Mengenal 'Vivid Dreams' dan Makna di Baliknya Pengertian vivid dreams dan alasan di baliknya (Foto: Unsplash/@annhwa)

TIDUR mungkin jadi salah satu kegiatan yang kerap kali kamu lakukan ketika sedang #DiRumahAja. Nah, apakah sekarang ketika tertidur kamu sering bermimpi buruk ataupun bermimpi aneh? Ternyata bukan hanya kamu saja yang mengalaminya lho.

Ada penjelasan psikologis mengapa di masa-masa pandemi seperti saat ini kita semua jadi lebih mudah untuk bermimpi ganjil. Kadang mimpinya bahkan begitu jelas sampai-sampai membuat kita tidak bisa membedakan apakah kita masih berada di dunia mimpi atau sudah di dunia nyata.

Baca juga:

Mimpi yang Nyata dan Intens Banyak Dialami Orang pada Masa Karantina

Nah, mimpi jelas yang membingungkan ini disebut sebagai vivid dreams. Sebenarnya apa sih yang dimaksud vivid dreams? Yuk simak penjelasannya dari Dr. Nerina Ramlakhan melalui wawancaranya dengan Express UK ini.

Apa itu vivid dreams dan mengapa kita mengalaminya?

Mengenal 'Vivid Dreams' dan Makna di Baliknya
Vivid dreams terjadi sebagai bentuk keresahan kita di dunia nyata (Foto: Unsplash/@kasperrasmussen)

Vivid dreams sebenarnya adalah istilah ketika mimpi terasa sangat nyata sampai membuat kita susah untuk membedakan apakah hal yang kita mimpikan itu nyata atau tidak.

Menurut Dr. Ramlakhan pada dasarnya semua manusia pasti bermimpi untuk memproses informasi yang didapatkan pada hari itu, untuk merasionalkan emosi, trauma, maupun stress, dan untuk memproses kreativitas.

Nah, saat ini banyak orang yang mengalami vivid dreams karena cara hidup ternyata sangat memengaruhi kualitas tidur. Kita bisa tertidur dengan baik ketika hidup juga sedang baik-baik saja.

"Ketakutan dan kegelisahan terdalam adalah sesuatu yang tidak bisa kita sembunyikan di dalam tidur", jelas Dr. Ramlakhan. Jadi wajar saja kalau beberapa waktu belakangan ini kita bisa bermimpi yang aneh dan nyata karena mimpi tersebut sebagai wujud kegelisahan dan ketakutan terhadap hidup di tengah pandemi ini.

Baca juga:

Terbangun dari Tidur saat Jatuh dalam Mimpi? ini Alasannya Menurut Ahli

Makna di balik setiap vivid dreams

Mengenal 'Vivid Dreams' dan Makna di Baliknya
Makna di balik setiap vivid dreams (Foto: Unsplash/@photologic)

Ternyata ada makna di setiap vivid dreams lho. Dr. Ramlakhan menjelaskan arti dan makna di balik setiap vivid dreams yang mungkin kamu alami:

Mimpi telanjang: kalau kamu bermimpi telanjang artinya kamu sedang merasa rentan. "Mimpi ini bisa berarti kamu sedang takut terekspos, merasa rentan, dan bertanya-tanya apakah kamu bisa menunjukkan dirimu yang sebenarnya kepada orang lain," jelas Dr. Ramlakhan.

Mimpi dikejar-kejar: Pastinya sekali seumur hidup kamu pernah mengalami mimpi dikejar-kejar. Nah, mimpi ini punya arti bahwa kamu sedang merasa kewalahan dengan hidupmu.

Mimpi tersesat di dalam labirin: "Kalau kamu tersesat di dalam labirin, artinya kamu sedang merasa tidak yakin dengan situasi tertentu. Kamu tidak tahu apa yang harus kamu lakukan selanjutnya, merasa kehilangan arah, dan bahkan putus asa," kata Dr. Ramlakhan.

Mimpi jatuh: ketika sedang mengalami mimpi yang satu ini kita bisa sampai terbangun karena kaget. Nah, sebenarnya alasan di balik mimpi ini adalah karena kamu sedang merasa insecure, tidak yakin, dan merasa kerepotan terhadap suatu aspek dalam hidupmu.

Mimpi sakit: Dr. Ramlakhan mengatakan bahwa salah satu vivid dreams yang sering terjadi yakni mimpi sakit. Artinya kamu takut suatu hal buruk akan menimpamu, entah yang berhubungan dengan masalah kesehatan atau khawatir orang di sekitarmu tidak berlaku baik padamu.

Coba pikirkan apakah beberapa vivid dreams ini pernah terjadi padamu? Apakah alasan dan makna di baliknya sesuai dengan penjelasan Dr. Ramlakhan?

Bagaimana cara menghentikannya?

Mengenal 'Vivid Dreams' dan Makna di Baliknya
Perbaiki pola tidur untuk menghindari vivid dreams (Foto: Unsplash/@brucemars)

Kemudian, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana menghentikan mimpi bak kenyataan ini? Soalnya terkadang vivid dreams bisa jadi sesuatu yang menyeramkan dan membuatmu merasa kelelahan serta khawatir sepanjang hari.

Karena itu cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghentikannya adalah dengan tidak takut terhadap mimpi yang satu ini. Dr. Ramlakhan juga mengatakan kamu bisa mencatat mimpimu ke dalam sebuah diari supaya dapat menginterpetasikan arti dari mimpimu itu.

Ketika sudah mengetahui makna di baliknya, kamu hanya perlu memperbaiki kekhawatiran maupun ketakutanmu itu sehingga vivid dreams tak lagi datang.

Kamu juga perlu memperbaiki gaya hidup dan mencegah stimulasi, seperti meminum alkohol, kopi, gula, maupun melihat layar komputer atau telepon sebelum tertidur. "Perbaiki gaya hidup maka pola tidurmu akan lebih baik dan menyegarkan," ungkap Dr. Ramlakhan.

Dengan mengikuti panduan di atas, harapannya vivid dreams mu akan berkurang dan waktu istirahatmu akan jadi lebih berkualitas tanpa diganggu mimpi-mimpi ganjil. (sam)

Baca juga:

Lucid Dreams, 4 Cara yang Bisa Dicoba untuk Mengendalikan Mimpi


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH