Mengajarkan Musik Pada Anak Sejak Dini Ternyata Banyak Manfaatnya Lho Manfaat Anak Belajar Musik Sejak Dini (Foto: Pixabay/Khamkhor)

MUSIK merupakan suatu hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. banyak manfaat yang diberikan musik, terutama kepada anak yang sedang dalam masa perkembangan. Ketika bayi, banyak orang menyanyikan lagu anak-anak untuk menghiburnya. Hal ini dapat membantu bayi untuk mengenal cara bersosialisasi melalui musik.

Ada baiknya jika mengenalkan musik kepada anak sedini mungkin demi memaksimalkan potensi yang masih berada di dalam diri anak. Mendaftarkan les musik anak dapat membantunya belajar secara disiplin karena ada hari dan waktu yang sudah ditentukan.

Apa saja ya kira-kira manfaat mengenalkan musik kepada anak? Melansir laman praiseinmotion, berikut beberapa manfaat belajar musik pada anak sejak usia dini.

1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Mengajarkan Musik Pada Anak Sejak Dini Ternyata Banyak Manfaatnya Lho
Musik membantu meningkatkan rasa percaya diri anak (Foto: Pixabay/Alteredego)

Ketika anak les musik, mereka akan terbiasa menerima kritik dari guru lesnya. Di tahap ini lah anak akan belajar mana yang salah mana yang benar sehingga pada kehidupan sosial anak bisa lebih mengenali dirinya sendiri dan percaya diri karena terus menerus diasah kemampuannya.

2. Perkembangan Sel dalam Otak

Mengajarkan Musik Pada Anak Sejak Dini Ternyata Banyak Manfaatnya Lho
Perkembangan sel dalam otak (Foto: Pixabay/Tumisu)

Belajar musik sudah pasti mempelajari ketukan dan irama. Hal ini kemudian yang membantu anak untuk lebih cepat memahami pelajaran akademik di sekolah terutama bagaimana mengenali pola matematika, membagi, dan pecahan.

Baca juga:

Mendengar Musik saat Belajar Memberi Banyak Manfaat

Secara tidak langsung anak akan dituntut untuk menghafal pola lagu yang kemudian akan membantu mengembangkan memori jangka panjang anak sehingga pelajaran sekolah akan lebih mudah dicerna dan melekat pada otak.

3. Melatih Disiplin dan Sabar

Mengajarkan Musik Pada Anak Sejak Dini Ternyata Banyak Manfaatnya Lho
Melatih disiplin dan sabar (Foto: Pixabay/Mohamed_Hassan)

Mempelajari musik itu harus melalui beberapa tahap. Pertama ada yang namanya tahap baca atau hearing session. Ini adalah tahap di mana anak akan mengenali sebuah lagu baru yang akan dipelajari.

Baca juga:

Manfaat Mendengarkan Musik Saat Bepergian

Kemudian tahap selanjutnya mulai mengaplikasikannya pada alat musik. Kegiatan ini dapat membantu anak untuk tetap disiplin pada apa yang sedang ia kerjakan serta melatih kesabaran.

4. Menjaga Mood

Mengajarkan Musik Pada Anak Sejak Dini Ternyata Banyak Manfaatnya Lho
Menjaga mood anak (Foto: Pixabay/Gilmanshin)

Sudah bukan rahasia lagi kalau musik mampu menjaga mood kebanyakan orang. Tidak hanya orang dewasa yang dapat mendalami sebuah musik, anak juga memerlukan musik dalam kehidupan sehari-hari. Di usianya yang sedang mencari jati diri menghadapi dunia yang sebenarnya secara bertahap, emosi anak pasti naik turun.

Mendengarkan musik mampu meredakan emosi yang hampir meledak sehingga menenangkan jiwa dan pikiran anak. Dengan begitu anak terbiasa melatih mood dan emosi mereka. (mar)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH