Masjid Cikoneng Akulturasi Budaya Lampung masa Kesultanan Banten Masjid Cikoneng Anyer, Jalan Raya Anyer, Kampung Cikoneng, Desa Cikoneng Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten. (Foto: Balai Arkeologi Bandung/purbawidya.com)

MerahPutih Wisata - Wilayah Banten memiliki banyak peninggalan masjid-masjid tua. Masjid di Banten berkembang pada masa Kesultanan Banten. Salah satunya, Masjid Cikoneng yang ada di pesisir barat Banten. Masjid ini tidak jauh dari destinasi wisata Pantai Anyer.

Masjid Cikoneng terletak di Jalan Raya Anyer, Kampung Cikoneng, Desa Cikoneng Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang. Sementara dari Ibu Kota Serang kurang lebih berjarak 35 kilometer. Masjid ini juga bisa ditempuh melalui Kabupaten Pandeglang, berjarak kurang lebih 55 kilometer dari pusat kota Pandeglang ke arah barat melewati Pantai Carita.

Masjid Cikoneng merupakan bentuk arsitektur perpaduan antara Islam, Eropa dan budaya Lampung. Beberaa di antaranya corak Islam kuat terlihat berupa kaligrafi, Eropa tampak dari bentuk tiang, sedangkan budaya lampung terlihat dari hiasan sleger. Arsitektur Masjid Cikoneng sangat kental dengan budaya Indonesia, termasuk kepercayaan dan agama sebelum Islam.

Bentuk atap Masjid Cikoneng bersusun mengerucut dengan jumlah empat atap. Hiasan di bagian puncak sangat unik yang disebut mamolo atau mustaka. Mastaka ini terdapat hiasan berbentuk beberapa naga. Masjid Cikoneng tidak memiliki serambi. Di bagian dalam, terdapat dua mihrab yaitu mihrab untuk imam dan mihrab untuk khatib.

Masjid Cikoneng memiliki nama lain yaitu Masjid Darul Fallah. Masjid ini dibangun oleh masyarakat Lampung yang ada di Anyer. Masyarakat sekitar masjid meyakini bahwa pendirian masjid berhubungan dengan utusan dari Kerajaan Tulang Bawang, Lampung yang menyebarkan Islam di Banten.

Komunitas mayarakat Lampung sudah berkembang di Cikoneng sejak abad ke-16. Pada masa itu, Kesultanan Banten dipimpin oleh Sultan Maulana Hasanuddin (1552-1570). Sultan Maulana Hasanuddin meminta bantuan Kerajaan Tulang Bawang untuk penyebaran Islam di Banten. Utusan dari Lampung ini kemudian menetap di Cikoneng.

Hingga saat ini, Masjid Cikoneng masih dapat digunakan sebagai untuk aktivitas ibadah masyarakat setempat, juga menjadi destinasi wisata religius masjid tua di Banten. Jika Anda sedang berwista di Pantai Anyer dan sekitarnya, Anda bisa menyempatkan diri untuk mampir ke mesjid yang menjadi bukti penyebaran Islam di wilayah pesisir barat Banten ini.


BACA JUGA:

  1. Masjid Carita Peninggalan Pasca Letusan Gunung Krakatau 1883
  2. Masjid Caringin Bukti Pemberontakan Rakyat Banten kepada Daendels
  3. Uniknya Masjid Asmaul Husna Hasil Desain Ridwan Kamil
  4. Masjid Cut Meutia Adalah Kantor Real Estate Zaman Belanda
  5. Yuk Wisata Religi ke Masjid Agung Banten

 



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH