Mengaku Sebagai Anak Muda Berjiwa Bebas? Penting Lakukan 4 Hal Ini! Anak muda berjiwa bebas bukan sekadar eksis di media sosial, penting juga untuk peduli akan lingkungan (Foto: Pixabay/Free-Photos)

KONDISI bumi beberapa tahun kebelakang memang sudah mulai memprihatinkan. Setiap generasi pastinya memiliki kiat-kiat tersendiri untuk mengatasi pemanasan global dan kerusakan permukaan bumi sesuai dengan perkembangan zaman.

Melansir dari laman Huffpost, saat ini memang kelestarian bumi menjadi prioritas di banyak tempat. Itu lah sebabnya begitu banyak orang yang tergerak untuk turut ambil bagian dalam aksi penyelamatan bumi.

Baca juga:

Gaya Hidup 'Zero-Waste' untuk Menjaga Bumi Tetap Eksis

Kini dengan kemajuan teknologi, menyuarakan kampanye menyelamatkan bumi sangat mudah dilakukan. Anak muda memiliki kesempatan yang banyak untuk bisa melaksanakan misi tersebut.

Sudah banyak anak muda yang menyadari betapa pentingnya kelestarian bumi sehingga banyak aksi-aksi kekinian yang bisa banget kamu lakukan sebagai anak muda. Mengaku memiliki jiwa bebas? Jangan hidup santai! Ayo ikut selamatkan bumi dengan kegiatan positif ini.

1. Biasakan Daur Ulang

Mengaku Sebagai Anak Muda Berjiwa Bebas? Penting Melakukan 4 Hal Ini!
Biasakan daur ulang (Foto: Pixabay/Clker-Free-Vector-Images)

Mendaur ulang barang yang sudah tidak terpakai atau sampah plastik masih jarang dilakukan kecuali oleh pabrik-pabril khusus daur ulang. Alasannya karena susah untuk dilakukan dan alat-alatnya tidak memadai.

Tetapi nyatanya membiasakan diri untuk mendaur ulang barang itu tidak sulit lho. Mulailah dari sampah-sampah dus bekas sepatumu yang bisa dijadikan kotak penyimpanan atau rak sepatu susun DIY.

2. Penghijauan

Mengaku Sebagai Anak Muda Berjiwa Bebas? Penting Melakukan 4 Hal Ini!
Penghijauan penting untuk bumi (Foto: Pixabay/Valiphotos)

Ingin jiwa bebasmu melaksanakan misi menyelamatkan bumi ke level yang lebih tinggi? Coba ikut kegiatan penghijauan yang kini mulai marak dilakukan.

Sebagai anak muda yang masih sehat secara jasmani, seharusnya bisa meyumbangkan sedikit energi untuk menanam pohon di lingkungan yang gersang. Aksi kecil yang kamu lakukan nantinya akan berguna bagi generasi selanjutnya.

Baca juga:

Bumi Lebih Hijau Sejak 20 Tahun Lalu, Terima Kasih China dan India

3. Gunakan Transportasi Umum

Mengaku Sebagai Anak Muda Berjiwa Bebas? Penting Melakukan 4 Hal Ini!
Gunakan transportasi umum (Foto: Pixabay/PublicCo)

Jangan mengeluhkan kondisi polusi di kotamu jika kamu sendiri masih menggunakan kendaraan pribadi setiap waktu. Memang tidak salah, tetapi ada baiknya juga kamu lebih sering menggunakan transportasi umum. Selain untuk mengurangi polusi udara, kamu juga turut andil dalam mengurangi kemacetan di jalan.

4. Minimalisir Sampah

Mengaku Sebagai Anak Muda Berjiwa Bebas? Penting Melakukan 4 Hal Ini!
Meminimalisir sampah (Foto: Pixabay/FitNishMedia)

Anak muda pasti tau kalau sekarang lagi zamannya memakai sedotan berbahan bambu atau stainless steel yang bisa dipakai berkali-kali.

Saat ini juga banyak bermunculan toko-toko dengan konsep zero waste yang mengharuskan para pelanggannya membawa wadah sendiri untuk membeli produk di sana.

Meminimalisir sampah dengan cara-cara seperti ini memang berdampak baik demi melestarikan bumi. Kalau tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi? (mar)

Baca juga:

5 Hal yang Harus Kamu Tahu Mengapa Plastik Bisa Menghancurkan Laut!



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH