Kenalkan, Teman dan Musuh Gundala Mengintip lingkar pertemanan dan musuh dari Gundala Putra Petir (Foto: instagram @herokalian)

KARAKTER pahlawan super Indonesia, Gundala, memiliki sejumlah teman baik di komik dan film. Teman Gundala paling tersohor, tak lain Godam. Sosok pahlawan super tersebut merupakan karakter gubahan Widodo Nur Slamet (Wid NS), diterbitkan kali pertama pada tahun 1969.

Godam memiliki kekuatan super sekeras baja dan bisa terbang. Ia bertemu Gundala pada komik besutan Hasmi berjudul Godam Vs Gundala pada 1971. Setelahnya, Gundala dan Godam ditampilkan selalu bersama-sama dalam memerangi kejahatan.

Baca Juga:

Apa Saja Perbedaan Gundala Versi Klasik Versus Film Joko Anwar?

Selanjutnya pahlawan super di lingkar pertemanan Gundala, Pangeran Mlaar. Pahlawan super berasal dari Planet Covox, dan bertemu gundala untuk memerangi kejahatan di planet tersebut, bernama Mlaar atau melar dalam bahasa Jawa artinya merenggang atau memanjang. Pangeran Mlaar bisa memanjangkan seluruh tubuhnya, dari mulai leher, tangan, kaki hingga badan.

Gundala memiliki sirkel sejumlah pahlawan super (Foto: instagram @newsmerahputih)

Selanjutnya, ada Merpati. Pahlawan super tersebut bernama lengkap Sedhah Esti Wulan. Ia merupakan seorang wartawati bertemu dengan Gundala di Pangkalan Pemunah Bumi. Gundala dan Merpati saling cinta hingga akhirnya menikah.

Lingkar pertemanan Gundala selanjutnya, Kalong. Superhero tersebut kali pertama muncul di komik ciptaan Hasmi berjudul Kalong Anak Kelelawar. Singkat cerita, Agus Supriadi mengikuti diam-diam ekspedisi arkeologi ayahnya, ketika ada pengkhianatan ia melarikan diri, dan terperosok ke dalam jurang penuh kelelawar.

Ia ditolong raja kelelawar lalu diberi kekuatan super. Kalong bisa berkomunikasi dengan binatang. Kalong kemudian bertem Gundala di komik berjudul Pangkalan Pemunah Bumi.

Selanjutnya, Aquanus, karakter gubahan Wid NS. Aquanus muncul di komik Aquanus di Planet Vibhy pada 1968. Aquanus merupakan teman Godam, sebelum bertemu dengan Gundala. Aquanus ialah manusia air dari planet lain.

Selain Aquanus, Gundala memiliki jalinan pertemanan dengan Sembrani. Jagoan ini muncul kali pertama pada komik Gundala berjudul 1000 Pendekar pada tahun 1974.

Baca juga:

Mencoba Keseruan Gim Gundala

Terakhir, Maza. Dikisahkan, Kanigara terbangun dari mimpi, kemudian mendapati dirinya menjadi Maza, seorang pahlawan super dibekali belati berisi Jin Kartubi setia mendampinginya.

Pengkor, salah satu musuh bebuyutan Gundala, yang hadir di komik maupun film Gundala (Foto: facebook/moviezy)

Selain teman-teman, Gundala juga memiliki sejumlah musuh. Pertama, Gazul, nan kali pertama muncul pada Dokumen Candi Hantu di tahun 1969. Gazul ingin mendapatkan formula untuk menguasai dunia.

Musuh selanjutnya, Pengkor. Sosok ini muncul pada komik berjudul Gundala Cuci Nama di tahun 1974. Pengkor membuat Gundala palsu berbuat kejahatan, hingga menjadi buruan teman superhero lainnya.

Takhanya itu, ada juga sosok musuh Gundala bernama Ki Wilawuk. Sosok ini muncul di Dr Jaka dan Ki Wilawuk pada tahun 1975. Ki Wilawuk merupakan pendekar di jagad berbeda. Ia tidak bisa mati.

Lalu, musuh Gundala lainnya, bernama Anthon. Ia merupakan seorang raksasa memiliki senjata kapak. Athon muncul di komik Gundala Sang Senapati terbit di tahun 1979. (Ryn)

Baca juga:

7 Action Figure dan Statue Resmi Gundala Kreasi Dolanan Keren

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Menjalankan 4 Brata di kala Nyepi
Tradisi
Menjalankan 4 Brata di kala Nyepi

Hari Raya Nyepi sebagai pergantian tahun baru Saka membuat pulau cantik itu 'tidur' total selama 24 jam.

Liburan ke Tanjung Lesung, Isi Perut di Rumah Makan Ibu Entin
Travel
Liburan ke Tanjung Lesung, Isi Perut di Rumah Makan Ibu Entin

Liburan ke Tanjung Lesung belum lengkap kalau tidak mencicipi makanan di Rumah Makan (RM) Ibu Entin. Destinasi wisata kuliner legendaris

Merampas Gudang Senjata Tentara Jepang untuk Persenjatai Jagoan di Masa Revolusi
Indonesiaku
Warga Sulbar Sambut Ramadan Lewat Pantunui Ku'Bur dan Situnu Solung
Tradisi
Mumi Panglima Perang Suku Dani di Negeri Aing   
Travel
Wajib Coba di Idul Adha, 4 Olahan Enak Daging Sapi
Indonesiaku
Wajib Coba di Idul Adha, 4 Olahan Enak Daging Sapi

Mulai dari sajian berkuah, berempah-rempah, hingga gurih.

Cara Bumilangit Membumikan Kisah Si Buta Dari Gua Hantu
Indonesiaku
Cara Bumilangit Membumikan Kisah Si Buta Dari Gua Hantu

Di tahun 2017, proyek Si Buta dari Gua Hantu pertama kali muncul di Facebook.

Kerupuk Melarat, Camilan Bebas Minyak Khas Negeri Aing
Kuliner
Kerupuk Melarat, Camilan Bebas Minyak Khas Negeri Aing

Kerupuk warna-warni ini digoreng menggunakan pasir.

Kemenparekraf Kembangkan Wisata Halal di Indonesia
Travel
Kemenparekraf Kembangkan Wisata Halal di Indonesia

Indonesia sangat berpotensi memiliki destinasi wisata halal.

Wisatawan Indonesia Lebih Suka ‘Staycation’
Travel
Wisatawan Indonesia Lebih Suka ‘Staycation’

Memprioritaskan pengalaman sebagai bagian dari paket menginap.