Menekan Bujet Nikah Agar Bisa Beli Rumah Bujet pernikahan masih bisa diutak-atik tanpa memberikan beban. (Foto: Pexels/Pixabay)

MENIKAH, peristiwa bahagia yang menjadi impian hampir semua orang. Menyatukan kedua insan beserta keluarga besar tentunya bukan perkara mudah. Diperlukan persiapan matang baik secara mental maupun finansial. Karena menikah bukan lagi dua tapi menjadi satu. Kamu dan pasangan sudah seharusnya mempertimbangkan banyak hal sebelum hari H. Apalagi jika belum ada perhitungan membeli rumah. Jangan sampai bujet habis hanya karena pestanya saja.

Melansir dari moneycrashers.com, generasi modern sebenarnya sudah lebih banyak mengetahui gambaran besar kondisi finansial setelah menikah dibanding generasi terdahulu. Orangtua banyak memberikan nasihat sehingga mempengaruhi pemikiran anak muda zaman sekarang. Soal acara pernikahan pun saat ini pasangan lebih memilih pesta yang sederhana dan minimalis karena sebagian uangnya akan digunakan untuk kebutuhan setelah menikah. Penasaran bagaimana triknya? Intip ulasan menari di bawah ini.

Baca Juga:

Rencana Menikah di Bali? Ini 5 Wedding Venue yang Ciamik

1. Sewa Kostum

sewa kostum pernikahan
Baju pernikahan sebaiknya menyewa saja. (Foto: Pixabay/maya_7966)

Salah satu cara memangkas biaya pernikahan adalah dengan menyewa gaun pengantin beserta kostum seluruh keluarga yang bersangkutan. Membeli kain berikut segala printilannya akan menipiskan kocek. Belum lagi ditambah ongkos penjahit. Sekarang banyak galeri kostum yang menyediakan paket yang sudah termasuk makeup sehingga biayanya pun akan semakin murah.

2. Hadiri Bazar Pernikahan

hadiri bazar pernikahan
Datanglah ke pameran pernikahan yang memberikan banyak harga promo. (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Mulailah mencari bazar pernikahan di daerah terdekat. Seringkali orang melewati bazar ini hanya karena merasa belum membutuhkannya. Padahal di acara seperti ini, vendor pernikahan sering mengadakan promo besar-besaran dengan batas waktu hingga tahunan. Kamu bisa booking dengan DP murah terlebih dahulu. Tenang saja, menggunakan promo kualitasnya tak kalah dengan harga normal.


Baca Juga:

Tubuh Gemuk Setelah Menikah Tandanya Bahagia, Benarkah?

3. Tempat resepsi

tempat resepsi pernikahan
Jangan ambil tempat resepsi yang populer. (Foto: Pexels/Douglas Gianini)

Jangan melulu mengutamakan target pada tempat-tempat populer. Karena biaya sewanya sudah pasti sangat fantastis. Cobalah mencari tempat atau gedung khusus resepsi yang justru jarang dilirik orang. Biasanya tempat seperti ini masih menawarkan harga yang relatif murah.


4. Sponsor

sponsor pernikahan
Pakai jasa wedding organizer yang masih membutuhkan portofolio. (Foto: Pexels/Fernanda Latronico)

Ini dia yang seringkali dihindari oleh pasangan muda. Kamu harus mulai melawan gengsi. Karena mencari sponsor pernikahan bukanlah hal yang tabu melainkan kesempatan emas. Banyak wedding organizer yang baru merintis karier membutuhkan endorser. Biasanya mereka mengumumkan hal ini lewat media sosialnya. Yuk mulai hunting sponsor! (mar)

Baca Juga:

Perempuan Menikah Di Usia Tua? Tidak Masalah!



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH