7 Alasan Penting Menambahkan Bawang ke Dalam Pola Makan Ragam manfaat bawang (Foto: The Spruce Eats)

KONSUMSI sayuran memberikan manfaat kesehatan. Orang yang makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan secara keseluruhan cenderung memiliki penurunan risiko beberapa penyakit kronis. Sayuran memberikan nutrisi yang vital bagi kesehatan dan pemeliharaan tubuh.

Bawang adalah salah satu sayuran yang mengandung berbagai vitamin, mineral, dan senyawa tanaman kuat yang telah terbukti meningkatkan kesehatan dalam banyak hal. Faktanya, khasiat bawang merah telah dikenal sejak zaman kuno.

Baca juga:

Banyak Bakteri Baik dalam Dua Potong Tempe

Sejak dulu bawang digunakan untuk mengobati penyakit seperti sakit kepala, penyakit jantung, dan sariawan. Berikut adalah alasan mengapa kita harus makan bawang mentah setiap hari:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

7 Alasan Penting Menambahkan Bawang ke Dalam Pola Makan
Meningkatkan kesehatan jantung (Foto: Anti Aging Product)

Kandungan flavonoid dalam bawang merah membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Sementara tiosulfinat diketahui menjaga konsistensi darah dengan baik karena berfungsi sebagai pengencer darah. Risiko serangan jantung dan stroke pun berkurang.

2. Mencegah kanker

7 Alasan Penting Menambahkan Bawang ke Dalam Pola Makan
Tangkal sel kanker (Foto: All About Cancer)

Sebuah studi tahun 2019 di Asia Pacific Journal of Clinical Oncology membandingkan 833 orang penderita kanker kolorektal dengan 833 orang yang tidak memiliki penyakit tersebut.

Para ilmuwan menemukan bahwa risiko kanker kolorektal 79% lebih rendah pada mereka yang rutin mengonsumsi sayuran allium, seperti bawang bombay.

Selain itu satu cangkir bawang cincang menyediakan setidaknya 13,11% dari asupan harian vitamin C yang direkomendasikan orang dewasa.

Sebagai antioksidan, vitamin ini membantu melawan pembentukan senyawa radikal bebas yang memiliki kaitan dengan kanker.

3. Kaya akan antioksidan

7 Alasan Penting Menambahkan Bawang ke Dalam Pola Makan
Kaya antioksidan (Foto: Health Fitness Revolution)

Bawang adalah sumber antioksidan yang sangat baik. Faktanya, mereka mengandung lebih dari 25 jenis antioksidan flavonoid yang berbeda.

Antioksidan ini menghambat oksidasi, suatu proses yang menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penyakit seperti kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Baca juga:

Kulit Ayam Enak sih, Tapi...

4. Berkontribusi pada kesehatan tulang

7 Alasan Penting Menambahkan Bawang ke Dalam Pola Makan
Bagus untuk tulang (Foto: Wellness Munch)

Menurut Departemen Pertanian AS (USDA), satu siung bawang mengandung 25,3 mg kalsium. Kalsium membantu dalam mempertahankan tulang yang kuat, jadi menambahkan bawang bombai ke salad dapat meningkatkan kesehatan tulang.

Bawang dipercaya membantu mengurangi stres oksidatif, meningkatkan kadar antioksidan dan mengurangi keropos tulang yang dapat mencegah osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang.

5. Membuat kulit dan rambut lebih sehat

7 Alasan Penting Menambahkan Bawang ke Dalam Pola Makan
Kulit dan rambut lebih sehat (Foto: BBC Good Food)

Vitamin A, C, dan K dalam bawang bombay melindungi kita dari sinar UV yang berbahaya. Sebagai sumber vitamin C yang baik, bawang bombay dapat mendukung pembentukan dan pemeliharaan kolagen, yang memberikan struktur pada kulit dan rambut.

6. Mengontrol kandungan gula darah

7 Alasan Penting Menambahkan Bawang ke Dalam Pola Makan
Bantu kontrol gula darah (Foto: Healthline)

Makan bawang dapat membantu mengontrol gula darah, yang sangat penting bagi penderita diabetes atau pradiabetes. Senyawa spesifik yang ditemukan dalam bawang, seperti senyawa quercetin dan sulfur, memiliki efek anti-diabetes.

7. Meningkatkan kesehatan pencernaan

7 Alasan Penting Menambahkan Bawang ke Dalam Pola Makan
Baik untuk pencernaan (Foto: Medical News Today)

Bawang adalah sumber serat dan prebiotik yang kaya, yang diperlukan untuk kesehatan usus yang optimal. Bawang kaya akan prebiotik inulin dan fructooligosaccharides. Ini membantu meningkatkan jumlah bakteri ramah di usus Anda dan meningkatkan fungsi kekebalan.

Selain itu, diet kaya prebiotik dapat membantu meningkatkan penyerapan mineral penting seperti kalsium, yang dapat meningkatkan kesehatan tulang. (avia)

Baca juga:

Segudang Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan dari Mengonsumsi Bawang Putih



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH