Desain Interior yang Mengkilap di Tahun 2022

P Suryo RP Suryo R - Senin, 20 Desember 2021
Desain Interior yang Mengkilap di Tahun 2022
Orang lebih suka menjaga dan merawat furnitur lama. (Foto: Pexels/Vlada Karpovich)

WAKTU berlalu tahun 2022 sudah di depan mata, banyak perubahan yang akan terjadi di tahun depan itu. Salah sataunya adalah desain interior. Kebutuhan menata ruang dan isi rumah tak sekedar terlihat cantik namun harus memberikan karakter pemilik rumahnya.

Menurut laman House Beautiful, tren yang akan berkembang di tahun depan lebih pada nuansa kegembiraan, mengerjakan sendiri dan pengaruh pandemi.

Baca Juga:

Pandemi Jadi Tantangan Terapkan Gaya Hidup Sehat

tidur
Kamar tidur menjadi tempat peraduan yang nyaman. (Foto: Pexels/Pixabay)

Pencahayaan bukan sekedar memberikan penerangan pada ruangan di dalam rumah. Lebih dari itu, menurut Dayna Isom Johnson dari Etsy's Trend Expert, mengatakan bahwa cahaya harus mampu membuat rumah menjadi indah sesuai pemiliknya. Kemudian asal cahaya atau wadah dari lampu harus digarap dengan sentuhan seni. Bisa jadi lampu-lampu dengan desain tahun 70-an, patung, dekoratif dan vintage menjadi buruan orang.

Selain lampu, kamar tidur menjadi tren yang tak bisa dianggap enteng di tahun depan. Ini karena dampak dari pandemi yang membuat orang harus bekerja dari rumah. Namun di tahun depan trennya berubah bahwa kamar tidur kembali menjadi tempat peraduan, kedamaian dan ketenangan untuk mendapatkan tidur yang nyaman.

Seperti yang dikatakan oleh desain interior Amy Wilson dari 247 Blinds and 247 Curtains, bahwa kamar tidur akan kembali ke fungsi semula, tempat peraduan. Makanya Wilson mengungkapkan bahwa kamar harus dicat dan dilapisi dengan warna kalem, pencahayaan yang menaikan mood baik dan nyaman.

Wilson juga menekankan jangan ada gawai dan charger di dalam kamar. Sebaiknya memasukan meja yang dapat memuat buku dan gelas air. Kemudian jendela yang dapat dibuka sepanjang hari yang memungkinkan cahaya dan udara masuk dengan baik. Sementara tirainya dia menyarankan memakai tirai berwarna gelap kedap cahaya agar kualitas tidur menjadi lebih baik.

Tren tahun 2022 tak lepas dari konsep berkelanjutan. Jadi sudah seharus ditanamkan di semua orang untuk menjalankan konsep ini dengan baik dan benar. Makanya tren tahun depan itu mengedepankan material-material berkelanjutan, pembuatan produk yang bertanggungjawab, dan jual-beli bekas furnitur dan perlengkapan rumah.

Baca Juga:

'Teman Kami', Podcast Horor Wajib Kamu dengar Sebelum 2021 Berakhir

tidur
Produk daur ulang menjadi primadona di tahun depan. (Foto: Pexels/Catherine Augustin)

Penggunaan bahan organik menjadi salah satu yang akan berkembang di tahun depan. Apalagi masyarakat sudah peduli dengan krisis iklim yang mengakibatkan kenaikan suhu, dan dari produsen sudah semakin banyak yang peduli dengan konsep bekelanjutan ini.

Marketing dari Insight and Innovation, Sophie Hill mengungkapkan bahwa sekarang ini orang cenderung lebih sadar dan peduli pada lingkungan. Umumnya masyarakat senang untuk menjaga barang yang sudah mereka beli dan merawatnya dengan baik, ketimbang membeli yang baru.

Apalagi milenials dan Gen Z dikenal lebih peduli pada lingkungan hidup. Mereka lebih senang membelanjakan uangnya pada furnitur dan perlatan rumah bekas. App bernama Narchie mengungkapkan bahwa kecenderungan generasi muda mencari penjual yang memiliki koleksi perlatan rumah bekas.

Sejalan dengan itu generasi muda saat ini lebih senang membuat sesuatunya dikerjakan sendiri. Mereka biasanya menggunakan barang-barang bekas yang menjadi barang yang berguna. Seperti membuat furnitur dari palet bekas, menjahit kembali baju-bajunya dan berbagai hal lainnya. (psr)

Baca Juga:

Trend Report, Prediksi Tren 2022 Ala Instagram

#Lipsus Tren Desember #Daur Ulang #Milenial
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan