Ikan Patin Kelabui Penggemar ikan Dori Ikan dori yang disamarkan dengan ikan patin sebagai pengganti menu masakan. (Foto: Pixabay/photosforyou)

IKAN dori memiliki banyak penggemar, karena dagingnya yang lembut dan rasanya yang segar dan manis. Makanya tak heran bila fish and chips, nyamikan orang Inggris terbuat dari ikan ini. Tapi ternyata ada bahan dasar lain yang lebih murah dan menyerupai jenis ikan ini.

Bahan dasar ikannya memiliki tekstur dan rasa yang serupa, ikan patin memiliki kesamaan tektur dan rasa dengan ikan dori. Kelezatannya tidak kalah dengan ikan dori hanya harganya saja yang lebih murah. Untuk informasi saja ikan dor dijual dengan harga Rp200 ribu/kilo.


Baca Juga:

Ada Triknya, ini Tips Pelihara Ikan Cupang bagi Pemula

ikan
Ikan dori yang hidup di laut. (Foto: ourmarinespecies)

Karena rupa dan rasanya sangat mirip, banyak orang kesulitan untuk membedakan kedua jenis ikan ini. Namun hal itu tidak berlaku bagi penggemar ikan dori sejati. Sebab dengan mencium bau ikan ini saja sudah ada perbedaannya.

Bau dari ikan patin bila tidak diolah dengan baik akan meninggalkan bau lumpur sehingga lebih amis ketika ikan disantap. Berbeda dengan ikan dori yang berasal dari laut yang lebih memiliki rasa yang segar. Selain itu tekstur ikan dori cenderung lebih tebal.

Baca Juga:

Benarkah Mengonsumsi Minyak Ikan Berpengaruh pada Testis?

ikan
Fish and chips yang memakai bahan ikan dori. (Foto: Unsplash/Mai Quoc Tùng Lâm)

Kemudian dagingnya lebih terasa padat dan kenyal. Sementara ikan patin teksturnya lebih lembek dan tipis. Dari rasanya ikan dori yang memiliki rasa yang lebih gurih dan sedikit manis. Untuk ikan patin rasanya hanya gurih seperti ikan lele pada umumnya.

Banyak manfaat dari ikan ini, mulai kandungan kalori yang lebih sedikit sehingga cocok untuk kamu konsumsi ketika diet. Tidak hanya itu, ikan ini baik untuk jantung karena kandungan lemak tak jenuh yang dapat memperlancar pembuluh darah. (ren)


Baca Juga:

Duri Ikan Tesangkut di Tenggorok? Begini Cara Mengatasinya


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH