Manfaat Teh Dandelion Bagi Kesehatan Teh Dandelion (Foto: Pixabay/silviarita)

DANDELION (Taraxacum officinale) adalah tanaman gulma dengan bunga kuning. Ia biasa tumbuh di halaman dan kebunmu. Meski tampak biasa saja ternyata tanaman ini kerap dipakai untuk pengobatan herbal karena manfaat kesehatan yang dimilikinya. Akar dan daun dandeion bisa dikeringkan untuk dijadikan teh.

Dilansir dari Boldsky, teh dandelion kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D, zat besi, seng, dan magnesium. Bukan hanya itu, hampir seluruh bagian tanaman mengandung antioksidan polifenol. Oleh karena itu, teh dandelion bisa menjadi minuman alternatif yang ingin hidup sehat.

Baca juga:

Sering Dianggap Sama, Tumor dan Kanker Ternyata Berbeda

Nah, agar kamu makin tertaring mengonsumsinya, yuk baca beberapa manfaat teh dandelion.

1. Menurunkan kolesterol

Menurunkan risiko kolesterol (Foto: el espanol)
Menurunkan risiko kolesterol (Foto: el espanol)

Menurut sebuah studi 2012, teh dandelion dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida dalam darah karena senyawa bioaktif yang ada di dalamnya. Pada akhirnya bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Mengurangi kerusakan hati

Mengurangi kerusakan hati (Foto: webMD)
Mengurangi kerusakan hati (Foto: webMD)

Teh Dandelion memiliki kemampuan ampuh untuk mendetoksifikasi hati dan mencegah terjadinya penyakit hati. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa keberadaan polisakarida dalam dandelion bermanfaat untuk fungsi hati.

Baca juga:

Saatnya Kunjungi Dokter jika Vaginamu Mengalami Ini

3. Mencegah inflamasi

Mencegah inflamasi (Foto: Pixabay/qimono)
Mencegah inflamasi (Foto: Pixabay/qimono)

Penelitian penelitian menunjukkan bahwa teh dandelion mengandung sifat antiinflamasi dan senyawa antioksidan yang dapat membantu mencegah penyakit terkait peradangan. Jadi, minum teh dandelion dapat membantu mencegah timbulnya radang apa pun.

4. Mencegah kanker

Mencegah kanker (Foto: Pixabay/PDPics)
Mencegah kanker (Foto: Pixabay/PDPics)

Menurut sebuah penelitian, ekstrak akar dandelion memiliki sifat anti-kanker, yang bila dikonsumsi dapat membantu menginduksi kematian sel dalam sel melanoma tanpa mempengaruhi sel non-kanker. Studi lain juga menunjukkan bahwa teh dandelion dapat mencegah penyebaran sel kanker pankreas.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang akan kamu dapatkan saat mengonsumsi teh dandelion. Tapi kamu harus berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsinya. Karena teh ini akan bereaksi dengan obat-obatan tertentu. Selain itu teh dandelion juga bisa menimbulkan alergi.

Baca juga:

Manfaat Minum Air Lemon di Pagi Hari


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani