Perempuan Menikah Di Usia Tua? Tidak Masalah! Sah-sah saja perempuan menikah di usia tua (Foto: Pixabay/Free-Photos)

TANGGAPAN terhadap perempuan yang memilih untuk menikah di usia tua dulu sempat dianggap negatif. Perempuan dianggap ideal untuk menikah di usia muda karena berbagai alasan yang kini digeser dengan nilai-nilai baru.

Di era modern ini perempuan justru memilih untuk menikah ketika mereka siap, rata-rata mereka memilih untuk menikah ketika sudah memasuki usia yang bisa terbilang tua. Begitu banyak yang dipertimbangkan dari segi ekonomi hingga siap secara mental.

Baca juga:

Pernikahan Dini, Banyak Rintangan?

Melansir laman oprahmag, perempuan yang menikah di usia tua ternyata mendapatkan banyak keuntungan. Perempuan akan belajar mencintai dan menghargai dirnya sendiri sebelum mencintai orang lain.

Melalui banyak pengalaman hidup serta jaringan kerja, mereka akan lebih siap untuk memulai hidup baru dalam jenjang pernikahan. Konflik pun akan jarang terjadi karena mentalnya yang sudah dewasa.

Penasaran keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan ketika memilih untuk menikah bukan karena diburu-buru usia? Yuk baca ulasan berikut ini!

1. Kondisi Finansial Tidak Tergantung Suami

Perempuan Menikah Di Usia Tua? Tidak Masalah!
Kondisi finansial tidak tergantung suami (Foto: Pixabay/Pexels)

Rata-rata perempuan yang menunda pernikahan karena mereka sedang merintis kariernya. Mereka memilih untuk mencari uang sebanyak-banyaknya untuk tabungan masa depan dan investasi.

Kondisi finansial tidak akan jadi masalah lagi ketika akhirnya memutuskan untuk menikah karena tidak tergantung pada isi dompet sang suami. Dengan begitu, pasangan suami istri bisa saling bekerja sama dalam menghidupi rumah tangganya.

2. Lebih Siap Secara Mental

Perempuan Menikah Di Usia Tua? Tidak Masalah!
Siap secara mental (Foto: Pixabay/JillWellington)

Jangan khawatir jika kamu memilih untuk menikah di usia yang sudah terbilang tua karena mentalmu sudah pasti siap. Di usia muda ego seseorang masih tinggi dan cenderung tidak mau mengalah.

Ketika kamu memutuskan untuk menunda kewajiban menikah, mentalmu akan menjadi dewasa seiring dengan berjalannya waktu. Konflik pun akan jarang terjadi karena kamu dan pasangan sudah sama-sama dewasa dan saling mengerti.

Baca juga:

Terungkap Sudah, Ini Usia Ideal Menikah Secara Medis

3. Sudah Puas Mencari Pengalaman Hidup

Perempuan Menikah Di Usia Tua? Tidak Masalah!
Sudah puas mencari pengalaman hidup (Foto: Pixabay/StockSnap)

Sibuk bekerja dan traveling sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah akan membuatmu puas dalam menjalani kehidupan ini, pernikahan pun menjadi pelabuhan terakhir bagimu.

Berbeda jika kamu memutuskan untuk menikah di usia muda, meskipun masih bisa menambah pengalaman hidup tetapi ada tanggung jawab suami dan anak yang harus kamu tanggung. Sehingga untuk pergi kemana-mana rasanya serba salah.

4. Lebih Fleksibel

Perempuan Menikah Di Usia Tua? Tidak Masalah!
Lebih fleksibel (Foto: Pixabay/Free-photos)

Perempuan dewasa lebih fleksibel dalam menjalani segala hal. Menikah di usia tua akan membuat perempuan lebih luwes beradaptasi dengan keadaan ditambah mentalnya yang sudah dewasa sehingga lebih bijak dalam menghadapi konflik dan mengambil keputusan. (mar)

Baca juga:

Bisa Jadi Ide, Suvenir Pernikahan yang Sedang Kekinian


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH