Sering Dianggap Sama, Tumor dan Kanker Ternyata Berbeda Tumor dan kanker punya karakteristik yang berbeda. (foto: cancer today)

BAIK tumor maupun kanker merupakan dua penyakit berbahaya jika sudah menyerang tubuh seseorang. Bahkan, kedua penyakit itu bisa merenggut nyawa. Namun, kerap kali masyarakat menganggap bahwa tumor dan kanker merupakan hal yang sama. Meski sekilas terlihat sama, kedua penyakit tersebut punya perbedaan loh.

Seperti dilansir laman Alodoker, tumor adalah benjolan atau jaringan yang tumbuh secara tidak normal, yang dapat bersifat jinak maupun ganas. Di lain hal, kanker adalah tumor yang sifatnya ganas dan dapat menyebar ke bagian tubuh lain dengan cepat dan merusak sel sehat di sekitarnya.

BACA JUGA: Saatnya Kunjungi Dokter jika Vaginamu Mengalami Ini

Tunor yang sifatnya jinak tidak merusak sel dan jaringan sehat yang ada di sekitarnya, perkembangannya pun lambat. Selain itu, tumor jinak tidak berisiko menyebar ke jaringan atau bagian tubuh lain.

tumor
Tumor di otak bisa jadi amat berbahaya. (foto: interesting engineering)

Oleh karena itu, tumor jinak dianggap tidak terlalu berbahaya. Namun dalam beberapa kasus, tumor jinak yang ada pada otak dapat menghancurkan struktur otak secara perlahan. Berbeda dengan tumor ganas atau kanker. Tumor ganas dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan bisa merusak sel-sel yang ada di sekitarnya. Sel kanker akan tumbuh dengan cepat dan mengambil nutrisi dari sel yang sehat.

kanker
Kanker dapat menjalar ke bagian lain tubuh. (Foto: GEN)

Perbedaan lain terlihat dari letak penyakit tersebut menyerang tubuh. Sel tumor akan tumbuh dan menetap pada salah satu bagian tubuh saja. Seperti pada leher atau payudara saja. Sedangkan sel kanker bisa menyebar ke organ lain dengan cepat dan di bagian mana pun. Karena perkembangannya yang cepat, kanker perlu dideteksi sejak dini agar dapat segera dilakukan pengobatan untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangannya. Misalnya, kanker paru-paru bisa menjalar ke otak.

kanker
Pasien kanker dianjurkan untuk menjalani kemoterapi. (foto: mayo clinic news)

Pengobatan pada kedua penyakit ini pun berbeda. Tumor bisa dihilangkan dengan cara dioperasi dan diambil semua jaringan tumor yang sedang tumbuh. Sementara itu, pada kanker, pasien akan mengikuti kemoterapi dan radiasi guna mematikan sel kanker tersebut.

Mengingat kedua penyakit ini bisa mematikan, ada baiknya jika kamu merasakan benjolan atau kondisi tubuh yang tidak biasa, segeralah periksa ke dokter. Dokter akan membantu memastikan penyebab dan jenis benjolan tersebut. Yuk, tetap jaga kesehatan sejak dini ya!(And)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH