Memperingati Hari Bumi dengan Mempelajari Lebah Madu Bersama Google Doodle Mainkan Google Doodle tahun ini untuk mempelajari tentang lebah (Foto: Google)

RAKSASA mesin pencari yakni internet Google, merayakan Hari Bumi yang ke-50 dengan menampilkan animasi doodle bertemakan lebah pada hari ini. Diketahui bahwa animasi interaktif itu berisikan informasi edukatif dan game. Jadi, kamu bisa mempelajari tentang lebah sambil memainkannya.

"Selamat Hari Bumi ke-50. Hari ini, kami merayakan planet kita dan organisme yang paling kecil dan sangat penting, ya, dia adalah Lebah!." tulis Google dalam animasi doodle buatannya.

Dalam animasinya, Google Doodle menampilkan permainan interaktif di mana pengguna dapat bermain sebagai lebah madu kecil yang berusaha menyerbuki bunga dan tanaman sebanyak mungkin.

Setelah kamu menyerbuki bunga, kamu akan melihat bagaimana seekor lebah yang kamu mainkan dapat membantu bunga-bunga tumbuh dan berkembang biak. Jika warna pada serbuk sarinya sama dengan yang dibawanya, maka nantinya bunga tersebut akan mekar lebih banyak.

Memperingati Hari Bumi dengan Mempelajari Lebah Madu Bersama Google Doodle
Bunga berwarna merah yang telah mekar , tumbuh, dan berkembang biak akibat lebah (Foto: Google)

Melansir laman resmi Google Doodle, animasi interaktif yang kamu mainkan itu dibuat hasil dari kerjasama dengan The Honeybee Conservancy yang berbasis di New York.

Guillermo Fernandez merupakan pendiri The Honeybee Conservancy. Didirikan pada tahun 2009, Fernandez bertujuan untuk membantu menyelamatkan lebah dan membantu masyarakat yang kurang terlayani dalam menghasilkan makanan sehat dan membangun ruang hijau. Lebah menyerbuki sekitar 30% dari makanan yang kita konsumsi, tetapi seperempat dari 4000 spesies lebah asli Amerika Utara beresiko punah.

Baca juga:

Google Ternyata Punya Banyak Game Tersembunyi

Doodle pada 22 April 2020 ini juga mengingatkan kita tentang bagaimana tindakan kecil yang kita lakukan bisa menambah hasil yang besar. Ada begitu banyak cara mudah untuk membantu menyelamatkan lebah, bahkan ketika kita menjaga jarak sosial. Berikut tiga cara di antaranya.

1. Dukung peternak lebah lokal

Memperingati Hari Bumi dengan Mempelajari Lebah Madu Bersama Google Doodle
Dukung peternak lebah untuk memelihara hewan tersebut (Foto: Unsplash/passthehoney)

Saat membeli madu dan produk lilin lebah (bee wax), kamu bisa memilih opsi buatan lokal untuk berinvestasi dalam peternak lebah setempat. Hal itu akan memelihara lebah secara berkelanjutan dan mendukung masyarakat.

2. Buat tempat berlindung yang aman untuk lebah

Memperingati Hari Bumi dengan Mempelajari Lebah Madu Bersama Google Doodle
Lebah suka membuat sarang di pohon (Foto: Pixabay/balouriarajesh)

Sebagian besar lebah memiliki gaya hidup tersendiri, 30% hidup di lubang dalam pohon, dan 70% hidup di bawah tanah. Beri mereka tempat berlindung dengan memberikan tanah terbuka yang tidak terganggu, atau beri mereka kotak bersarang yang dapat kamu beli atau buat sendiri.

3. Tanam tanaman penyerbuk

Memperingati Hari Bumi dengan Mempelajari Lebah Madu Bersama Google Doodle
Tanam tanaman penyerbuk untuk merawat lebah dan tanaman tersebut (Foto: Pixabay/jggrz)

Dengan menanamkan tanaman penyerbuk di taman atau setiap sudut rumah, itu sama saja kamu telah merawat tumbuhan sekaligus lebah itu sendiri. Kamu juga bisa pertimbangkan untuk menggunakan campuran mekar multi-musim untuk memberikan makanan sepanjang tahun.

Baca juga:

Google Doodle Hadirkan Bentuk Terima Kasih untuk Petugas Kesehatan di Garis Depan

Tidak ada perasaan yang lebih manis ketimbang mengetahui bahwa kamu telah membantu menyelamatkan lebah. Kamu bisa mengunjungi halaman utama Google dan mengklik Doodlenya untuk teman bersayap penghasil madu ini. Permainan pada Google Doodle di Hari Bumi ini tidak memiliki akhir, jadi kamu dapat membantu lebah untuk menyerbuki bunga tanpa batas.

Memperingati Hari Bumi dengan Mempelajari Lebah Madu Bersama Google Doodle
Google Doodle merayakan Hari Bumi dengan memperkenalkan sedikit keberagaman, keunikan, dan keajaiban alam (Foto: Google)

Pada tahun lalu, Google juga merayakan Hari Bumi melalui doodle-nya dengan memperkenalkan sebagian kecil keberagaman, keunikan, dan keajaiban alam di planet tempat tinggal kita ini. Mulai dari pohon tertinggi, spesies hewan tertua, dan masih banyak lagi yang bisa kamu ketahui dalam animasi Google Doodle. (arb)

Baca juga:

Lucunya Google Doodle Menyambut Malam Holloween



Ananda Dimas Prasetya