Mendengar Musik saat Belajar Memberi Banyak Manfaat Musik membuat belajar lebih mudah dan menyenangkan. (foto: pixabay/rawpixel)

BELAJAR mungkin enggak akan masuk ke daftar teratas kegiatan favorit kamu. Namun, lain halnya dengan mendengarkan musik. Nah, biar belajar lebih menyenangkan, gabungkan saja keduanya.

Ternyata, belajar sambil mendengarkan musik enggak hany abikin semangat. Ada banyak manfaat dari belajar sambil mendengarkan musik.


1. Mengaktifkan Banyak Sel pada Otak

musik
Dengan musik, pelajaran jadi mudah masuk ke otak. (foto: pixabay/burst)

Musik yang kamu dengar sambil belajar ternyata bisa mengaktifkan hampir semua sel pada otakmu. Hal itu membuat otakmu menjadi lebih sehat dan selalu aktif. Kamu harus coba nih belajar sembari mendengar lagu. Pelaharan pun bisa cepat masuk ke otak.

2. Memperkuat Ingatan

musik
Mozzart effect memperkuat ingatanmu. (foto: pixabay/burst)


Beberapa ilmu meyakini keampuhan teori The Mozzart Effect. Mozzart Effect adalah efek yang timbul saat kamu belajar sambil mendengarkan musik. Kamu bisa memperkuat ingatan. Oleh karena itu, mendengarkan lagu apa pun dapat memperkuat kapabilitas mental pada dirimu.


3. Menyembuhkan Tubuh, Pikiran, dan Jiwa

musik
Musik bisa jadi obat. (foto: pixabay/rawpixel)

Dalam ringkasan buku Tapping the Power of Music to Heal the Body, Strengthen the Mind, and Unlock the Creative Spirit karya Don Campbell, teori The Mozart Effect menjelaskan bahwa musik juga bisa sebagai obat pada tubuh, pikiran, dan jiwamu.

Walaupun banyak peneliti modern yang mungkin belum pernah mendengar lagu-lagu Mozart, riset yang mereka lakukan tentang musik ini hampir sama dengan sebelumnya, yakni untuk menyembuhkan pikiranmu.


4. Meningkatkan Kreativitas

musik
Belajar sambil mendengarkan musik bikin kreatif. (foto: pixabay/burst)

Mendengarkan musik sambil belajar ternyata dapat meningkatkan kreativitas pada dirimu lho! Peneliti menggunakan musik, seperti lagu-lagu sonata dari Mozart, membuktikan bahwa alunan lagu yang kamu dengar ternyata berpengaruh sekali untuk beberapa fungsi mental, terutama untuk kreativitas yang penting untuk proses belajar.(dnz)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH