Memulai Berkebun untuk Mengobati Anxiety Berkebun mengobati Anxiety (Foto: Unsplash/Neonbrand)

SELAMA pandemi ini banyak hal yang dirasakan oleh pikiran kita. Seringkali kita merasa cemas dan memicu terjadinya stress. Nah, perasaan cemas ini sering kita dengar dengan istilah Anxiety.

Dilansir dari Healthline.com, sebenarnya kecemasan adalah respons alami tubuh. Adanya perasaan takut atau khawatir terhadap apa yang akan terjadi. Ketika hal ini berangsur dalam kurun waktu yang lama, bisa jadi kamu mengalami gangguan kecemasan atau Anxiety Disorder. Namun, ada cara untuk mengatasinya.

Baca juga:

Gampang Banget, Yuk Bikin Cloud Bread yang Lagi Viral di TikTok

Berkebun merupakan salah satu cara untuk mengobati Anxiety yang kamu rasakan. Berkebun sangat baik untuk kesehatan mental kita. Memelihara tanaman akan membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Tidak hanya itu, dengan berkebun membantu kita menurunkan kortisol (hormon stress) sehingga membuat hidup terasa lebih sejahtera.

Bahkan tanah digambarkan sebagai media yang bersifat antidepresan. Tanaman membuat pikiran merasa lebih jernih dan menjadi belajar untuk mengatasi Anxiety itu. Tentunya untuk mulai berkebun tidaklah sulit.

1. Pilih tanaman yang mudah dirawat

Kaktus merupakan tanaman yang mudah dirawat. (Foto: Unsplash/Annie Spratt)
Kaktus merupakan tanaman yang mudah dirawat. (Foto: Unsplash/Annie Spratt)

Jangan membuat pikiranmu semakin stress untuk memulai hal baru. Cukup dengan memilih tanaman yang mudah perawatannya, sesuaikan juga dengan lingkunganmu. Tanaman yang mudah seperti Sukulen, kaktus, atau lidah buaya menjadi rekomendasi yang perawatannya tidak rumit. Atau mungkin tumbuh-tumbuhan yang bisa dikonsumsi seperti daun mint, peterseli, dan thyme.

2. Tentukan Tempat

Tentukan ruangan dimana kamu akan menempatkan tanaman. (Foto: Unsplash/Nathan Dumlao)
Tentukan ruangan dimana kamu akan menempatkan tanaman. (Foto: Unsplash/Nathan Dumlao)

Nah, setelah menentukan tanaman tentukan tempat di mana kamu akan meletakkannya. Dari segi cahaya dan ruangan yang cocok untuk tumbuhnya tanaman tersebut. Perlu juga menambahkan tanaman di ruang kerja untuk menikmati keindahannya sambil bekerja.

Baca juga:

Mau ikut Diet Sirtfood ala Adele, Pertimbangkan Risikonya

3. Jangan memaksakan diri



Berkebun seharusnya membuatmu  bahagia. (Foto: Unsplash/Allef Vinicius)
Berkebun seharusnya membuatmu bahagia. (Foto: Unsplash/Allef Vinicius)

Penting untuk mengingat hal ini, berkebun untuk membuat diri lebih bahagia. Ketika berkebun malah membuatmu emosi, sebaiknya sejenak beristirahat. Lakukan hal-hal yang membuatmu merasa bahagia kembali dan lanjutkan berkebun. Mungkin beberapa dari kamu mengalami sakit punggung ketika membungkuk, usahakan kamu tidak merasakan kesakitan ketika menanam ya.

Berkebun menjadi salah satu aleternatif untuk kesehatan mental kita, terutama untuk mengobati Anxiety ini. Apalagi hasil menanammu membuahkan keberhasilan yang membawa perasaan bahagia tersendiri. (Ren)

Baca juga:

Perempuan Muda Ini Punya Ukuran Lingkar Pinggang Tak Biasa


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH