Teknologi

Mengapa Tampilan Waktu di Iklan Apple Selalu Sama?

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Rabu, 29 November 2023
Mengapa Tampilan Waktu di Iklan Apple Selalu Sama?
Apple menampilkan pukul 09.41 di semua lini. (Foto: Unsplash/Sumudu Mohottige)

PERNAHKAH kamu memperhatikan bahwa setiap produk Apple seperti iPhone, iPad, atau Mac, menampilkan waktu yang sama di setiap iklannya? Ternyata hal itu bukanlah suatu kebetulan.

Jika kamu adalah penggemar Apple dan telah mengikuti perusahaan ini selama beberapa waktu, kamu pasti sudah tahu bahwa Apple memperhatikan detail terkecil yang mungkin mudah terlewatkan oleh pengguna pada umumnya.

Misalnya, ikon pada pusat kontrol iPhone akan bergerak setiap kali kamu mengaktifkan atau menonaktifkan fitur, atau bagian depan Apple Watch memberikan feedback saat mencapai akhir halaman.

Semua ini menambah pengalaman premium yang disediakan oleh perangkat Apple. Ada alasan mengapa Apple menampilkan waktu yang sama, yaitu 9:41 pagi pada perangkatnya di semua konten iklan, termasuk foto, video, iklan, dan iklan TV.

Sebermula Apple biasa mencetak pukul 9:42 pagi pada perangkatnya. Kamu mungkin akan terkejut mengetahui alasan di balik hal ini, dan mengapa perusahaan beralih ke pukul 09:41.

Baca juga:

TikTok Sinkronkan Lagu Favorit di Spotify, Apple Music, dan Amazon Music

Steve Jobs memamerkan iphone pertama pada pukul 09.41. (Foto: Unsplash/Bangyu Wang)
Steve Jobs memamerkan iphone pertama pada pukul 09.41. (Foto: Unsplash/Bangyu Wang)

Menurut laporan Slashgear, pada 2007 CEO Apple Steve Jobs mengumumkan iPhone pertama sekitar 42 menit setelah acara utama Apple. Acara utama dimulai pada pukul 09:00. IPhone pertama, yang merevolusi industri ponsel pintar, muncul di layar di belakang Jobs pada pukul 09:42.

Oleh karena itu, sebagai penghormatan terhadap momen yang bersejarah ketika Jobs mengumumkan iPhone, Apple menggunakan waktu yang sama di seluruh gambar promosi produknya, termasuk iPhone, MacBook, dan iPod.

Hingga akhirnya iPad pertama kali diluncurkan pada 2010 dengan jam 09:41 pagi sebagai waktu di layar. Pada 2010, Scott Forstall, mantan kepala iOS, mengungkapkan rahasia di balik waktu tetap pada perangkat Apple kepada Jon Manning dari Secret Lab.

Menurut Forstall, Apple mendesain keynote sehingga pengungkapan besar itu terjadi sekitar 40 menit setelah presentasi.

Alhasil saat produk muncul di layar di belakang Jobs, waktu yang ditampilkan pada produk akan mendekati waktu yang sebenarnya di jam tangan penonton.

Namun, untuk mengantisipasi kemungkinan penundaan, perusahaan menambahkan dua menit pada waktu tampilan iPhone. Inilah sebabnya mengapa beberapa produk Apple pertama selalu menampilkan pukul 09:42.

Baca juga:

Apple Kembangkan iPad Mini dengan Layar OLED 8,7 Inci

Yang berbeda hanyalah Apple Watch. (Foto: Unsplash/Raagesh)
Yang berbeda hanyalah Apple Watch. (Foto: Unsplash/Raagesh)

Apple menggunakan pendekatan yang sama untuk ipad keluaran pertama. Pada dasarnya ini adalah peraturan yang tidak tertulis bahwa seluruh lini produk apple hingga saat ini menunjukan pukul 09:41 di setiap iklannya.

Namun, ada pengecualian, yakni Apple Watch. Berbeda dari merek jam tangan lain yang umumnya menampilkan jarum penunjuk jam pada angka 10 dan jarum penunjuk menit pada angka 2, Apple memilih untuk menampilkan angka 10:09.

Meskipun tidak ada penjelasan resmi dari pihak Apple terkait pilihan ini, hal ini diyakini bahwa mereka mungkin melakukannya untuk menampilkan jam mereka satu menit lebih cepat daripada merek lain. Ini tanda kemajuan atau keunggulan mereka. (aqb)

Baca juga:

Apple Perpanjang Akses Gratis Fitur Emergency SOS untuk iPhone 14

#Teknologi #Apple
Bagikan
Bagikan