Kesehatan
Epigallo, Kandungan Teh Hijau Mampu Atasi COVID-19 Epigallo merupakan kandungan yang ada pada teh hijau. (Foto: Unsplash/Na visky)

PARA ilmuwan berupaya mengembangkan bahan-bahan alami untuk mencegah atau menghambat resiko infeksi yang diakibatkan COVID-19. Salah satu bahan alami tersebut ialah Epigallocatechin Gallate (EGCG), atau yang disingkat Epigallo.

Epigallo sebagai komponen utama yang terdapat dalam teh hijau memiliki manfaat mengatasi penyakit infeksi, termasuk infeksi virus. Apalagi, menurut studi dari Djoko Purwanto, pakar farmakologi dari Universitas Airlangga, Surabaya, antioksidan pada Epigallo memiliki kekuatan 100x lebih tinggi dibandingkan vitamin C. Tak hanya itu, kandungan ini 25x lebih tinggi dibandingkan vitamin E dalam melindungi tubuh.

Baca juga:

Tren Fesyen Masker, Tak Lagi Sekadar Kebutuhan Kesehatan

"Epigallo merupakan kelompok zat antioksidan yang masuk dalam golongan besar polifenol. Epigallo memberikan efek positif untuk kesehatan karena memiliki kekuatan antioksidan," ungkap dr. Susi selaku Medical Advisor LAPI Laboratories dalam rilis yang diterima merahputih.com.

Ekstrak Epigallo tidak hanya berguna untuk menetralisir radikal bebas dari asap rokok, namun juga bermanfaat untuk mencegah sel kanker, menurunkan kolesterol, dan menjaga kesehatan pembuluh darah, jantung, serta otak.

Bahkan, Epigallo Diteliti Mampu Mengurangi Efek Berbahaya COVID-19. Beberapa review maupun studi telah dilakukan dalam rangka mendorong pemanfaatan Epigallo untuk mengatasi COVID-19.

Epigallo pada teh hijau mampu menghambat 85 persen aktivitas 3CLpro. (Foto: Unsplash/Verena Bottcher)

Mhatre et al., dalam penelitiannya yang diterbitkan oleh jurnal Phyto Medicine, menemukan bahwa enzim yang berperan penting dalam mematangkan virus adalah Chymotrypsin-like protease, atau yang disebut 3CLpro.

Dengan kata lain, replikasi atau bertambahnya jumlah virus sangat tergantung pada 3CLpro. Karena itu, 3CLpro merupakan target utama obat yang digunakan untuk menangani infeksi virus Corona secara umum.

Faktanya, studi in vitro dari Mathre et al. memperlihatkan epigallo mampu menghambat 85 persen aktivitas 3CLpro. Karena itu, sekelompok peneliti dari Institute of Chemical Technology India ini pun menyimpulkan bahwa molekul Epigallo dapat digunakan sebagai suplemen pelengkap nutrisi harian untuk penanganan COVID-19.

Sementara itu, peneliti Menegazzi et al. mengemukakan potensi Epigallo bagi penderita COVID-19, terutama karena kemampuannya menurunkan ekspresi dan sinyal dari berbagai mediator inflamasi.

Baca juga:

Tak Sembarang Masker Bisa Cegah Penularan Virus Corona!

Infeksi SARS-CoV-2 menginduksi peningkatan masuknya neutrofil secara masif ke dalam paru-paru, dengan memproduksi dan mengaktivasi TGF-β. Peningkatan TGF-β aktif yang tidak terkontrol ini dapat mengakibatkan edema dan fibrosis yang cepat dan masif, yang mengakibatkan perubahan dan blokade jalan napas. Pada akhirnya akan mengakibatkan gagal nafas.

Epigallo bisa didapatkan dari suplemen. (Foto: Unsplash/Julia Zolotova)

Berdasarkan temuan, Epigallo terbukti dapat menurunkan sinyal TGF-β1 dan dianggap sebagai antifibrotik potensial. Setidaknya suplementasi Epigallo sedikit banyak dapat mengendalikan kerusakan inflamasi yang timbul pada infeksi COVID-19.

"Epigallo tercatat relatif aman, maka pemberiannya sebagai suplementasi dapat dibenarkan, setidaknya diharapkan dapat memperoleh dari efek positif yang telah diteliti," kata dr. Susi.

Konsumsi epigallo kata dr. Susi sudah terasa khasiatnya di hari ke-4. Selain itu, waktu penyembuhannya pun semakin cepat sekitar 9 hari saja. Kandungan epigallo bisa kamu dapatkan pada suplemen seperti Vipro-G. (ikh)

Baca juga:

LIPI Tegaskan Masker Kain Sulit Terurai, Beda dengan Masker Medis

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Intip Spesifikasi 4 Generasi Pertama VGA Card Intel Arc
Fun
Intip Spesifikasi 4 Generasi Pertama VGA Card Intel Arc

Intel akan menghadirkan VGA card terbaru untuk bersaing melawan Nvidia dan AMD Radeon dengan branding-nya bernama Arc.

Koalisi Anak: Jangan sampai Hilang Satu Generasi karena COVID-19
Fun
Koalisi Anak: Jangan sampai Hilang Satu Generasi karena COVID-19

Anak-anak menjadi salah satu yang paling rentan terdampak dalam situasi ini.

Gachapon Penjual Destinasi Wisata Misterius dari Jepang
Fun
Gachapon Penjual Destinasi Wisata Misterius dari Jepang

Alih-alih menjual tiket dengan cara konvensional seperti membeli di situs daring, Peach Aviation menggunakan gachapon untuk menjual tiket

KLHK Rilis Film Pendek 'Bude Jo Belajar Kelola Sampah'
Fun
KLHK Rilis Film Pendek 'Bude Jo Belajar Kelola Sampah'

Film ini mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mengelola sampah.

Bikin Rindu Masa Kecil, Cara Bocil Minta Maaf
Fun
Bikin Rindu Masa Kecil, Cara Bocil Minta Maaf

Bocil saja bisa minta maaf, kamu jangan mau kalah.

Empat Hari RIlis, ‘Shang-Chi’ Tembus Rp 1,3 Triliun
ShowBiz
Empat Hari RIlis, ‘Shang-Chi’ Tembus Rp 1,3 Triliun

Meraup keuntungan lebih besar daripada yang diharapkan dalam empat hari pertama rilis.

Air Max Colorways Pada Jersey Sepak Bola Terbaru Nike
Fun
Air Max Colorways Pada Jersey Sepak Bola Terbaru Nike

Jersey Sepak Bola terbaru Nike ini sangat keren.

Pria, Jaga Kesehatan dengan 'Preventive Care'
Fun
Pria, Jaga Kesehatan dengan 'Preventive Care'

Mumpung masih muda ayo lakukan 'preventive care'.

Google Hadirkan Health Tool untuk Identifikasi Kondisi Kulit
Fun
Google Hadirkan Health Tool untuk Identifikasi Kondisi Kulit

Pengguna nantinya bisa memakai kamera ponsel untuk mengambil tiga gambar dari area kulit yang bermasalah.