Mengobati Diabetes Ala Pengobatan Asli India, Ayurveda Atasi diabetes dengan metode tradisional India (Sumber: Pixabay/Tumisu)

DIABETES bukanlah penyakit yang bisa diremehkan. Berdasarkan data dari Riset Kesehatan Dasar 2018, penderita diabetes di Indonesia mengalami peningkatan selama lima tahun terakhir.

Penyakit ini terjadi ketika tubuh Anda gagal menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup. Akibatnya, kadar gula dalam darah menjadi meningkat. Ada dua tipe diabetes, pertama diabetes karena tidak mampu memproduksi insulin dan kedua diabetes karena menjadi resisten terhadap insulin.

Gejala yang biasa terjadi pada penderita diabetes adalah rasa haus ekstrem, infeksi, sering buang air kecil dan penglihatan kabur. Pertanyaannya bagaimana cara mengobati diabetes?

Selain menggunakan metode pengobatan dosis insulin yang biasa, ada beberapa pengobatan rumahan dengan bahan-bahan sangat sederhana. Nah, dilansir dari Boldsky, berikut ini beberapa obat herbal ala Ayurveda, metode pengobatan asli India untuk mengatasi diabetes.

1. Pare

Pare (Sumber: Pixabay/VitaminaMov)
Pare (Sumber: Pixabay/VitaminaMov)

Meski pahit, pare sangat berguna untuk mengobati diabetes. Caranya ambil 3-4 pare lalu buang bijinya. Blender pare menggunakan blender. Minum jus ini setiap hari dengan perut kosong untuk mengurangi kadar gula darah. Medtode ini adalah salah satu pengobatan ayurveda, yang terkenal di India.

2. Daun mulberry

Daun mulberry (Sumber: Pixabay/Gerhard_Romero)
Daun mulberry (Sumber: Pixabay/Gerhard_Romero)

Menurut Ayurveda, daun mulberry dapat mengontrol kadar glukosa darah. Asupan harian daun murbei pada perut kosong dapat sangat mengurangi kadar gula darah. Ia bahkan bisa mengendalikan timbulnya diabetes.

3. Plum hitam

Plum hitam (Sumber: Pixabay/pixel2013)
Plum hitam (Sumber: Pixabay/pixel2013)

Plum hitam dikenal sebagai obat yang efektif untuk mengobati diabetes. Ambil satu sendok biji ini bersama dengan air hangat suam-suam kuku. Tak hanya buahnya, daunnya juga memiliki khasiat yang sama yakni mencegah konversi pati menjadi gula dan karenanya mengurangi gejala diabetes.

4. Kulit pohon beringin

Kulit pohon beringin sangat berguna (Sumber: Pixabay/DebraJean)
Kulit pohon beringin sangat berguna (Sumber: Pixabay/DebraJean)

Siapa sangka ternyata kulit pohon beringin mampu mengatasi diabetes. Konsumsi sekitar 50 ml rebusan kulit beringin dan minum dua kali sehari.

Caranya panaskan 20 gram kulit kayu dalam 4 gelas air hingga air tersebut menjadi sekitar 1 gelas. Kulit pohon beringin bermanfaat dalam mengobati diabetes karena mengandung prinsip hipoglikemik (glikosida).

5. Lada Hitam

Lada hitam (Sumber: Pixabay/congerdesign)
Lada hitam (Sumber: Pixabay/congerdesign)

Pengobatan herbal lain yang luar biasa untuk diabetes adalah penggunaan lada hitam. Enzim dalam lada hitam membantu memecah pati menjadi glukosa, secara efektif mengatur kadar glukosa darah serta menunda penyerapan glukosa.

6. Daun mangga

Daun mangga (Sumber: Pixabay/Mvtteo)
Daun mangga (Sumber: Pixabay/Mvtteo)

Kita tahu kalau mangga adalah buah dengan banyak manfaat. Tapi ternyata hal itu juga berlaku bagi daunnya. Rebus dengan air dengan daun mangga lalu minum langsung. Ini menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Cobalah merendam daun semalaman untuk efek yang lebih baik.

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH