Tubuh Gemuk Setelah Menikah Tandanya Bahagia, Benarkah? Setelah menikah seseorang cenderung lebih gemuk (Foto: Pexels/freestocks.org)

ENTAH kebetulan atau tidak tapi yang terjadi memang begitu. Tubuh pria atau perempuan yang sudah menikah cenderung jadi gemuk. Berat badan mereka meningkat drastis. Memang semakin bertambahnya usia berat badan lebih mudah naik. Tapi apakah menikah menjadi salah satu faktornya?

Melansir Alodokter, setelah menikah kemungkinan besarnya kamu akan mengalami kenaikan berat badan. Penyebabnya setelah menikah kamu akan lebih merasa bahagia, karena sudah berdua dan ada yang mengurusi. Umumnya kenaikan yang terjadi berkisar 3-4 kg dibandingkan saat melajang.

Baca juga:

Terungkap Sudah, Ini Usia Ideal Menikah Secara Medis

Kenaikan berat badan setelah menikah sebenarnya bukan sebuah kebetulan saja. Ada beberapa faktor wajar yang bikin tubuh kamu jadi 'bengkak' setelah mengucapkan janji suci di plaminan.

1. Sudah cuek dengan penampilan

Ketika sudah menikah kamu akan makan sesuka hati (Foto: Pexels/rawpixel.com)

Terutama perempuan. Kalau belum menikah baik pria atau perempuan sangat peduli dengan penampilannya, demi bisa menarik perhatian lawan jenis. Lain ceritanya ketika sudah menikah. Karena merasa nyaman dan merasa sudah ada yang memiliki. Orang sudah menikah bisa jadi tidak peduli lagi dengan penampilannya.

Terlebih pada porsi makanan yang berubah. Mereka akan makan sesuka hati. Tidak peduli berapa jumlah kalori dan lemak yang dikonsumsi. Alhasil berat badan bisa meningkat drastis.

2. Lebih sering makan di luar rumah

Kamu lebih suka makan di luar bersama pasangan setelah menikah (Foto: Pexels/bruce mars)

Karena sudah menikah, biasanya kamu jadi sering makan di luar rumah dengan pasangan kamu. Alasannya agar kamu bisa semakin membangun ikatan. Kenyatannya memang benar, 30% pasangan menikah lebih suka makan di luar rumah.

Yang bikin berbahaya, makan di luar rumah tidak terkontrol. Sehingga tanpa disadari. Frekuensi dan jumlah makanan yang dikonsumsi cenderung meningkat.

Dampak melebarnya badan lebih terlihat pada perempuan. Sebab, perempuan memiliki metabolisme dan kebutuhan kalori lebih rendah daripada pria. Jadi walaupun porsi makan perempuan sama dengan pria, perempuan cenderung lebih cepat gemuk.

Baca juga:

Jangan Coba-Coba Menikah Kalau Cuma Karena 3 Alasan Ini

3. Jadi malas berolahraga

Kamu malas berolahraga setelah menikah (Foto: Pexels/John-Mark Smith)

Mungkin karenan saking bahagianya, kamu malas berolahraga setelah menikah. Kamu lebih memilih menghabiskan waktu bersama pasangan dengan kegiatan lain. Misalnya seperti menonton film bersama. Ini yang bikin bahaya. Ketika menonton film bersama biasa dibarengi dengan ngemil berlebihan.

4. Mengikuti kebiasaan tak sehat pasangan

Kamu cenderung mengikuti kebiasaan pasangan setelah menikah (Foto: Pexels/Daria Shevtsova)

Dalam pernikahan, suami yang gemuk atau istri yang gemuk dapat saling memengaruhi. Contohnya jika pasanganmu suka ngemil atau makan besar di tengah malam, mau tidak mau kamu akan mengikuti kebiasaan buruk pasangan kamu ini.

Sahabat Merah Putih boleh saja kamu bahagia ketika sudah menikah. Tapi kamu tetap harus menjaga berat badan kamu ya. Bukan demi penampilan tapi demi kesehatan. Makanlah dengan porsi secukupnya. Jadwalkan pula agenda berolahraga bersama pasangan. (ikh)

Baca juga:

Perempuan Menikah Di Usia Tua? Tidak Masalah!

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH