Rahasia Dibalik Manis dan Kenyalnya Permen Karet Kenali deretan manfaat dibalik manis dan kenyalnya permen karet (Foto: Pixabay/robinhiggins)

SIAPA tak kenal dengan permen, camilan yang cukup disukai oleh banyak orang. Rasa manisnya serta ukurannya yang kecil, membuat seseorang dengan mudah memakannya kapanpun dan dimanapun.

Biasanya permen memiliki tekstur yang berbeda-beda, dari mulai yang keras hingga chewy. Nah, salah satu jenis yang bisa dikunyah ialah permen karet.

Baca Juga:

Ancaman Gangguan Kesehatan di Balik Bubble Tea

Permen karet memiliki banyak manfaat mengejutkan (Foto: pixabay/mintchipsdesigns)

Namun bedanya permen karet dengan permen biasa ialah tak dapat ditelan. Keberadaan permen karet juga diketahui telah ada sejak ratusan tahun lalu. Konon kabarnya awal mula bahan dasar kembang gula tersebut ialah getah pohon, dari pohon cemara. Tapi kini rata-rata permen karet terbuat dari bahan makanan sintetis.

Kendati tak dapat ditelan rupanya permen karet memiliki manfaat rahasia bagi tubuh kamu gengs. Seperti yang dilansir dari health line, berikut ini deretan manfaat rahasia dibalik manis dan kenyalnya permen karet.

1. Meredakan stres

Redakan stress dengan mengunyah permen karet (Foto: pixabay/jeshoots-com)

Penelitian menunjukan jika kamu mengunyah permen karet, maka tingkat stres kamu bisa berkurang. Riset tesebut dilakukan pada mahasiswa, serta dikatakan juga terjadi adanya penurunan pada hormon kortisol.

Selain itu, sebuah studi pun menunjukan jika mengunyah permen karet bisa meningkatkan fungsi otak. Hal itu lantaran saat mengunyah, aliran darah ke otak akan semakin lancar, hingga bisa memaksimalkan kinerja otak. Otak kamu akan lebih mudah mengingat sebuah momen ketika mengunyah permen karet. Karena itu permen karet berguna ketika kamu tengah belajar atau sedang menghapalkan sesuatu.

2. Mengatasi bau mulut

Atasi bau mulut dengan permen karet (Foto: pixabay/robbinhiggins)

Terdapat berbagai varian rasa pada permen karet. Apabila kamu memakan permen dengan rasa yang sangat manis, mungkin akan memberikan dampak buruk bagi gigi kamu, karena ada gula di dalamnya yang bisa menjadi makanan bakteri dalam mulut. Namun jika kamu mengonsumsi permen karet yang mengandung xylitol, justru kebalikannya. Permen itu akan mencegah munculnya bakteri penyebab kerusakan gigi serta bau mulut hingga 75%.

Baca Juga:

Mendengarkan Musik Sambil Berolahraga Baik Bagi Kesehatan, Ini Penjelasannya

3. Menurunkan Berat Badan

Permen karet bisa mengurangi berat badan (Foto: pixabay/publicdomainpictures)

Permen karet bisa membantu kamu yang tengah diet, karena rasa manisnya tak mengandung kalori yang banyak hingga tak akan mengganggu rencana diet. Selain itu, mengunyah permen karet pun dapat mengurangi nafsu makan kamu. Sebuah studi juga menunjukan, jika permen karet bisa membantu menahan rasa lapar dan keinginan untuk ngemil sebesar 10%.

4. Alternatif berhenti merokok

Permen karet bisa mengurangi kebiasaan merokok (Foto: pixabay/myriams-fotos)

Merokok kebiasaan yang sulit untuk dihentikan, namun permen karet dapat menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan. Dengan mengunyah permen karet, bisa membuat mulut menjadi sibuk hingga mengurangi keinginan kamu untuk merokok. (ryn)

Baca Juga:

Kenali Dampak Berbahaya Sandal Jepit Untuk Kesehatan Kaki

Kredit : raden_yusuf


Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH