Memulai Menulis Jurnal untuk Kesehatan Mental Menulis jurnal bermanfaat untuk kesehatan mental. (Foto: unsplash/gabrielle henderson)

BANYAK cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk membantu kesehatan mental. Salah satunya membuat jurnal harian atau daily journal. Ternyata menulis jurnal mempunyai banyak manfaat perasaan emosional dan mental.

Dilansir dari Self.com, Terapi dengan menulis jurnal ini membantu kita untuk mengatur emosi, mengatasi konflik, dan meningkatkan kualitas hidup kita. Ada banyak cara untuk memulai dan tetap konsisten menulis jurnal harian.

Baca juga:

7 Alasan Penting Menambahkan Bawang ke Dalam Pola Makan

1. Jadikan Kebiasaan

Rutin menulis jurnal pagi dan malam. (Foto: unsplash/alexandra lammerink)
Rutin menulis jurnal pagi dan malam. (Foto: unsplash/alexandra lammerink)

Manfaat menulis jurnal dapat kamu rasakan ketika dilakukan secara rutin. Praktik menulis jurnal ini dapat kamu lakukan di pagi dan malam hari. Sebelum memulai aktivitas, kamu bisa membuka jurnalmu dan melihat hal-hal apa saja yang akan harus diperbaiki ketika mengambil sebuah keputusan. Ketika ingin mengakhiri aktivitas pada hari itu, biasakan juga tutup dengan sebuah refleksi di jurnalmu. Hal ini juga membantu kita untuk bersyukur.

Baca juga:

Sepele, Kebiasaan Kecil ini Bisa Jadi Penyebab Batu Ginjal

2. Simpan Jurnal di dekatmu

Simpanlah buku jurnal di sekitarmu. (Foto: unsplash/my life journal)
Simpanlah buku jurnal di sekitarmu. (Foto: unsplash/my life journal)

Tidak hanya rutin menulis jurnal pagi dan malam, tetapi kamu juga bisa membuka jurnal di sepanjang hari. Sehingga solusi terbaik adalah selalu menyimpannya berada di sekitarmu. Bisa dengan menyimpan di dalam tas kerja atau meninggalkannya di meja kamu menulis jurnal.

3. Jadikan jurnal tempat berekspresi

Jurnal menjadi tempat untuk kita berekspresi. (Foto: unsplash/thought catalog
Jurnal menjadi tempat untuk kita berekspresi. (Foto: unsplash/thought catalog

Ketika perasaanmu dipenuhi dengan amarah, jurnal menjadi salah satu solusi untuk meluapkan segala perasaan. Luapkan emosimu dengan menulisnya di dalam buku jurnal. Hal ini bisa membuatmu melihat setiap masalah dari dua sisi dan menjadi lebih tenang. Menulis jurnal akan mengatasi keputusan-keputusan yang tidak sehat dan penyemangat hari-harimu.

Itu tadi hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk memulai penulisan jurnal. Renungkan apa yang terjadi dan apa yang kamu rasakan, lalu tuangkan ke dalam jurnal untuk mengobati perasaanmu. (Ren)

Baca juga:

Ikan Patin Kelabui Penggemar ikan Dori


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH