Teknologi

Apple Kembangkan iPad Mini dengan Layar OLED 8,7 Inci

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 22 November 2023
Apple Kembangkan iPad Mini dengan Layar OLED 8,7 Inci
Apple dikabarkan sedang mengembangkan iPad Mini. (Foto: Apple)

APPLE sudah lama punya niat untuk menghadirkan teknologi OLED pada jajaran produk iPad. Kini, sebelum 2023 berakhir, niat tersebut ternyata sudah mereka wujudkan namun masih dalam tahap pengerjaan.

Slashgear pekan ini memberitakan bahwa ETNews dalam artikelnya mengatakan Apple tengah mengembangkan OLED single-stack untuk iPad Mini dan iPad Air yang bakal rampung di 2026. Bahkan, Apple tengah menggarap layar iPad mini yang lebih besar menjelang tanggal rilis yang sama.

Baca Juga:

Apple Segera Luncurkan iPad Generasi Terbaru

Menurut laporan tersebut, layar LCD 8,3 inci di model sekarang akan digantikan oleh layar OLED 8,7 inci pada model berikutnya. ETNews juga menyatakan bahwa model iPad akan secara bertahap beralih ke OLED.

Layar LCD 8,3 inci model saat ini akan digantikan oleh layar OLED 8,7 inci pada model berikutnya. (Foto: Apple)

Informasi ini datang dari road map yang bocor, menjelaskan iPad Air 12,9 inci dengan OLED diperkirakan akan dirilis pada 2027, atau tepatnya ketika iPad Air 12,9 inci dirilis. ETNews juga memberikan informasi bahwa kita harus menantikan iPad Pro 11 inci dan 12,9 inci baru dengan OLED dan ProMotion.

Meski tanggal rilis resminya belum diumumkan, perubahan layar ke OLED ini tidak dapat dihindari Apple. Perusahaan ini beralih ke teknologi Mini LED pada peningkatan iPad terakhir dua tahun lalu, tapi itu tidak banyak perbaikan dibandingkan layar LCD. Jadi, OLED adalah langkah selanjutnya, mengingat kualitas tampilan dan efisiensi daya yang superior.

Baca Juga:

Apple Mungkin Gunakan Chip M3 dan Hadirkan Layar OLED di iPad 2024

Meski begitu, hingga saat ini Apple belum mengumumkan peningkatan apa pun pada lini produk iPad. Ini merupakan periode jeda sejak peluncuran perangkat pada tahun 2010. Ketidakaktifan ini tercermin dalam laporan keuangan terbaru Apple, yang menunjukkan penurunan signifikan dalam penjualan iPad dibandingkan dengan produk lainnya. Ini memberikan dorongan yang lebih kuat untuk mengharapkan pembaruan besar pada tahun 2024.

Perpindahan mini LCD ke OLED tidak dapat dihindari apple. (Foto: Apple)

Apple mencari sesuatu yang besar untuk merangsang antusiasme dan meningkatkan penjualan. Spekulasi tentang penggunaan layar OLED yang telah lama dinantikan mungkin menjadi jawabannya.

Mark Gurman dari Bloomberg membagikan pandangan serupa dalam buletin Power On-nya belum lama ini, dengan keyakinan bahwa Apple akan melakukan revolusi pada seluruh lini iPad pada 2024. Ming Chi-Kuo, seorang analis Apple terkenal, mendukung klaim ini melalui artikel di Medium yang meramalkan produksi massal dua iPad OLED oleh Apple pada 2024. (aqb)

Baca Juga:

Apple MacBook M3 Diprediksi Tak akan Meluncur di 2023

#Teknologi #Apple #IPad
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan