Mengenal Lebih Dekat Es Goyang, Jajanan Unik nan Lezat Negeri Aing

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Kamis, 04 Februari 2021
Mengenal Lebih Dekat Es Goyang, Jajanan Unik nan Lezat Negeri Aing
Kuliner unik dan lezat Negeri Aing (Foto: instagram @separuhakulemak)

BAGI anak-anak yang lahir di tahun 90-an, tentu tak asing lagi dengan jajanan unik yang bernama Es Goyang. Jajan yang satu ini cukup populer pada zamannya.

Biasanya es goyang banyak ditemukan di sekitar Sekolah Dasar (SD). Jarang sekali penjual yang berjualan keliling.

Baca Juga:

Kuliner Negeri Aing, Bubur Ase Bercita Rasa 3 Budaya

Disebut sebagai 'Es Goyang' bukan berarti para pembeli yang memakan es ini akan langsung bergoyang, atau penjual es menjajakan jualannya sambil bergoyang. Nama Es Goyang berasal dari pembuatan es dengan cara menggoyang-goyangkan gerobak.

Cara membuat es goyang cukup mudah. Pertama yakni tuangkan bahan-bahan yang sudah dicampur dengan mencapai kekentalan tertentu ke dalam cetakan.

Tampilan gerobak Es Goyang yang khas (Foto: instagram @etalaseserpong)

Kemudian, cetakan itu dimasukkan ke wadah pendingin yang berisi bongkahan es. Biasanya, gerobak penjual es goyang, memiliki wadah pendingin yang cukup besar pada bagian tengahnya.

Sebelum adonan es tersebut mendingin, es goyang dibubuhi tusukan, untuk pegangan saat es dinikmati. Kemudian, barulah gerobak digoyang-goyangkan, agar adonan es membeku dengan rata.

Setelah itu, es di celupkan ke dalam cairan coklat dan siap dinikmati. Selain coklat, ada pula penjual yang menyediakan toping tambahan seperti kacang tanah bubuk dan meises. Es Goyang cocok dinikmati saat cuaca panas, atau di sore hari sambil menikmati senja.

Adapun bahan-bahan pembuatan es goyang terbilang sangat sederhana. Adonan es terdiri dari campuran santan kelapa, gula pasir, perasa serta tepung hunkue.

Baca Juga:

Peranti Saji Kuliner Khas Negeri Aing

Sedikit informasi, tepung hunkue merupakan tepung yang terbuat dari tumbukan kacang hijau. Tepung jenis itu bisa kamu temukan di pasar tradisional.

View this post on Instagram

A post shared by Will n Win (@will_n_win)

Selain rasa coklat dan kacang hijau, beberapa penjual es goyang juga banyak yang membuat variasi rasa, dengan menambahkan rasa buah segar seperti alpukat, stroberi hingga durian.

Selain memiliki rasa yang nikmat, harga es goyang juga sangat terjangkau. Hanya dengan Rp2.000 - Rp3.000 per potong, kamu sudah bisa merasakan nikmatnya es goyang yang berlumur coklat. Teksturnya yang lembut akan terasa 'melting' di mulut.

Namun sayangnya, saat ini penjual es goyang sudah mulai langka. Terlebih saat pandemi COVID-19 sekolah-sekolah masih sepi karena para murid belajar online dari rumah. Seperti yang diketahui, penjual es goyang biasa mangkal di depan-depan sekolah. (Ryn)

Baca Juga:

Makanan Serbagoreng di Negeri Aing

#Februari Kulineran Di Negeri Aing #Kuliner Unik
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan