Kuliner
Si Cantik Kembang Goyang, Suguhan Khas Lebaran ala Betawi Kue Kembang Goyang, salah satu kue khas lebaran yang menjadi favorit(foto: instagram @yeniselfiani_brahmana)

KUE kembang goyang merupakan salah satu kue kering asal Betawi. Kue ini menjadi suguhan khas warga Betawi saat menyambut tamu yang datang bersilaturahim.

Namun sayangnya, saat ini popularitas kue legendaris 'kembang goyang' cukup menurun. Hal itu seiring dengan kian banyaknya beragam jenis kue yang bermunculan.

Baca Juga:

Setup Roti Kurma, Legit untuk Buka Puasa

Kue kembang goyang merupakan sebuah jajan kuno yang masih punya penggemar setia. Nama 'kembang goyang' berasal dari bentuknya yang menyerupai kelopak kembang serta proses pembuatannya digoyang-goyang hingga adonan kue terlepas dari cetakan.

Kue Kembang Goyang merupakan kue Khas Betawi yang biasa disuguhkan saat Hari Raya Idul Fitri (foto: instagram @cakearjunahomemade)

Kue Kembang Goyang terbuat dari tepung beras. Namun, seiring perkembangannya, kue kembang goyang mengalami penambahan sejumlah varian rasa.

Beberapa tetes essens frambozen, essens pandan serta biji wijen sebagai varian rasa, membuat penampilan kembang goyang tampak begitu menarik. Selain terdapat varian rasa, kembang goyang juga hadir dengan berbagai varian bentuk cetakan.

Tak banyak yang tahu, kue ini ternyata terinspirasi dari perhiasan yang dijadikan hiasan sanggul atau konde para pengantin Jawa. Hal itu lantaran bunga yang dipasang di sanggul bergerak atau bergoyang, akan terlihat cantik.

Selain menjadi suguhan khas pada hari raya Idul Fitri, Kue Kembang goyang juga biasa di suguhkan oleh Masyarakat Betawi pada acara-cara hajatan. Salah satu alasan kue tradisional nusantara ini disajikan untuk tamu yang bersilaturahmi, yakni karena kembang goyang memiliki rasa yang renyah dan gurih.

Baca juga:

Si Manis Bingka Barandam Menu Incaran untuk Berbuka

Selain itu, kue kembang goyang juga dikenal sebagai kue kembang loyang atau kue loyang di Sumatra. Sementara bagi masyarakat Bali, khususnya pemeluk agama Hindu, Kue Kembang goyang merupakan salah satu isi sesajian pada hari raya keagamaan, seperti hari raya Nyepi.

Membuat kue kembang goyang cukup mudah dan bahan-bahannya mudah didapatkan (Foto: instagram @recipe_made)

Adapun tata cara pembuatan kue Kembang Goyang yang sudah mulai langka di pasaran ini. Pertama-tama kamu harus mempersiapkan bahan-bahan seperti telur ayam, gula pasir, tepung beras yang telah di ayak, tepung sagu yang telah diayak, santan, kepala, minyak goreng dan wijen putih.

Kemudian, tahap pembuatannya diawali dengan mengocok telur ayam dengan gula hingga mengembang. Setelah itu, masukkan tepung beras, tepung sagu, garam, santan dan wijen putih.

Selanjutnya, adonan yang sudah dicampur tersebut, diaduk hingga tercampur rata dan licin.

Kemudian, proses selanjutnya yakni penggorengan. Caranya, panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak, kemudian celupkan cetakan kembang goyang ke dalam adonan, dan jaga jangan sampai permukaan cetakan ikut tertutup oleh adonan.

Lalu, setelah minyak panas, segera masukan cetakan yang sudat berbalut adonan ke dalam minyak, namun jangan sampai menyentuh dasar wajan. Kemudian, goreng seraya menggoyang-goyangkan cetakan hingga adonan terlepas. Kemudian, bila adonan sudah berwarna kekuningan, segera angkat lalu tiriskan. (Ryn)

Baca juga:

Es Tebak Segar Favorit Sajian Berbuka dari Ranah Minang

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Serangan Migrain Meningkat di Masa Pandemi
Hiburan & Gaya Hidup
Serangan Migrain Meningkat di Masa Pandemi

Ada peningkatan dramatis 70 persen.

Tablet Khusus Anak Huawei MetaPad T10 Kids Edition Cuma Rp2 jutaan
Fun
Tablet Khusus Anak Huawei MetaPad T10 Kids Edition Cuma Rp2 jutaan

Gadget ini diklaim aman digunakan oleh anak karena memiliki fitur yang merangsang buah hati berkreasi.

Google Larang Iklan Layanan Pemantauan Orang Lain Tanpa Izin
Fun
Google Larang Iklan Layanan Pemantauan Orang Lain Tanpa Izin

Pada pembaruan kebijakan iklan Google, disebutkan larangan itu berlaku untuk spyware serta teknologi yang digunakan untuk ....

Bekerja Bersama Membangkitkan Pariwisata Bali
Travel
Bekerja Bersama Membangkitkan Pariwisata Bali

Produsen Bir Bintang ikut peduli keamanan wisata di Bali.

Manfaat Kesehatan di Balik Baking Soda
Fun
Makan Malam Romantis di Dalam Mobil Van
Fun
Makan Malam Romantis di Dalam Mobil Van

Pelayanan terbaru yang terbilang unik ini disediakan oleh sebuah hotel di kota Witten, Jerman.

Apakah Salah Jadi Orang Terlalu Percaya Diri?
Fun
Apakah Salah Jadi Orang Terlalu Percaya Diri?

Kenali Dulu Jenis-Jenis Overconfidence Menurut Ahli.

Sambut Bulan Ramadan, WeTV Hadirkan Serial 'Ustad Milenial'
ShowBiz
Sambut Bulan Ramadan, WeTV Hadirkan Serial 'Ustad Milenial'

Dibintangi sejumlah artis ternama Tanah Air.

Mesranya Ikang Fawzi dan Marissa Haque di Usia Pernikahan Ke-34
ShowBiz
Mesranya Ikang Fawzi dan Marissa Haque di Usia Pernikahan Ke-34

Setelah mengikat janji suci pada tanggal 3 Juli 1986, kini mereka tengah merayakan ulang tahun pernikahannya yang ke-34.

Air Jordan 11 Rilis Sepatu Special Edition Memperingati Anniversary ke-25
Fashion