Kuliner
Kuliner Negeri Aing, Bubur Ase Bercita Rasa 3 Budaya Bubur Ase khas Betawi. (foto: kemendikbud.go.id)

BUBUR ayam sudah menjadi makanan khas di Cirebon, Cianjur, dan Sukabumi. Namun, meskipun ketiga bubur itu sudah lazim menjadi menu sarapan warga Jakarta, ternyata ada kuliner khas Betawi yang juga berupa bubur ayam, namanya bubur ase. Hidangan ini memiliki keunikan dibandingkan bubur nasi kebanyakan. Bubur nasi ini dilengkapi bahan-bahan asinan dan kuah semur, menghasilkan paduan cita rasa yang tak biasa.

Ditilik dari bahan-bahan yang digunakan, setidaknya dalam semangkuk Bubur Ase terdapat pencampuran tiga kebudayaan, yaitu Tionghoa, Timur Tengah, dan Eropa. Karena proses akulturasi makanan bersifat timbal balik, banyak unsur makanan asing ini yang diserap penduduk lokal Betawi.

BACA JUGA:

Peranti Saji Kuliner Khas Negeri Aing

Bahan makanan yang dibawa atau dikembangkan pendatang Tionghoaa yang terdapat dalam Bubur Ase adalah taoge, tahu, dan kecap. Sedangkan pengaruh Eropa terekam dalam semur yang berasal dari bahasa Belanda, Smoor.

Penggunaan kecap dalam semur merupakan bagian dari pengaruh Tionghoa, sedangkan penggunaan rempah-rempah dalam racikan bumbu semur merupakan pengaruh dari Timur Tengah. Perpaduan tiga budaya ini oleh masyarakat lokal diracik menjadi hidangan Semur Betawi yang sangat terkenal hingga saat ini.

bubur ase
Disantap bersama asinan. (foto: kemendikbud.go.id)

Seperti menu bubur lain, bubur ase juga biasa dinikmati sebagai sarapan. Namun, tidak seperti bubur ayam yang memiliki sumber protein dari daging ayam, bubur ase disantap bersama kuah ase dan asinan, ditambah dengan taburan kacang tanah goreng, kucai, kacang kedelai goreng, teri goreng, dan kerupuk.

Sajian ini dikenal juga dengan sebutan ‘bubur dingin’ karena saat menyantapnya, bubur nasi tidak perlu dalam kondisi panas, seperti sajian bubur lain. Bubur nasi ini boleh tersaji dalam suhu ruang, tapi kuah ase yang akan dituangkan harus panas. Percampuran keduanya menjadi hangat.

Ase atau kuah ase merupakan istilah dalam bahasa Betawi untuk menyebutkan semur encer. Sebab, Semur Betawi yang sebenarnya adalah tidak berkuah banyak dan bumbunya pekat, berbeda dengan semur yang digunakan sebagai kuah Bubur Ase ini. Kuah Ase berisi potongan daging, kentang, dan ada juga yang menambahkan tahu atau telur. Sumber lain ada yang mengatakan bahwa kata ase merupakan akronim dari asinan–semur.

bubur ase
Hanya ditemui di hari-hari tertentu. (foto: jakarta-tourism)

Cita rasa asinan yang asam-pedas-segar menciptakan harmonisasi rasa yang pas dengan kuah ase yang manis-gurih. Kesimbangan rasa asam, gurih, pedas, dan manis yang pas menjadi rahasia kelezatan bubur ase. Taburan ikan teri, kacang tanah dan kerupuk semakin menyempurnakan cita rasanya.

Dahulu, paling tidak sampai tahun 1980-an, Bubur Ase dijajakan oleh pedagang keliling. Namun, kini hanya ada di beberapa kampung di wilayah Jakarta Pusat, seperti Tanah Abang, Kebon Sereh, dan Kemayoran. Tempat lain yang masih dijumpai ada penjual Bubur Ase di Cipulir, Jakarta Selatan.

Memang tidak banyak yang mampu meracik dengan sempurna jenis kuliner ini, itu sebabnya jarang ditemui penjualnya. Ia baru keluar saat diselenggarakan kegiatan bazar pada hari-hari besar, terutama pada HUT Kota Jakarta.(aru)

Bawang Bikin Bau Badan?
Fun
Makan Tanpa Sendok-Garpu Lebih Nikmat
Fun
Bawang Bikin Bau Badan?
Fun
Makan Tanpa Sendok-Garpu Lebih Nikmat
Fun
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Mungkinkah Ada Film John Wick 5?
ShowBiz
Mungkinkah Ada Film John Wick 5?

Rumor mengatakan produksi film John Wick 5 dibarengi dengan John Wick 4.

Suka pada Orang Lain Padahal Udah Punya Pacar?  Intip 3 Pencerahan Ini
Fun
Lansia Memiliki Waktu Tidur Lebih Singkat
Fun
Lansia Memiliki Waktu Tidur Lebih Singkat

Waktu tidur lansia yang normal yaitu sekitar 6-7 jam sehari.

Sony Desain Ulang Bagian Internal PlayStation 5
Fun
Sony Desain Ulang Bagian Internal PlayStation 5

Perlu ada perombakan pada PlayStation 5.

Rekomendasi 4 Sepatu Golf Stylish untuk Perempuan
Fashion
Rekomendasi 4 Sepatu Golf Stylish untuk Perempuan

Sepatu golf stylish untuk perempuan guna tampil standout di lapangan.

Mengenal Asal Muasal dan Perjalanan Odong-Odong di Jakarta
Fun
Mengenal Asal Muasal dan Perjalanan Odong-Odong di Jakarta

Yuk kenali kapan odong-odong muncul di Jakarta dan seperti apa perkembangannya

Melihat Destinasi Wisata Reliji di Seputaran Masjidilaqsa
Travel
Melihat Destinasi Wisata Reliji di Seputaran Masjidilaqsa

Dikenal sebagai titik awal Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan ke langit ketujuh.

Busana Terbaik di Red Carpet iHeartRadio Music Awards 2021
ShowBiz
Sudah Remaja lalu Gigi Tanggal, Apa Bisa Tumbuh Lagi?
Fun
Sudah Remaja lalu Gigi Tanggal, Apa Bisa Tumbuh Lagi?

Kebiasaan sehari-hari ternyata dapat memicu gigi copot, seperti membuka tutup botol.

Anak Demam Santai Saja ya
Fun
Anak Demam Santai Saja ya

Kenali tips penanganan yang tepat bila anak demam