Kuliner
Martabak Negeri Aing Sampai di AS Martabak populer di AS. (Foto: martabakok.com)

ADONAN kue itu sudah matang. Diangkat kemudian dioleskan mentega sampai lumer. Taburan cokelat dan kacang menyelimuti kue tersebut. Belum cukup, parutan keju meniban cokelat. Susu kental manis kemudian dituang sebagai penutup toping. Martabak manis itu siap disantap.

Begitu proses pembuatan martabak manis yang ada di menit awal video bertajuk Indonesian Street food Martabak made it to Philly! Was it worth it? di chanel Youtube JL Jupiter. Yang menarik dari martabak ini tidak dijual di Pecenongan, Tebet, atau Bandung. Martabak negeri aing dengan merek Martabak OK ini dijual di Philadelphia, AS. "ooooooo," kata Youtuber di Chanel Youtube seraya lupa daratan setelah mengunyah martabak isi kacang, cokelat, dan keju tersebut.

Baca juga:

Foreign Branding Bikin Brand Made In Negeri Aing Dikira Produk Impor

Bukan cuma martabak manis. Kedua Youtuber tersebut juga memesan dua porsi martabak telor dengan toping cabai hijau serta mozarella dan jagung manis. "(Martabak) ini benar-benar lezat sekali," kata Youtuber satunya lagi.

Pada video berjudul Martabak OK: Gerai Martabak Khas Indonesia di Philadelphia, Amerika di Channel Youtube VOA Indonesia, Gerai martabak ini hadir di Philadelphia, AS sejak Agustus 2018. Alamat lengkapnya berada di 1801 Washington Ave unit d, Philadelphia, PA 19146. Beddie Sonie, selaku owner menghadirkan jajanan kaki lima khas Indonesia ini karena banyak WNI yang tinggal di sekitar wilayah Philadelphia.

Menurut Beddie, bahan-bahan pembuatan martabak yang digunakan juga produk buatan Indonesia. Mulai dari keju, cokelat, hingga mentega untuk olesan martabak, blue band. Bahan-bahan tersebut mudah ditemukan kata Beddie. Banyak toko di Philadelphia menjual produk bahan kue negeri aing.

Khusus untuk martabak manis, tersedia juga adonan varian rasa seperti red velvet, pandan, green tea, dan original. Ada pula martabak mini yang dijual dua slice per porsinya. Lalu tahu crispy membuat menu di gerai martabak ini semakin bervariasi.

Baca juga:

Mi Instan Made In Negeri Aing, Kondang Sedari Burjo Sampai Kongo

Selain Martabak Ok, warga Indonesia lainnya juga membuka usaha kuliner di AS yang menjual martabak. Papa Don NYC merupakan Pop Up Store atau Gerai Sementara yang hadir di New York. Dimuat di Channel Youtube VOA Indonesia dengan judul Papa Don NYC: Toko Pop Up Jual Martabak Manis di Queens, New York, Gerai martabak sementara ini didirikan oleh Donny Kairupan pada awal 2020.

View this post on Instagram

A post shared by Papa Don NYC (@papadonnyc)

Menu martabak di Papa Don NYC juga disebut dengan Indo Pancake. Martabak di gerai ini bisa dipesan secara custom dengan dua tahap. Tahap pertama kamu memilih rasa adonan martabak terlebih dulu seperti red velvet, pandan, ube, atau original.

Selanjutnya, di tahap kedua kamu tinggal memilih toping atau isi martabak. Mulai dari keju, cokelat, hingga silver queen, semuanya bisa kamu kombinasikan sebagai toping martabak.

Pandemi sempat membuat Papa Don NYC kehilangan kesempatan untuk berbisnis karena sejumlah acara pop up dibatalkan. Namun, semangat Donny tidak surut. Akhirnya ia berhasil memperkenalkan martabak kepada warga AS.

Bahkan, Papa Don NYC peduli terhadap tenaga medis dan WNI terkena imbas pandemi di AS. Di tengah pandemi Papa Don NYC membagikan 2 ribu martabak ke berbagai rumah sakit serta warga dan mahasiswa Indonesia di New York. (ikh)

Baca juga:

Kerupuk, Teman Garing Made In Negeri Aing

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tips untuk Para Introvert Memulai Online Dating
Fun
Tips untuk Para Introvert Memulai Online Dating

Ada beberapa tips ampuh untuk para introvert berpetualang lewat kencan online.

TWICE Ungkap Pengaruh Pandemi COVID-19 pada Mereka
ShowBiz
TWICE Ungkap Pengaruh Pandemi COVID-19 pada Mereka

Pengaruh pandemi COVID-19 dan tujuan masa depan mereka.

Riot Game Garap 'VALORANT' Versi Mobile
Fun
Riot Game Garap 'VALORANT' Versi Mobile

pasar mobile yang hingga saat ini kian meningkat.

Walt Disney World AS Kurangi Jam Operasional Taman Hiburan
Travel
Protein Nabati, Asupan Wajib untuk Si Kecil
Fun
Protein Nabati, Asupan Wajib untuk Si Kecil

Selalu sediakan protein nabati pada menu makan harian si kecil.

Hebohnya Gegayaan Ibu-Ibu Senam Negeri Aing
Fun
Hebohnya Gegayaan Ibu-Ibu Senam Negeri Aing

Legging leopard adalah 'koentji'.

Tampilkan Throwback di 'Let Me Reintroduce Myself', Gwen Stefani Terbukti Awet Muda
Hiburan & Gaya Hidup
Tampilkan Throwback di 'Let Me Reintroduce Myself', Gwen Stefani Terbukti Awet Muda

Selama 3 dekade, tampilan Gwen Stefani tak banyak berubah.

Harry Styles akan Buka Grammy Awards 2021
ShowBiz
Harry Styles akan Buka Grammy Awards 2021

Bakal menggebrak di awal pertunjukan.

'The New Mutants' Akhirnya Tayang di Bioskop Indonesia
ShowBiz
'The New Mutants' Akhirnya Tayang di Bioskop Indonesia

The New Mutants hadir 31 Desember 2020 dengan balutan genre thriller-horror.

Potret Sebuah Ketenangan dari SIVIA di Single ‘Serene’
ShowBiz
Potret Sebuah Ketenangan dari SIVIA di Single ‘Serene’

Serene merupakan perilisan single kedua sebagai jembatan menuju album Sivia yang akan datang.