah, tinggal oleskan dari pangkal sampai ujung rambut. Jangan lupa berikan pijatan kecil pada kulit kepala agar minyak tersebar secara menyeluruh. Diamkan sekitar 15-30 menit, lebih bagus jika ditutup pada bagian rambut dengan kain, lalu bilas menggunakan sampo.

Baca Juga:

Mewarnai Rambut Sebaiknya Sesuai Warna Kulit


2. Minyak zaitun

minyak
Minyak zaitun selain digunakan pada masakan, dapat juga digunakan untukperawatan rambut. (Foto: Pixabay/stevepb)


Minyak ini terbuat dari ekstrak buah zaitun, berbeda dengan minyak rambut alami lainnya yang diekstrak dari bijinya. Ternyata minyak ini sudah dimanfaatkan oleh orang Yunani kuno untuk campuran makanan dan kecantikan. Manfaat untuk rambut tidak berbeda jauh dengan minyak kelapa, melembabkan rambut, menguatkan rambut, dan memperindah pastinya.

Pemakaiannya minyak zaitun untuk rambut kepala biasanya kisaran 20 menit. Oleskan secara merata dan pijat ringan pada kulit kepala, supaya minyak menyerap secara maksimal. Lalu bilas rambut menggunakan sampo.


3. Minyak kemiri

minyak
Biji kemiri biasanya untuk bumbu masakan, minyak kemiri bisa juga untuk perawatan rambut (Foto: Unsplash/Joanna Kosinska)


Biji kemiri merupakan salah satu biji yang biasa digunakan untuk bumbu dapur. Selain itu, biiji kemiri dipercaya dapat menyehatkan rambut. Tentunya harus diolah terlebih dahulu untuk mendapatkan ekstraknya berupa minyak. Kandungan yang terdapat pada minyak kemiri seperti, gliserida, asam linoleat, protein, vitamin B1, vitamin E, dan mineral yang baik untuk kesehatan dan kesuburan rambut.

Untuk pengaplikasiannya pada rambut, oleskan secara merata minyak kemiri dari pangkal sampai ujung rambut. Pijat ringan kulit kepala supaya merata maksimal, diamkan sekitar 30 menit, tutup kepala dengan kain, lalu bilas menggunakan sampo seperti biasa. (rzk)

Baca Juga:

Epigallo, Kandungan Teh Hijau Mampu Atasi COVID-19

#Problem Rambut #Rambut Sehat #Perawatan Rambut
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan