Menuai Berbagai Manfaat dari Bercocok Tanam Ada manfaat dari bercocok tanam selain mengisi waktu luang. (Foto: The Conversation)

SAAT masa pandemi ini banyak orang yang harus melakukan pekerjaan dari rumah. Selama bekerja di rumah pasti semakin banyak waktu luang yang kita punya.

Ketika tidak ada pekerjaan yang harus dilakukan alangkah baiknya untuk melakukan hal-hal yang memiliki dampak positif.

Dengan berkebun atau melakukan cocok tanam di rumah, itu baik untuk kesehatan mental dan juga fisik. Menanam tanaman akan berguna untuk tubuh, baik untuk orang tua maupun anak-anak.

Baca juga:

3 Kegiatan Pengisi Waktu Luang yang Produktif Selama WFH

Menuai Berbagai Manfaat dari Bercocok Tanam
Mengajak anak-anak untuk ikut bercocok tanam. (Foto: The PediaBlog)

Bercocok tanam dapat dilakukan bersama dengan anggota keluarga kita di pekarangan rumah. Tidak perlu khawatir bila luas pekarangan rumah sempit, ada solusi lain untuk melakukannya di dalam pot atau dengan hidroponik.

Menanam tanaman di dalam pot akan memudahkan kita untuk memindahkan dan meletakkannya sesuai dengan tempat yang mendapat kebutuhan sinar matahari.

Tidak hanya itu tanaman dalam pot juga meningkatkan unsur estetika untuk ruangan di dalam rumah. Untuk anak-anak, dengan menanam tanaman dalam pot menjadi tahap awal untuk mengajarkannya kepada mereka

Menuai Berbagai Manfaat dari Bercocok Tanam
Berkebun membentuk pola pikir yang biak. (Foto: Lifehack)

Berkebun memiliki dampak baik untuk kesehatan mental kita seperti dilansir dari laman hellosehat. Dengan berinteraksi langsung dengan tanaman, hewan, serta lingkungan alam akan menyejahterakan mental seseorang.

Baca juga:

4 Tanaman Herbal Antivirus, Bisa Cegah Corona?

Pertama kita akan menjadi orang yang lebih sabar. Ketika menanam dan merawat dari bibit tersebut, kita semakin dilatih untuk bersabar menungggu hasilnya.

Buat para pelakunya, bercocok tanam pasti akan membuatnya menjadi orang lebih sabar, bertanggung jawab, dan dapat merawat diri dengan baik.

Menuai Berbagai Manfaat dari Bercocok Tanam
Melakukan perawatan pada tanaman akan membantu melatih kesabaran. (Foto: Dekoruma)

Nah, selama proses perawatan tanaman pastinya kita melewati banyak halangan seperti adanya serangan hama, belum lagi jika tanaman mati, dan kejadian lainnya. Dari kegagalan tersebut sebenarnya melatih mental untuk terus belajar dari kegagalan.

Berada dekat dengan alam akan membentuk pola pikiran kita semakin positif dan jauh dari depresi akibat stres. Bila kamu merupakan salah satu orang tidak suka berolahrga, terus bergerak adalah kunci untuk melindungi diri serangan penyakit.

Dengan bercocok tanam mendorong kamu untuk terus bergerak. Pada akhirnya di situasi ini kita harus menjaga kondisi mental dan fisik untuk tetap sehat dan manfaatkan waktu luang kalian semaksimal mungkin. (ren)

Baca juga:

Unik, Konser Orkestra di Barcelona Ditonton Tanaman Hias



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH