Masa Sih Sengatan Lebah Baik untuk Kesehatan? Sengat lebah bisa dijadikan terapi. (Foto: Pixabay/hansbenn)

BANYAK alternatif pengobatan yang muncul untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Baik terapi atau menggunakan bahan herbal cukup digemari masyarakat. Selain murah, prosedur pengobatan alternatif tergolong mudah dilakukan.

Salah satunya terapi sengat lebah yang belakangan jadi populer. Terapi sengat lebah terbagi menjadi dua cara. Pertama menusuk langsung sengatan lebah ke area tubuh yang sakit, atau menggunakan racunnya sebagai ekstrak.

Baca juga:

Mengobati Diabetes Ala Pengobatan Asli India, Ayurveda

Melansir dari healthline.com, sengat lebah sebenarnya termasuk pengobatan tradisional tetapi baru populer saat ini. Di dalamnya terdapat kandungan anti-peradangan yang bisa mengurangi rasa sakit. Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat sengat lebah sebagai terapi, simak ulasan di bawah ini.

1. Menyeimbangkan Hormon Tiroid

Masa Sih Sengatan Lebah Baik untuk Kesehatan?
Racun lebah ternyata bisa menyeimbangkan hormon tiroid. (Foto: Pinterest/adme.ru)

Kabar baik untuk penderita hipertiroid. Sengatan lebah bisa mengontrol fungsi tiroid dalam tubuh sekaligus menyeimbangkan jumlahnya.

Kamu tak perlu lagi mengkonsumsi obat-obatan keras yang bisa memberikan efek samping di kemudian hari. Mulailah beralih menggunakan herbal dan terapi alami.

Baca juga:

Bekam, Pengobatan Kuno yang Masih Populer

2. Mengurangi Efek Arthritis

Masa Sih Sengatan Lebah Baik untuk Kesehatan?
Alternatif pengobatan pembengkakan pada sendi. (Foto: Pixabay/Taokinesis)

Arthritis menyerang sendi dan menyebabkan bengkak serta nyeri yang luar biasa pada sekujur tubuh. Hal ini sangat mengganggu kegiatan sehari-hari karena penderitanya sulit menggerakan anggota tubuh.

Kandungan anti-inflamasi dalam sengat lebah berperan aktif untuk mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan reaksi alergi.

3. Meredakan Gusi Bengkak

Masa Sih Sengatan Lebah Baik untuk Kesehatan?
Gusi yang bengkak bisa reda dengan racun sengat lebah. (Foto: Pixabay/ivanovgood)

Tak hanya langsung disuntikan ke dalam tubuh, racun dalam sengat lebah bisa dijadikan ekstrak. Ketika kamu mengalami pembengkakan gusi, cukup campurkan racun sengat lebah ke dalam air hangat kemudian dikumur selama beberapa menit.

Racun ini mengandung anti peradangan yang dapat meredakan gusi bengkak. Selain itu terapi ini juga mengurangi reaksi yang dihasilkan oleh imun tubuh ketika terjadi pembengkakan agar cepat pulih. (mar)

Baca juga:

Gigitan Ular 'Berhadiah' Modal Uang Rp 1.4 Triliun



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH