Teknik Ahli Kuliner Merebus Telur, Dijamin Enak dan Pas Kenali cara membuat telur rebus yang pas menurut ahli kuliner (Foto: pixabay/charly_7777)

MEMASAK telur bisa secepat dan sesederhana yang kamu suka. Makanan yang sangat praktis untuk sarapan ini juga kaya akan gizi. Telur merupakan sumber protein yang tak pernah absen di dapur.

Setiap orang memiliki cara dalam mengolah telur. Ada yang digoreng dan yang paling mudah direbus. Tapi asal kamu tahu nih, meski terlihat mudah, belum tentu cara merebus telur yang kamu lakukan sudah benar. Jika salah cara, telur bisa masih mentah atau terlalu matang.

Baca juga:

Amankah Konsumsi Telur Mentah? Ini Penjelasannya

Ada cara yang pas dalam merebus telur untuk memperoleh hasil yang sempurna (Foto: pixabay/ivabalk)



Seperti yang dilansir dari metro.co.uk, penulis kulier M.F.K Fisher pada bukunya How to Cook a Wolf (1942), mengatakan merebus merupakan cara terbaik menyajikan telur. Fisher pun membagikan tips singkat bagaimana cara merebus telur yang benar.

Baca juga:

Uniknya Fenomena Telur Berdiri di Hari Peh Cun

Menurut Fisher di dalam bukunya, ada dua buah metode yang tepat dalam membuat telur rebus. Metode pertama yakni pastikan air rebusan mendidih dulu sebelum merebusnya. Telur juga harus sudah dialiri air dingin sebelum direbus. Cara ini akan membuat telur matang sempurna dan mudah dikupas kulitnya.

Ada dua buah metode merebus telur yang pas menurut ahli kuliner (Foto: pixabay/lisaredfern)

Namun berbeda dengan metode kedua yang disarankan Fisher. Ia menyarankan mencelupkan telur ke dalam air rebusan yang masih dingin terlebih dulu. Kemudian rebus dengan api besar hingga mendidih dan tiriskan telur.

Metode kedua ini akan menghasilkan telur rebus yang lembut, dengan kuning yang masih meleleh. Selain itu, metode tersebut sangat cocok bagi kamu yang menyukai telur rebus setengah matang. Namun dengan catatan, waktu dalam merebus harus pas sesuai dengan yang kamu inginkan. (ryn)

Baca juga:

Kenapa Paskah Identik dengan Telur ?

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala