4 Tanaman Herbal Antivirus, Bisa Cegah Corona? Yuk konsumsi beberapa tanaman herbal ini untuk kesehatan tubuhmu! (Foto: Piixabay/mareefe)

SEJAK dulu, obat-obatan herbal telah digunakan untuk berbagai penyakit, termasuk mencegah virus. Karena konsentrasi senyawa yang terkandung di dalamnya, beberapa tanaman herbal ini mampu membantu melawan virus di dalam tubuh.

Seiring dengan menyebarnya virus Corona, yuk tingkatkan kekebalan tubuh dengan mengonsumsi empat tanaman herbal yang mengandung aktivitas antivirus ini:

Baca juga:

4 Manfaat Teh Jahe, Nomor 3 untuk Cegah Virus Corona?

1. Kemangi

Tanaman kemangi atau basil mengandung aktivitas antiviral. (Foto: medical news today)

Kemangi atau basil mengandung aktivitas antiviral (Foto: medical news today)

Jenis kemangi yang memiliki rasa manis ini kebanyakan mampu melawan infeksi virus. Hasil penelitian yang dilakukan oleh United States National Library of Medicine mengatakan ekstrak kemangi (basil) manis mengandung senyawa seperti apigenin dan asam ursolat yang bisa melawan virus herpes, hepatitis B, dan enterovirus.

Penelitian tersebut juga menyimpulkan kemangi mampu meningkatkan sel T dan sel pembunuh alami. Kedua sel tersebut adalah imun tubuh yang mampu melindungi tubuh dari infeksi virus.

Meskipun belum terbukti bisa memerangi Corona, laman Medical News Today mengungkapka kemangi juga mengandung kalsium dan vitamin K yang baik untuk tubuh.

Baca juga:

3 Sarapan Sehat yang Mudah Dibuat Saat 'Self Quarantine'

2. Bawang putih

Bawang putih mengandung sel T.  (Foto: pixabay/manfredrichter)

Bawang putih mengandung sel T. (Foto: Pixabay/manfredrichter)

Dilansir dari Healthline, bawang putih memiliki aktivitas antivirus terhadap influenza A dan B, HIV, HSV-1, virus pneumonia, dan rhinovirus. Intinya bawang putih memang memiliki khasiat untuk melawan berbagai macam virus.

3. Peppermint, oregano, sage

Gunakan daun mint sebagai teh. (Foto: pixabay/congerdesign)

Gunakan daun mint sebagai teh. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Ketiga tanaman herbal mint ini memang mengandung properti antivirus yang bisa memerangi herpes, rotavirus, infeksi saluran pernapasan, HIV-1 serta mencegah peradangan dalam tubuh.

Baca juga:

4 Penyakit yang Berisiko Menyerang Milenial dan Generasi Z Gaul Jakarta

4. Jahe

Jahe mampu menghambat replikasi virus. (Foto: pixabay/brett_Hondow)
Jahe mampu menghambat replikasi virus (Foto: Pixabay/brett_Hondow)

Segala produk jahe seperti teh, jamu, dan tablet hisap memang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Healthline menyatakan jahe mampu menjadi antivirus untuk avian influenza, RSV, dan feline calicivirus. Senyawa di dalam jahe yaitu gingerol dan zingerone mampu menghambat replikasi virus dan mencegah virus memasuki sel inang.

Keempat tanaman herbal ini memang belum terbukti dapat melawan virus Corona. Namun, tidak ada salahnya kamu mengonsumsinya untuk menjaga kesehatan. (shn)

Baca juga:

Resep Dalgona Coffee, Minuman Hits di Instagram Cocok untuk #DiRumahAja

Kredit : shenna

Tags Artikel Ini

Shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH