Mengenal 'Benang Tuhan', Pasta Terlangka di Dunia Pasta terlangka di dunia terancam punah (Foto: odditycentral)

KOTA kecil Nuoro, di pulau Sardinia Italia, adalah rumah bagi apa yang disebut banyak orang sebagai pasta paling langka di dunia, suguhan rumit buatan tangan yang hanya bisa dibuat oleh segelintir orang.

Dikenal sebagai su filindeu (dalam dialek Sardo Sardinia), atau Fili di Dio (dalam bahasa Italia), dan diterjemahkan sebagai benang Tuhan, pasta tradisional ini telah dikaitkan dengan La Festa di San Francesco, sebuah ritual keagamaan kuno yang dirayakan setiap tahun, pada bulan Mei .

Baca Juga:

Teknik Ahli Kuliner Merebus Telur, Dijamin Enak dan Pas

Selama dua ratus tahun terakhir, satu-satunya cara untuk mencoba benang pasta Tuhan adalah dengan menyelesaikan ziarah sepanjang 33 km dengan berjalan kaki atau menunggang kuda dari Nuoro ke desa Lula.

Tetapi, karena hidangan suci ini dalam bahaya serius dan terancam punah, hanya tiga wanita di dunia yang tahu cara membuatnya, dan berusaha menyelamatkannya dengan membuatnya lebih mudah diakses.

Paola Abraini, 67 tahun, mempelajari keterampilan membuat pasta 'Benang Tuhan' dari ibunya, yang juga mempelajarinya dari ibunya, dan seterusnya selama beberapa generasi.

Pasta paling langka di dunia terancam punah (Foto: instagram @rr_obscura)

Namun, hanya satu dari dua putrinya yang mengetahui teknik dasar, tetapi tidak memiliki semangat dan kesabaran yang diperlukan untuk menjalankan tradisi keluarga.

Satu-satunya dua wanita lain yang berhasil dia berikan ilmunya yakni keponakan Abraini dan adik iparnya, yang tidak memiliki anak perempuan untuk diwariskan. jadi su filindeu terancam punah.

Dalam beberapa tahun terakhir, Paola Abraini menjadi sangat putus asa untuk menyimpan pasta yang sangat dia sukai, sehingga dia pergi ke pihak berwenang setempat untuk membantu mendirikan sekolah bagi gadis-gadis yang ingin menjadi pembuat su filindeu.

Tampilan detail pasta 'benang tuhan' (Foto: pixabay/antonellafancelo)

Mereka mengatakan kepadanya bahwa tidak ada uang untuk sekolah, jadi dia memutuskan untuk mengundang gadis-gadis ke rumahnya dan mengajar mereka.

Namun hal itu juga tidak berjalan dengan baik, karena membuat benang tuhan bukanlah hal yang termudah di dunia.

"Itu tidak berjalan dengan baik, Masalahnya adalah, begitu mereka melihat bagaimana saya benar-benar melakukannya, mereka akan berkata, terlalu banyak prosesnya, dan tidak mau kembali," kata Abraini kepada BBC.

Tapi dia menolak untuk menyerah, dan sejak itu diundang ke Roma untuk memamerkan keterampilan membuat su filindeu, oleh majalah makanan dan anggur Gambero Rosso.

Dia juga mulai membuat pasta langka untuk beberapa restoran di ibu kota Italia, untuk disajikan kepada non-peziarah untuk pertama kalinya. Hal itu dilakukan dalam upaya untuk menyelamatkan hidangan langka tersebut.

Lantas mengapa benang pasta dewa begitu sulit dibuat? Pasta tersebut hanya terdiri dari tiga bahan yakni bunga semolina, air dan garam.

Tetapi, karena semuanya dibuat dengan tangan, prosesnya cukup melelahkan. Setelah bahan-bahan tercampur, adonan diuleni dalam waktu yang sangat lama untuk meregangkan gluten, kunci untuk membuat untaian yang sangat panjang dan tipis. Setelah cukup fleksibel, peregangan dimulai.

Baca Juga:

Wisata Indonesia 4 Kuliner Khas Penajam Paser Utara yang Super Lezat

Paola Abraini menggulung adonan menjadi 8 helai panjang dan tipis, lalu melipatnya, memotongnya menjadi dua, dan merentangkannya lagi.

Proses ini diulangi 32 kali, sampai diperoleh 256 benang pasta yang sangat tipis. Hanya untuk mengetahui seberapa tipis pasta tersebut, ketebalannya sekitar setengah dari pasta angel hair yang lebih terkenal.

Kemudian untaiannya direntangkan di atas nampan bulat dan datar yang disebut fundu, dalam tiga lapisan yang saling tumpang tindih. Setelah itu dibiarkan di bawah sinar matahari selama beberapa jam, hingga kering.

Lapisan pasta saling menempel, sehingga menciptakan desain seperti kain. 'Potongan permadani' yang bisa dimakan ini kemudian dipecah dan dimasak.

Prosesnya cukup mudah untuk dipahami, tetapi untuk membuatnya dengan benar, tampaknya menjadi masalah bagi kebanyakan orang, bahkan juru masak berpengalaman.

“Banyak orang mengatakan bahwa saya memiliki rahasia yang tidak ingin saya ungkapkan, Tapi rahasianya ada di depanmu. Itu ada di tanganku,” kata Abraini seperti yang dikutip dari laman odditycentral.

Pada tahun 2015, tim insinyur dari merek pasta yang terkenal secara internasional, Barilla, mengunjungi thread of god master, dan berharap menemukan cara untuk mereproduksi pasta dengan mesin.

Namun, mereka rupanya gagal. Kemudian, chef superstar Jamie Oliver mengunjungi Abraini dan mencoba mempelajari tekniknya, tetapi menyerah setelah dua jam mencoba. Ini hanya salah satu contoh yang coba membuat pasta langka tersebut, ratusan lainnya telah mencoba dan gagal.

Menurut Ark of Taste dari Slow Food International, sebuah proyek yang bertujuan untuk mengklasifikasikan dan melestarikan tradisi kuliner paling terancam punah di dunia. Dari hampir 4.000 item yang terdaftar, su filindeu adalah pasta yang paling langka dan paling terancam punah di dunia. (Ryn)

Baca Juga:

Berkunjung ke Calon Ibu Kota? 6 Kuliner Ini Pasti Bikin Kamu Ngiler

Tag
LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Biar Survive, Kenali Pemicu Pertengkaran saat LDR
Hiburan & Gaya Hidup
Biar Survive, Kenali Pemicu Pertengkaran saat LDR

Para pejuang LDR harus tahu ini.

Eiichiro Oda Akhirnya Ungkap Kapan One Piece akan Tamat
ShowBiz
Eiichiro Oda Akhirnya Ungkap Kapan One Piece akan Tamat

Apa masa kecilmu ditemani oleh manga karya Oda ini?

Panggung Kpop Penuh Tragedi
ShowBiz
Panggung Kpop Penuh Tragedi

Idola Kpop tidak bebas dari bencana besar.

Jelang Natal, Temukan Sinterklas di Google
Fun
Jelang Natal, Temukan Sinterklas di Google

Pria tua berjenggot putih dan bertopi merah ini kabarnya akan datang di malam Natal melalui cerobong asap rumah.

Tiga Nutrisi Penting yang Tak Boleh Terlupakan Saat Diet
Fun
Tiga Nutrisi Penting yang Tak Boleh Terlupakan Saat Diet

Karena, diet penurun berat badan yang baik, merupakan diet yang tak hanya baik untuk lingkar perut

 Ini Waktu Paling Tepat Makan Malam Biar Berat Badan Cepat Turun
Fun
Ini Waktu Paling Tepat Makan Malam Biar Berat Badan Cepat Turun

Masih suka makan malam di waktu yang tidak tepat?

2021, Hotel Star Wars akan Resmi Dibuka
Travel
2021, Hotel Star Wars akan Resmi Dibuka

Dinamai sebagai Star Wars: Galactic Starcruiser.

Mural Bertema Virus COVID-19 Hiasi Kampung Pink Tangerang
ShowBiz
Mural Bertema Virus COVID-19 Hiasi Kampung Pink Tangerang

Seniman membuat mural bertema virus Covid-19 di Kampung Pink, Kota Tangerang, Banten

Di Tengah Momok Virus Corona, Taj Mahal Tingkatkan Jumlah Pengunjung
Fun
Di Tengah Momok Virus Corona, Taj Mahal Tingkatkan Jumlah Pengunjung

Semenjak dibuka kembali pada bulan September, pihak pengelola hanya diperbolehkan menerima pengunjung maksimal 10.000 per hari.

Terungkap! Ini Alasan Mengapa Iron Man Jadi Film Pembuka MCU
ShowBiz
Terungkap! Ini Alasan Mengapa Iron Man Jadi Film Pembuka MCU

Seperti dalam film Iron Man, Tony Stark adalah seorang yang jenius.